Jokowi: UN 2020 Resmi Ditiadakan Akibat Corona

  • Whatsapp
Jokowi: UN 2020 Resmi Ditiadakan Akibat Corona
Presiden RI Joko Widodo

Garisatu.com – Presiden RI Joko Widodo telah mengambil keputuskan tentang Ujian Nasional (UN) Tahun 2020.

UN 2020 akan ditiadakan dikarenakan oleh penyebaran virus corona COVID-19.

Keputusan tersebut ditentukan saat rapat terbatas (ratas) mengenai pelaksanaan UN 2020 hari ini.

Bacaan Lainnya

“Presiden Joko Widodo memutuskan meniadakan UN Tahun 2020 yang sebelumnya sudah ada kesepakatan UN dihapus mulai tahun 2021,” ungkap Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman melalui keterangan tertulis, Selasa (24/3).

Lanjut Pak Fadjroel, peniadaan UN pun menjadi salah satu penerapan kebijakan social distancing, atau tepatnya dibilang physical distancing agar dapat mencegah dan mengurangi penyebaran virus corona COVID-19.

“UN ditiadakan untuk tingkat SMA atau setingkat Madrasah Aliyah, SMP atau setingkat Madrasah Tsanawiyah, dan Sekolah Dasar (SD) atau setingkat Madrasah Ibtidaiyah,” kata dia.

Di sisi lain, opsi pengganti UN pun masih dikaji oleh DPR dan pemerintah.

Berdasarkan keterangan dari Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda, keputusan tersebut ditetapkan dengan alasan virus COVID-19 diprediksi masih belum selesai mewabah di Indonesia hingga waktu pelaksanaan UN, April.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) pun sudah menganjurkan kepada pemerintah untuk membatalkan UN tahun ajaran 2019/2020. Hal ini dikarenakan dampak dari wabah virus corona COVID-19 yang penularannya telah mencapai hampir ke seluruh provinsi di Indonesia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *