Waspada! Virus Corona Lebih Mudah Menyerang Ibu Hamil

  • Whatsapp
Waspada! Virus Corona Lebih Mudah Menyerang Ibu Hamil

Garisatu.com – Sebagaimana yang telah kita ketahui, wabah virus corona atau Covid-19 telah berhasil masuk ke Indonesia juga beberapa negara lainnya. Covid-19 atau Corona Virus Diseases 2019 yang muncul dari virus SARS CoV 2 ternyata lebih gampang menyerang ibu hamil.

Wabah virus corona memang bisa menyerang kesiapapun termasuk bayi yang baru lahir dan juga hewan. Namun perlu diketahui bahwa virus corona ini lebih mudah menyerang ibu yang sedang mengandung.

Menurut Dr. Yassin Yanuar Mohammad Sp. OG- KFER salah seorang dokter specialis kebidanan dan kandungan terkemuka, saat seorang ibu sedang mengandung, kondisi kandungannya dapat berubah- ubah. Perubahannya bisa terjadi secara fisiologis dan imunologis yang membuat ibu hamil lebih gampang terserang wabah viruscorona.

Bacaan Lainnya

Secara umum, ibu hamil tidak hanya rentan dengan viruscorona namun juga dengan virus lainnya seperti influenza.

Hingga kini, belum ada penelitian yang membuktikan jika ibu hamil yang sembuh total dari serangan viruscorona memastikan kandungannya juga tidak terinfeksi. Maka itu ada baiknya sebagai ibu hamil untuk menjaga stamina tubuh yang kuat serta menjaga asupan yang cukup untuk kesehatan kandungan serta ibunya.

Pemakaian masker juga tidak sepenuhnya membantu, karena penyebaran viruscorona terjadi melalui tetesan air liur, keringat, atau cairan tubuh lainnya. Sehingga masker juga tidak dapat menjamin.

Rutinlah untuk mencuci tangan dengan air mengalir dan juga sabun. Hindari pula mengusap bagian wajah dengan tangan, dan kurangi berjabat tangan dan bertemu orang sakit.

Sebagai informasi, viruscorona adalah penyakit yang menyerang saluran pernafasan seseorang. Penyakit ini menyebabkan saluran pernapasan seperti batuk dan flu. Jika sudah parah, infeksi ini dapat menyebabkan pneumonia, Middle East Respiratory Syndrome (MERS), Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Gejala awal dari penyebaran infeksi viruscorona adalah sesak nafas, batuk, pilek, dan demam. Jika mendapati adanya gejala umum seperti itu, jangan anggap remeh dan segeralah ke rumah sakit untuk diperiksa.

Good luck.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *