Xiaomi Bikin Inovasi: Kamera Tak Terlihat

  • Whatsapp
Xiaomi Bikin Inovasi Kamera Tak Terlihat

Garisatu.com – Vendor ponsel berlomba-lomba untuk menghadirkan inovasi yang bisa membuat layar ponsel menjadi semakin penuh, salah satunya dengan menempatkan kamera depan di bawah layar. Kali ini giliran Xiaomi yang memamerkan demo teknologi tersebut.

Inovasi Dari Xiaomi

President of International Xiaomi Shou Zi Chew memperlihatkan teknologi kamera bawah layar yang dikembangkan Xiaomi lewat video yang diunggah di Twitter. Ia mengatakan ini merupakan teknologi generasi ketiga yang dikembangkan oleh vendor asal China tersebut.

Bacaan Lainnya

Video: Twitter @ShouZiChew

Teknologi ini disebut generasi ketiga karena generasi pertamanya hanya produk yang baru dikembangkan di laboratorium, sementara generasi keduanya adalah kamera dan layar dalam prototipe yang tidak cukup bagus untuk diproduksi secara massal.

Versi ketiga ini yang siap untuk diproduksi lebih luas dan akan segera menjadi bagian dari ponsel di masa depan. Xiaomi mengatakan mereka akan mulai memproduksi ponsel dengan teknologi ini pada tahun 2021.

Xiaomi mengembangkan susunan pixel baru yang memungkinkan cahaya untuk melewati celah di antara sub-pixel.

Ini memungkinkan tiap pixel di layar yang berada di atas kamera untuk mempertahankan layout sub-pixel RGB yang lengkap tanpa mengorbankan kepadatan pixel.

Xiaomi Bikin Inovasi Kamera Tak Terlihat 3

Dibandingkan dengan teknologi dari vendor lain, teknologi Xiaomi menggandakan jumlah pixel vertikal dan horizontal di area di atas kamera agar bisa memiliki kepadatan pixel dan akurasi warna yang sama dengan bagian layar lainnya.

Teknologi ini juga meminjam warna dari pixel lain di sekelilingnya, dan bisa dimatikan atau berubah menjadi hitam sesuai kebutuhan, terutama ketika kamera depan sedang digunakan.

Xiaomi mengatakan kualitas foto yang diambil kamera depan ini akan setara dengan kamera depan lain yang lebih konvensional.

Xiaomi Bikin Inovasi Kamera Tak Terlihat 4

Xiaomi pertama kali mengenalkan inovasi teknologi ini pada Juni tahun lalu, tapi mereka bukan satu-satunya. Oppo juga mengenalkan prototipe teknologi kamera depan di bawah layar di ajang MWC Shanghai pada Juni 2019.

Xiaomi sepertinya tidak akan menjadi vendor pertama yang membawa inovasi teknologi ini ke perangkat komersial. Baru-baru ini ZTE mengumumkan mereka akan meluncurkan ponsel dengan kamera di bawah layar pada 1 September mendatang yang dinamakan ZTE Axon 20 5G.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *