Uban Tumbuh Pada Usia Dini? Mungkin Ini Penyebabnya

  • Whatsapp
Uban Tumbuh Pada Usia Dini? Mungkin Ini Penyebabnya
Uban Tumbuh Pada Usia Dini? Mungkin Ini Penyebabnya

Garisatu.com – Uban mungkin akan menjadi hal yang umum ditemukan pada orang tua. Dulu, uban mungkin baru akan muncul pada usia sekitar akhir 30 an atau awal 40 an. Namun, berdasarkan sebuah studi yang digela rsecara eksklusif untuk majalah Life & Style, hampir sepertiga (32 persen) perempuan di Inggris dibawah usia 30 tahun yang sudah mulai beruban.

Bahkan sekarang, kamu bisa menemui anak muda dengan usia di awal 20 an yang sudah mulai tumbuh uban. Bagaimana hal ini bisa terjadi ? Apakah adanya masalah yang serius? Jawabannya ialah tidak. Sebab factor yang memicu pertumbuhan uban tidak hanya dikarenakan seseorang sudah tua saja.

Bacaan Lainnya
Uban Tumbuh Pada Usia Dini? Mungkin Ini Penyebabnya

Berikut ini ada beberapa factor penyebab uban tumbuh pada orang usia diawal 20an. Simak penjelasan dibawah ini.

1.         Faktor genetik

Uban Tumbuh Pada Usia Dini? Mungkin Ini Penyebabnya

Seperti yang dilansir dari Medical New Today, sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Indian Journal of Dermatology, Venereology, and Leprolog pada tahun 2013 mengungkapkan bahwa factor genetic memiliki peran penting dalam masalah uban.

Kamu lebih memiliki kemungkinan untuk tumbuh uban pada usia 20 an jika orang tua atau saudara kamu yang juga mengalami hal serupa.

2.         Stress

Uban Tumbuh Pada Usia Dini? Mungkin Ini Penyebabnya

Faktor yang satu ini mungkin lebih sering kamu dengar. Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas New York pada tahun 2013 juga memperkirakan adanya kaitan antara uban yang muncul sebelum waktunya dengan stress. Dalam sebuah penelitian, diketahui ada penurunan sel punca pada dasar folikel rambut tikus yang mengalami stress.

Selain itu, hal yang bisa memicu pertumbuhan uban dini ialah stress oksidatif. Stress oksidatif lebih berbahaya dibandingkan stress biasanya, stress ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan radikal bebas dan antioksidan didalam tubuh yang bisa menyebabkan kerusakan sel dan jaringan.

Terlalu banyak stress oksidatif bisa meningkatkan resiko perkembangan penyakit, termasuk kondisi pigmen kulit vitiligo. Vitiligo bisa membuat rambut memutih karena kematian sel melanin atau hilangnya fungsi sel.

3.         Kondisi Kesehatan

Beberapa penyakit diketahui bisa menjadi penyebab rambut putih tumbuh dini, diantaranya seperti tiroid, atau masalah pada kelenjar pituitary (kelenjar yang berada di bawah otak). selain itu, penyakit alopecia yang merupakan penyakit autoimun yang menyerang kulit dan rambut juga bisa mengakibatkan rambut putih tumbuh pada usia muda.

Kondisi kulit autoimun ini menyebabkan rambut rontok pada bagian kulit kepala, wajah, dan bagian tubuh lainnya. Kemudian saat rambut tumbuh kembali, rambut cenderung menjadi putih diakibatkan kekurangan melanin.

Uban Tumbuh Pada Usia Dini? Mungkin Ini Penyebabnya

4.         Kekurangan vitamin

Uban Tumbuh Pada Usia Dini? Mungkin Ini Penyebabnya

Perlu diketahui jika seseorang yang mengalami kekurangan vitamin B6, B12, Biotin, vitamin D, dan vitamin E bisa mengalami penuaan dini. Dalam satu laporan pada tahun 2015 dalam jurnal Development, disana disebutkan bahwa kekurangan nutrisi bisa mempengaruhi pigmentasi pada usia 20an, dan menunjukkan warna rambut hitam bisa dikembalikan dengan suplementasi vitamin.

5.         Bahan kimia dari produk rambut

Uban Tumbuh Pada Usia Dini? Mungkin Ini Penyebabnya

Pewarna rambut kimiawi dan produk rambut, bahkan sampo, juga bisa menyebabkan rambut beruban di usia 20an. Banyak dari produk ini mengandung bahan berbahaya yang menurunkan melanin rambut anda.

Hidrogen peroksida yang terkandung di pewarna rambut adalah salah satu bahan kimia berbahaya. Selain itu, produk bleaching rambut yang diberikan berlebihan  pada akhirnya akan menyebabkannya memutih secara alami.

6.         Kebiasaan merokok

Uban Tumbuh Pada Usia Dini? Mungkin Ini Penyebabnya

Gaya hidup dan kebiasaan yang tidak sehat memang sangat berpengaruh terhadap timbulnya rambut putih di rambut. Salah satu kebiasaan yang sangat tidak sehat yaitu merokok.

Di samping bahayanya terhadap kesehatan tubuh yang memang sudah sangat terkenal, merokok juga menjadi penyebab rambut putih di usia 20an.

Hal ini disebabkan adanya radikal bebas yang terdapat pada rokok, sehingga dapat merusak sel-sel yang memproduksi melanin. Dan ketika sel yang memproduksi melanin tersebut rusak, maka akan menyebabkan rambut menjadi beruban.

Itu dia penyebab rambut beruban di usia 20-an. Bukan berarti Anda sudah tua, tetapi ada faktor lainnya yang memengaruhi hal tersebut, termasuk masalah kesehatan diri. Yuk, mulai hindari penyebab rambut ubanan di usia 20-an dan bikin wajah terlihat lebih tua di atas. Maunya kelihatan awet muda, kan?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *