Tips Supaya Tidak Cepat Mabuk

  • Whatsapp
Tips Supaya Tidak Cepat Mabuk
Tips Supaya Tidak Cepat Mabuk

Garisatu.com – Apakah kamu termasuk orang yang mudah mabuk saat mengonsumsi minuman beralkohol? akan tetapi kurang rasnaya jika berkumpul Bersama teman tanpa ditemani oleh alkohol. Alkohol memang dianggap bisa menambah kemeriahan suasana, terutama saat berkumpul. Namun bagi beberapa orang yang tidak bisa minum alkohol atau cepat mabuk, mengonsumsi alkohol terlalu banyak bisa berujung pada beberapa hal yang tidak diinginkan. Alkohol sendiri terbuat dari fermentasi produk alami seperti biji bijian, buah, atau sayuran yang kemudian diberikan ragi atau bakteri untuk mengubah gula menjadi alkohol. 

Jika kamu mengonsumsi alkohol dalam dosis kecil, maka dapat menghilangkan rasa cemas dan memberikan ras santai, hal ini dikarenakan alcohol berfungsi sebagai anti depresan yang memperlambat system saraf pusat.

Bacaan Lainnya

Namun dampak mengonsumsi alcohol yang terlalu banyak juga dirasakan oleh tubuh kita. Alcohol bisa menyebabkan kerusakan hati, diabetes, hingga kanker. 

Tips Supaya Tidak Cepat Mabuk

Banyak orang yang terlena dengan efek santai dan kemudian menikmati alcohol tanpa menyadari kuantitasnya, maka dari itu tidak jarang ditemukan juga orang orang yang mabuk alcohol.

Berikut ini kita akan membahas tips tips supaya kamu tidak cepat mabuk saat mengonsumsi alcohol. Cek dibawah ini ya!

1. Perbanyak konsumsi air putih 

Tips Supaya Tidak Cepat Mabuk

Air putih terbukti dapat membantu penyerapan dan pemecahan alcohol. Maka dari itu pastikan kamu mengonsumsi air putih terlebih dulu sebelum meminum alcohol. Sama seperti kafein, sifat deuretik yang dimiliki oleh alcohol akan membuat kamu sering mampir ke kamar kecil.

Maka dari itu kamu juga harus memastikan bahwa cairan didalam tubuh kamu tetap tercukupi dengan meminum air putih. 

2. Jangan campur alcohol 

Tips Supaya Tidak Cepat Mabuk

Tips yang satu ini cukup penting jika kamu mengonsumsi alcohol. Sebaiknya hindari untuk mencampur beberapa alcohol dan focus pada satu saja. Sebab kandungan dalam setiap jenis alcohol berbeda beda maka dari itu jangan mencampur dalam mengonsumsinya.

Kamu disarankan untuk tidak meminum jenis alcohol yang berbeda dalam kurun waktu kurang dari 2 jam, namun jika kamu terpaksa, kamu bisa mengakalinya dengan meminum air putih terlebih dulu. 

3. Campur dengan soda atau air 

Tips Supaya Tidak Cepat Mabuk

Biasanya pada minuman yang memiliki kadar alcohol cukup tinggi kamu akan disarankan untuk mencampurnya dengan soda atau air. Hal ini bertujuan supaya kadar alcohol yang tinggi tersebut tidak sekaligus masuk ke tubuh kita yang kemudian membuat kita semakin mudah mabuk.

Selain soda dan air, es batu juga bisa kamu jadikan sebagai campuran dalam alcohol. Hal yang perlu diperhatikan adalah soda yang digunakan bukanlah soda yang memiliki cita rasa manis, namun pilihlah soda yang tidak memiliki rasa sama sekali. 

Tips Supaya Tidak Cepat Mabuk

4. Tambahkan makanan ringan 

Tips Supaya Tidak Cepat Mabuk

Makanan ringan diselingkan dengan minuman beralkohol selain membuat suasana menjadi lebih santai, makanan ringan juga bisa mengalihkan konsentrasi kamu dan memberikan rasa kenyang, sehingga secara tidak langsung bisa mengurangi potensi kamu untuk minum dalam jumlah besar dan cepat. Kamu bisa memilih makanan ringan seperti kacang kacangan yang kaya akan protein. 

5. Hindari perut kosong 

Tips Supaya Tidak Cepat Mabuk

Jika kamu hendak minum alcohol, lebih baik siapkan perutmu terlebih dahulu. Jangan biarkan mengonsumsi alcohol dalam keadaan perut kosong. Makan makanan yang lengkapg gizi seperti lemak, protein, dan gula cukup di rekomendasikan sebab baik protein lemak maupun gula bisa membantu memperlambat proses alcohol didalam darah. 

6. Hindari mengonsumsi alcohol saat sedang stress 

Tips Supaya Tidak Cepat Mabuk

Ini juga merupakan salah satu tips yang cukup penting, karena tidak sedikit orang yang melarikan diri kepada alcohol saat sedang dilanda rasa stress atau sedih. Alcohol memang memiliki sifat anti depresan, namun biasanya orang akhirnnya akan mengonsumsi lebih banyak alcohol.

Apabila sedang sedih atau stress, kita juga sulit untuk mengendalikan diri dalam mengonsumsi alcohol. Oleh karena itu, banyak orang yang mengalami mabuk. 

Tips diatas merupakan hal hal yang bisa diperhatikan sebelum kamu mengonsumsi alcohol supaya tidak cepat mabuk. Disisi lain kamu juga perlu tahu bahwa beberapa makanan tidak boleh kamu konsumsi bersamaan atau sesaat setelah mengonsumsi alcohol karena bisa menyebabkan berbagai hal yang merugikan.

Makanan makanan seperti durian sebaiknya jangan dikonsumsi bersamaan dengan alcohol sebab bisa menyebabkan makanan maupun minuman tidak terurai baik didalam pencernaan. Kopi juga tidak disarankan karena memiliki senyawa deuretik yang dikhawatirkan bisa memicu perut mulas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *