3 Tips Untuk Pengendara Motor Terjang Banjir

  • Whatsapp
Tips Untuk Pengendara Motor Terjang Banjir

Garisatu.com – Pada Selasa (25/2) pagi ketika banjir di Jakarta sempat sangat tinggi, diinfokan seorang pengendara sepeda motor yang tidak hati-hati saat menerjang banjir sampai tidak dapat memegang kendali, alhasil jatuh dari motornya dan tewas.

Kecelakaan ini telah mencuri perhatian dan prihatin orang-orang, sampai ke telinga Pak Jusri Palubuhu, pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC).

Pak Jusri menjelaskan bahwa mengendarai motor memiliki cara yang berbeda. Tidak bisa disamakan jalanan yang kering dan basah, apalagi banjir. Tindakan yang salah tentu akan berakhir kehilangan kendali dan bahkan sampai kehilangan nyawa.

Bacaan Lainnya

“Masing-masing permukaan jalan pada kondisi itu berbeda, ini yang harus diingat,” ujar Jusri melalui telefon, Rabu (26/2).

Tips Untuk Pengendara Motor Terjang Banjir
Jusri Pulubuhu

Dengan hanya menggunakan alat dan pakaian keselamatan saat bersepeda motor tidak cukup untuk menghindar dari maut. Cara mengendarainya pun perlu diperhatikan. Kunci utamanya saat melewati genangan air atau banjir adalah melaju dengan sangat pelan.

Praktisi keselamatan berkendara itu menjelaskan bahwa pengendara tentu lebih gampang mengontrol sepeda motornya ketika kecepatannya cukup rendah.

“Pelan di sini tidak ada patokan berapa km per jam. Ya intinya sepelan mungkin untuk meminimalisir resiko,” ucapnya.

Untuk menghindari lubang dan benda-benda yang teak terlihat yang dapat membahayakan, pengendara perlu beranalisa ‘garis’ jalan yang aman untuk dilewati.

Pak Jusri lalu beropini, “Jangan lupa juga lihat batas ketinggian air. Batas ketinggian air yang menurut saya boleh dilalui setengah roda atau di bawah lobang knalpot.”

Pak Jusri menambahkan, untuk para pengendara motor yang tidak ingin mengambil resiko, daripada berdiam dan bengong, lebih baik putar balik dan cari jalan lain yang lebih rendah airnya dan lebih aman dilewati.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *