AWAS! Wallpaper Setan – Jangan Pasang Gambar ini Jika Tidak Ingin HP Kamu Rusak!

  • Whatsapp
Ngeri, Wallpaper Setan ini bisa buat hp kamu rusak
AWAS! Wallpaper Setan - Jangan Pasang Gambar ini Jika Tidak Ingin HP Kamu Rusak! 2
AWAS! Wallpaper Setan – Jangan Pasang Gambar ini Jika Tidak Ingin HP Kamu Rusak!

Garisatu.com – Beberapa minggu lalu pengguna HP android di hebohkan dengan wallpaper Setan yang bisa membuat rusak hp pengguna nya, Jika gambar ini dijadikan wallpaper hp kamu, maka hp kamu akan secara otomatis mati atau bootloop dan bisa menjadi rusak total!

PERINGATAN! : JANGAN PERNAH MENCOBA WALLPAPER SETAN INI JIKA TIDAK INGIN HP KESAYANGAN KALIAN RUSAK!.

AWAS! Wallpaper Setan - Jangan Pasang Gambar ini Jika Tidak Ingin HP Kamu Rusak!

Berita ini sudah tersebar secara cepat di internet, dimana pertama kali ditwit oleh akun twitter Ice universe @UniverseIce, pada status twitternya, memberikan peringatan keras kepada seluruh followernya dan kesemua pengguna smartphone android untuk tidak menjadikan gambar ini sebagai wallpaper atau sebagai lock screen, karena dapat membuat hp pengguna tersebut menjadi rusak, Bootloop total.

BACA JUGA: Trik Ampuh Isi Baterai Ponsel Dengan Cepat!

Wallpaper Setan Yang Membuat HP Android Crash dan BootLoop

Kasus wallpaper setan yang bisa membuat hp android menjadi rusak ini telah banyak di bahas di forum dan website seperti XDA-DEVELOPERS.com, AndroidAuthority.com, Techradar.com, dan 9to5Google.com

Hampir semua mengatakan untuk tidak menjadikan gambar misterius ini menjadi wallpaper hp, jika tidak ingin hp kamu rusak parah, diketahui penyebab utamanya adalah berasal dari perbedaan warna dimana gambar wallpaper setan ini menggunakan ruang warna RGB, sedangkan untuk beberapa OS Android menggunakan ruang warna sRGB seperti pada OS android 10.

Kegagalan dalam mendeteksi ruang warna RGB ini lah yang mengakibatkan beberapa HP Android menjadi rusak, Softbrick, UI Crash atau Bootloop.

Jenis HP Android Yang Terkena Dampak Kerusakan Akibat Wallpaper Setan Ini

Tim garisatu telah mengumpulkan beberapa smartphone HP android yang terkena dampak dari wallpaper setan ini, antara lain :

  • Samsung Galaxy A20s
  • Samsung Galaxy Note 10 – Note 10+
  • Samsung Galaxy A80
  • Samsung Galaxy M30
  • Samsung Galaxy M31
  • Samsung Galaxy M21
  • Motoralla Nexus 6 (Softbrick)
  • Google Pixel 3 Android 10

Solusi Jika Mengalami Kerusakan Akibat Wallpaper Setan ini

Nah, buat kamu yang hp nya rusak, crash, softbrick akibat menggunakan wallpaper setan ini, kamu dapat mencoba beberapa tips untuk memperbaikinya.

Solusi 1:
Coba masuk ke mode aman (safe mode) untuk masing-masing tipe hp kalian dan cobalah untuk menganti ke wallpaper lain, atau menghapus wallpaper setan ini.

Solusi 2:
Coba lah untuk melalukan factory reset HP jika solusi pertama tidak berhasil, kamu dapat mencari tau bagaimana melakukan factory reset hp untuk tipe hp masing-masing.

Solusi 3:
Jika semua gagal solusi terakhir adalah dengan menginstall ulang HP kamu dengan masuk ke Bootloader dan lakukan clean instal OS sesuai dengan tipe dan merk hp kamu masing-masing.

Sang Photographer Pemilik Gambar

Tak diragukan lagi, gambar pemandangan ini sangat bagus dan indah dilihat, tak sedikit netizen menggunakan nya menjadi wallpaper desktop dan wallpaper hp, lalu siapa pemilik gambar wallpaper ini ? Dia adalah Gaurav Agrawal, seorang photographer landscape yang cukup terkenal, kamu dapat melihat foto asli dari wallpaper ini disini atau melihat koleksi-koleksi hasil jepretan sang photographer disini

UPDATE: Penjelasan Baru, Respons dari Google

” Anggota Senior XDA BadDaemon dan XDA Recognized Developer luca020400, mengatakan wallpaper “setan” dikodekan dalam ruang warna khusus yang disebut “Google / Skia / E3CADAB7BD3DE5E3436874D2A9DEE126” (ini adalah nama lengkap dari ruang warna, dan Skia mengacu pada perpustakaan grafik 2D yang dibuat oleh Google.) Sebaliknya, sebagian besar gambar wallpaper dikodekan dalam ruang warna yang disebut “sRGB”.

Dalam versi Android 10 dan lebih lama, semua gambar dikonversi ke sRGB kecuali ditentukan oleh pengembang. Ada bug langka yang dapat terjadi saat mengonversi gambar ke sRGB, di mana kode yang menghitung nilai “luminance” dari setiap piksel berhasil melampaui batas maksimum 255.

Luminance dihitung menggunakan rumus berikut:

Luminance = .2126f * r + .7152f * g + .0722f * b

Di sini “r”, “g”, dan “b” adalah nilai warna merah, hijau, dan biru yang direpresentasikan dalam nilai 8-bit dari 0 hingga 255.

Masalah dengan perhitungan ini adalah bahwa setiap bagian selalu dibulatkan sebelum penjumlahan akhir. Salah satu piksel dalam wallpaper “setan”, ketika dalam proses mengkonversi gambar dari sRGB dan kemudian ke skala abu-abu, memiliki nilai RGB berikut: 255, 255, 243, yang ketika dicolokkan ke persamaan di atas terlihat seperti:

r: .2126 * 255 = 54.213 => 55

g: .7152 * 255 = 182.376 => 183

b: .0722 * 255 = 18,411 => 19

Luminance = r + g + b = 257

Nilai ini menyebabkan Crash pada OS dan SystemUI, crash disebabkan karena melebihi nilai maksimum. Ini adalah bug yang sangat luar biasa spesifik karena melibatkan kombinasi kesalahan pembulatan dan kesalahan konversi ruang warna.

Bug ini tidak memengaruhi Android 11 karena ruang warna “Skia” gambar tidak dikonversi ke sRGB secara default. Dengan demikian, kesalahan konversi ruang warna ini dan kesalahan pembulatan tidak terjadi pada Android 11.

Namun, Romain Guy dari tim Android Toolkit di Google percaya bahwa penyebab utama masalah ini hanya dalam cara luminans dihitung dan tidak dalam masalah konversi ruang warna. Google sedang melakukan pengujian internal sendiri, jadi kami kemungkinan akan segera melihat apa yang akan mereka lakukan.

Penjelasan ini telah diperbarui untuk mengklarifikasi bahwa salah satu piksel dalam wallpaper “setan” adalah penyebab kesalahan perhitungan pembulatan pencahayaan khusus. Kami juga mengklarifikasi bahwa pembulatan terjadi pada setiap langkah perhitungan pencahayaan dan bukan pada akhirnya.” Dikutip dari XDA-DEVELOPERS.com

Bagikan artikel ini agar teman, keluarga kita tau dan untuk tidak mendownload atau menggunakan gambar ini menjadi wallpaper hp.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *