Hati Hati WFH Membuat Obesitas, Lakukan 6 Kegiatan Ini

  • Whatsapp
Hati Hati WFH Membuat Obesitas, Lakukan 6 Kegiatan Ini
Hati Hati WFH Membuat Obesitas, Lakukan 6 Kegiatan Ini

Garisatu.com – Keadaan pandemic yang belum berakhir membuat kita harus selalu membatasi aktifitas dan kegiatan diluar rumah. Hingga saat ini penerapan belajar dari rumah masih terus diberlakukan. Sedangkan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) sempat diberlakukan namu dicabut kembgali, dan diberlakukan lagi.

Kebijakan WFH ini diambil demi kebaikan bersama yakni untuk menghindari terjadinya cluster perkantoran yang semakin menambah angka kasus covid-19.

Bacaan Lainnya

WFH pun mendatangkan sejumlah dampak positif dan negative bagi masing masing orang. Dampak positif yang bis akita ambil ialah dengan WFH kita mungkin memiliki lebih banyak waktu senggang, bisa beristirahat sedikit lebih banyak, dan juga bisa menghabiskan waktu bersama dengan keluarga tercinta.

Sedangkan dampak negative dari WFH pada sebagian orang ialah kenaikan berat badan yang disadari maupun tidak disadari.

Penyebabnya pun cukup mudah, karena selama kita bekerja dari rumah, otomatis aktifitas kita berkurang banyak dan membakar kalori yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan bekerja dari kantor.

Hati Hati WFH Membuat Obesitas, Lakukan 6 Kegiatan Ini

Orang tak melakukan perjalanan ke kantor, lebih banyak duduk atau berbaring selama bekerja, olahraga berkurang karena gym tutup, dan godaan makan yang lebih besar.

Jika kenaikan berat badan ini tidak disadari, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan mental dan fisikmu, salah satunya mudah merasa malas dan masalah kesehatan lainnya.

Namun sebenarnya anda tetap bisa menjaga berat badan dengan aktifitas membersihkan sederhana didalam rumah yang juga bisa membakar kalori. Simak beberapa pekerjaan rumah yang bisa kamu lakukan.

1.         Menyapu lantai

Hati Hati WFH Membuat Obesitas, Lakukan 6 Kegiatan Ini

Bekerja dari rumah, ditambah juga dengan anak anak yang belajar dari rumah mungkin akan menyebabkan lantai rumah menjadi lebih kotor dibandingkan biasanya.

Jadi kamu bisa memanfaatkan kondisi ini utnuk sering sering menyapu lantai. Kegiatan ini akan membantu membakar kalori.

Faktanya, menyapu secara teratur akan membuat Anda dalam kondisi prima. Ini adalah latihan yang bagus untuk lengan dan kaki Anda.

Dipercaya bahwa menyapu lantai selama sekitar 60 menit, Anda dapat membakar sekitar 170-200 kalori.

2.         Mengelap debu

Hati Hati WFH Membuat Obesitas, Lakukan 6 Kegiatan Ini

Sebagian besar orang tidak menyukai aktifitas ini. Tetapi bagi mereka yang alergi terhadap debu atau sekedar tidak tahan melihat debu, ini merupakan latihan yang baik.

Aktifitas sederhana ini juga bisa dianggap sebagai olahraga, terutama ketika anda melakukan peregangan dan mencapai beberapa sudut rumah yang sulit dijangkau.

Sebelum memulai, pastikan anda menutupi wajah. Sebab debu selain bisa masuk ke pernafasan, juga bisa membawa virus virus yang tidak diinginkan.

Terutama di tengah pandemic, menjaga kebersihan lingkungan akan membantu Anda menjauhkan diri dari penyakit.

Aktivitas ini dapat membantu anda membakar antara 50 hingga 60 kalori, setiap kali membersihkan debu.

3.         Merapikan kamar tidur

Hati Hati WFH Membuat Obesitas, Lakukan 6 Kegiatan Ini

Kamar tidur merupakan tempat anda bisa beristirahat. Jadi, penting untuk memastikan ruangan ini dalam kondisi rapi sehingga anda juga bisa beristirahat dengan tenang dan nyaman.

Aktifitas merapikan kamar tidur juga bisa membantu anda untuk tetap bugar, terutama ketika anda mengganti selimut, melipat seprai, mengganti gorden, membersihkan, mengubah tata letak, dan lain lain. Satu kali merapikan kamar, Anda membakar sekitar 189 kalori.

Ketika WFH juga merupakan waktu yang tepat untuk merapikan kamar bagi mereka yang tidak memiliki waktu ketika bekerja dari kantor.

Mengubah tata letak atau dekorasi kamar selain mengisi waktu luang kamu, juga bisa memberikan suasana lebih fresh dan segar. Kamu pun bisa lebih semangat.

Hati Hati WFH Membuat Obesitas, Lakukan 6 Kegiatan Ini

4.         Mencuci peralatan dapur

Berada di rumah menandakan anda akan lebih sering memasak dan makan didalam rumah dibandingkan membeli dari luar.

Jika anda memiliki anggota keluarga yang lain, maka kemungkinan anda akan memiliki cucian piring yang menumpuk setiap kali sehabis makan.

Sebagian orang juga tidak menyukai aktifitas mencuci piring, tetapi jangan jadikan aktifitas ini sebagai beban, melainkan anggap layaknya kamu berolahraga.

Satu kali mencuci piring dan peralatan dapur bisa membakar 49 kalori. Usahakan mencuci sambil berdiri, jangan duduk.

Jika kamu memiliki waktu laung, kamu juga bisa membersihkan area dapur yang jarang dibersihkan seperti lemari penyimpanan piring, hingga bagian bawah kompor atau bahkan isi didalam kulkas. Ini bertujuan untuk menghindari bakteri dan juga serangga yang kemungkinan bisa berkembang biak.

5.         Menyiram tanaman

Menyiram tanaman juga bisa menjadi aktivitas yang membakar kalori, lakukan pagi dan sore hari. Satu kali menyiram tanaman, sambil berdiri dan jalan, bisa membakar 57 kalori.

6.         Mencuci mobil

Mobil Anda jarang dipakai selama social distancing, tapi bukan berarti dia tidak kotor. Jadi, ini saatnya Anda membersihkan mobil, meski tak dilakukan setiap hari. Satu kali mencuci mobil bisa membakar 76 kalori. Mau coba? 

Itu dia beragam aktifitas sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah kenaikan berat badan selama WFH.

Ada baiknya untuk menjaga berat badan tetap stabil dan tubuh tetap bugar supaya tidak lemas dan juga malas berlebihan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *