#viral: Wisata Camping ke Yogyakarta

  • Whatsapp
#viral: Wisata Camping ke Yogyakarta
#viral: Wisata Camping ke Yogyakarta

Garisatu.com – Daerah Istimewa Yogyakarta selalu berhasil menarik pengunjung baru ataupun lama untuk kembali ke tempat ini. Memang pesona yang dimiliki Yogyakarta tidak pernah habis. Seperti salah satu tempat wisata di daerah Mangunan misalnya, Watu Mabur Camp di Yogyakarta.

Watu Mabur Camp di Yogyakarta ini merupakan tempat wisata sekaligus area berkemah yang terletak di Lemahbang, RT28, Lembah Bang, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

Bacaan Lainnya

Watu Mabur Camp Yogyakarta terletak tepat di tepi tebing sehingga menawarkan pemandangan cantik berupa Sungai Oya serta terasering persawahan yang indah dari ketinggian.

#viral: Wisata Camping ke Yogyakarta

“Dari bebatuan itu kalau pas pagi kan banyak kabut. Jadi itu nampak seperti terbang. Disebut batu terbang, jadi namanya Watu Mabur,” kata pengelola Watu Mabur Camp bernama Wahyu, Selasa (8/12/2020).

Area yang memiliki luas sekitar satu hekyat ini perlahan terus berkembang sejak beroperasi pada tahun 2015. Watu Mabur Yogyakarta sendiri lahir dari ide para pemuda sekitar yang melihat potensi wisata dari daerah mereka.

#viral: Wisata Camping ke Yogyakarta

“Sedang tren naik gunung waktu itu. Di kampung halaman saya ada tempat ketika difoto terus saya upload itu orang mengira itu di puncak mana, padahal di kampung saya,” tutur Wahyu.

Sejak itulah para pemuda desa menyadari potensi wisata daerah mereka dan mulai mengembangkannya secara mandiri hingga kini menjadi tempat wisata sungguhan. 

Watu Mabur Camp utamanya dijadikan tempat berkemah dengan pemandangan indah tepi tebing. Tarif berkemah di Watu Mabur Camp ini adalah Rp 15.000 tanpa penyewaan alat. Kamu bisa menyewa dengan harga Rp 50.000 per tenda dome untuk kapasitas lima orang. Pastikan untuk melakukan reservasi sebelum datang jika ingin menyewa alat kemah.

Selain berupa kemah biasa, kamu juga bisa melakukan aktivitas glamping sederhana di sini sebab pihak pengelola baru saja merilis empat unit glamping baru.

“Glamping kita konsepnya sederhana. Jadi tempatnya standar, lesehan. Bukan yang glamping ala-ala hotel. Kita jualnya spot, buka pintu langsung bisa lihat sungai dan sunrise,” jelas Wahyu.

#viral: Wisata Camping ke Yogyakarta

Setiap unit glamping disewakan dengan seharga Rp 350.000 untuk kapasitas empat orang. Jika kamu dan teman mu lebih dari 4 orang, kamu hanya tinggal membayar cas sebesar Rp 50.000 per orang, sehingga bisa muat hingga 8 orang.

Kamu disarankan untuk melakukan reservasi jika ingin menggunakan spot glamping ini. Menurut Wahyu, glamping baru ini sangat banyak peminatnya sehingga seringkali selalu penuh.

#viral: Wisata Camping ke Yogyakarta

#viral: Wisata Camping ke Yogyakarta

Di tempat ini juga disediakan banyak spot yang bisa dijadikan spot berfoto oleh pengelola. Beberapa spot tersebut seperti jembatan kayu yang menyerupai jalan di atas awan. Spot tersebut jadi salah satu spot favorit wisatawan.

Ada pula batuan yang ditata menjadi seperti menara yang sekaligus berfungsi sebagai gardu pandang. Selain itu ada pula teropong batu.

Wisatawan bisa menikmati momen sunrise atau matahari terbit yang begitu cantik. Jika beruntung, kamu bisa juga menikmati munculnya kabut, membuat kamu seakan berada di atas awan.

Disekitar Watu Mabur Camp ini juga terdapat beberapa tempat wisata seperti susur goa di Goa Gajah yang terletak tak jauh dari sana.

“Itu masih satu kompleks, wisata minat khusus. Nanti yang nganter bisa dari pengelola kita. Guide juga dari kami,” papar Wahyu.

#viral: Wisata Camping ke Yogyakarta

Nantinya wisatawan bisa melakukan susur Goa Gajah. Sebuah goa sepanjang kurang lebih 250 meter. Goa tersebut merupakan goa kering, sehingga tidak ada air bawah tanahnya dan kamu bisa melalui goa dengan leluasa.

Selain itu, pengelola juga melayani permintaan khusus berupa paket outbound atau gathering sesuai permintaan. Ada pula aktivitas berkeliling ke sekitar wisata di Mangunan menggunakan mobil jeep.

#viral: Wisata Camping ke Yogyakarta

“Kalau datang ke Watu Mabur pakai jeep nanti di Mangunan itu ada sekitar 14-an lebih wisata alamnya. Itu bisa diantar mulai titik start sampai finish di Watu Mabur lagi. Sekitar 3-4 tempat wisata,” terang Wahyu.

Untuk menikmati wisata aktifitas itu, kamu perlu membaayr tarif yang berkisar mulai dari Rp 350.000-Rp 800.000, tergantung permintaan pengunjung.

Di sana juga terdapat warung penduduk yang menjual aneka camilan. Sehingga tak perlu khawatir kelaparan saat berwisata.

#viral: Wisata Camping ke Yogyakarta

Wahyu memastikan Watu Mabur Camp telah menjaga protokol kesehatan seketat mungkin di era pandemi ini. Protokol yang diterapkan termasuk pengecekan suhu, penyediaan tempat cuci tangan, dan kewajiban bermasker.

Watu Mabur Camp buka setiap hari selama 24 jam. Tiket masuk untuk wisata saja tanpa berkemah adalah Rp 2.500 per orang dengan biaya parkir motor Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000.

Untuk informasi lebih lanjut seputar Watu Mabur Camp atau pun untuk melakukan reservasi, kamu bisa mengunjungi akun Instagram @watumabur_camp.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *