Sebut Agama Musuh Pancasila: Yudian Wahyudi Tak Faham Pancasila

  • Whatsapp
Disebut Tak Faham Pancasila Kepala BPIP Diminta Mengundurkan Diri

garisatu.com – Buah dari pernyataannya yang kontroversial, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi diminta mengundurkan diri. Adalah Mahmuddin Muslim, salah seorang Pengurus Pusat Baitul Muslimin yang menuntut pengunduran diri Yudian.

Mahmuddin menilai pernyataan Yudian yang menyebut bahwa sesungguhnya agama adalah musuh utama pancasila memperlihatkan bahwa Kepala BPIP tersebut tidak memahami Pancasila secara kaffah.

“Pernyataan itu ahistoris dan melecehkan Pancasila itu sendiri” ungkap Mahmuddin.

Bacaan Lainnya

Karena itu dirinya menyesalkan jika seorang profesor yang mengepalai sebuah Badan yang bertujuan melakukan pembinaan ideologi pancasila itu, justeru menganggap agama sebagai musuh utama pancasila.

“Jika beliau mau sedikit saja rajin membaca dan meluangkan waktu untuk menilik sejarah pancasila, tentu pernyataan agama adalah musuh utama mencirikan seorang yang tidak pancasila”, sindir Mahmuddin yang juga menjabat sebagai salah satu Ketua Bidang di Majelis Nasinal KAHMI.

Menurut mantan aktivis HMI, itu pondasi utama pancasila adalah nilai-nilai luhur agama yang tumbuh dan berkembang di Indonesia. Jiwa dari sila-sila yang ada dalam pancasila adalah agama.

Mahmuddin juga menghimbau agar Yudi segera mengklarifikasi  dan mencabut pernyataannya tersebut.  Bila perlumengundurkan diri dari pada di pecat oleh Presiden Jokowi.

Baca juga: Dari Politik, Hukum, Hingga Wisata Halal Jadi Bahasan Kongres Umat Islam Indonesia Ke-7

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *