Transisi PSBB: Ganjil Genap Juga Berlaku Kepada Para Pengendara Motor

  • Whatsapp
Transisi PSBB: Ganjil Genap Juga Berlaku Kepada Para Pengendara Motor

Garisatu.com – Selama transisi PSBB yang sedang dilaksanakan di DKI Jakarta, peraturan ganjil genap juga diberlakukan kembali.

Sebagaimana diketahui, peraturan PSBB sempat ditiadakan sementara untuk beberapa waktu yang lalu.

Peraturan gangil genap di Jakarta diatur dalam Peraturan Gubernur Nomor 51 Tahun 2020. Peraturan ini berlaku untuk mobil dan juga motor.

Bunyi Pasal 17 ayat 2 sebagai berikut:

“Kendaraan bermotor pribadi berupa sepeda motor dan mobil beroperasi dengan prinsip ganjil genap pada kawasan pengendalian lalu lintas.”

Setiap pengendara motor maupun mobil yang memiliki plat nomor ganjil, dilarang untuk melewati jalur yang ditentukan saat tanggal genap. Sebaliknya pula, kendaraan yang memiliki plat nomor genap tidak diperbolehkan melintasi jalan yang ditentukan pada tanggal ganjil. Peraturan ini tecatat dalam pasal 18 ayat 1.

Kembali diberlakukannya peraturan ganjil genap ini tidak hanya mencegah kemacetan yang terjadi namun juga membatasi aktifitas keluar rumah masyarakat, menurut Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

“Kita sampaikan pesan kepada ada ganjil genap. Bukan pengendalian kemacetan, tapi untuk pengendalian jumlah orang berpergian,” tutur Anies.

Namun peraturan resmi ganjil genap ini masih belum diberlakukan untuk minggu pertama program transisi pertama PSBB.

Dipastikan bahwa ganjil genap akan dimulai tanggal 12 atau 13 Juni 2020, menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *