Tips Supaya Rambut Tidak Rusak Meski Catok Setiap Hari

  • Whatsapp
Tips Supaya Rambut Tidak Rusak Meski Catok Setiap Hari
Tips Supaya Rambut Tidak Rusak Meski Catok Setiap Hari

Garisatu.com – Ingin rambut tidak rusak meski catok setiap hari? Sebagian wanita dituntut untuk selalu tampil cantik seperti misalkan tuntutan profesi dan sebagainya. Tuntutan itu pun mengharuskan mereka untuk selalu menggunakan make up sepanjang hari atau mencatok rambut setiap hari.

Mencatok rambut memang akan membuat rambut kamu terlihat lebih rapi dan dengan menggunakan catokan, kamu bisa mengganti gaya rambut sesuai keinginanmu. Akan tetapi kebiasaan mencatok rambut setiap hari ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan rambut lho. Bagaimana sih supaya rambut tidak rusak?

Bacaan Lainnya

Kerugian yang kamu dapatkan jika kamu mencatok rambut setiap hari seperti rambut menjadi kering, alergi, dan juga rambut rontok hingga mengalami kebotakan.

Tips Supaya Rambut Tidak Rusak Meski Catok Setiap Hari

Maka dari itu, jika kamu diharuskan untuk mencatok rmabut setiap hari, kamu juga harus menyeimbanginya dengan merawat rambutmu dengan baik. Rambut tidak rusak bukanlah tidak mungkin guys!

Berikut ini ada tips untuk kamu yang mencatok rambut setiap hari, namun rambut tidak rusak. So, simak yuk!

1.         Gunakan alat catok dengan lapisan pemanas tertentu

Tips Supaya Rambut Tidak Rusak Meski Catok Setiap Hari

Hal yang pertama dilakukan agar rambut tidak rusak saat ingin mencatok rambut ialah catokan itu sendiri. Sebaiknya kamu memilih catokan dengan lapisan pemanas tertentu, seperti yang terbuat dari keramik, titanium, atau emas.

Terutama jika kamu ingin rambut tidak rusak meski mencatok rambut setiap hari. Lebih baik untuk membeli catokan yang lebih mahla namun tidak merusak rambut dibandingkna dengan catokan murah namun kamu harus mengeluarkan kocek untuk merawat rambutmu lagi.

Catokan dengan lapisan keramik bisa menyebarkan panas secara merata, sehingga panas catokan juga akan menyebar rata ke rambut saat dicatok.

Alat catok dengan lapisan keramik ini juga cocok digunakan untuk segala jenis rambut. Sementara alat catok yang memiliki lapisan pemanas dari titanium atau emas lebih cocok digunakan untuk rambut keriting.

2.         Gunakan alat catok dengan pengukur suhu

Tips Supaya Rambut Tidak Rusak Meski Catok Setiap Hari

Kamu juga harus memastikan jika alat catok kamu memiliki pengatur suhu. Hal ini bertujuan supaya kamu bisa mengatur sendiri seberapa panas alat catok yang sesuai dengan tekstur dan ketebalan rambut kamu.

Sebab jika kamu memiliki tipe rambut yang tipis dan mudah patah, kemudian menggunakan catokan dengan suhu tinggi, ini hanya akan semakin merusak rambut kamu.

Banyak produk alat catok diluar sana yang tidak menyediakan pengatur suhu, dan sudah diatur otomatis pada suhu diatas 200 derajat. Bayangkan jika kamu menggunakan catokan itu setiap hari, maka rambut kamu akan cepat rusak.

3.         Gunakan shampoo dan pelembab yang tepat

Tips Supaya Rambut Tidak Rusak Meski Catok Setiap Hari

Sebelum mencatok rambut, sebagian dari kalian mungkin akan mencuci rambut terlebih dulu. Pastikan untuk menggunakan shampoo yang tepat dengan jenis rambut kamu.

Seperti shampoo yang bisa melembabkan rambut, bukan membuat rambut menjadi kering. Setelah rambut sudah kering, gunakan pula pelembab atau vitamin rambut. Ini bertujuan untuk melindungi dan juga menutrisi rambut.

Tips Supaya Rambut Tidak Rusak Meski Catok Setiap Hari

4.         Gunakan serum pelindung panas

Tips Supaya Rambut Tidak Rusak Meski Catok Setiap Hari

Vitamin saja tidak cukup untuk merawat rambut lho. Memang untuk mendapatkan rambut sehat dan indah butuh perjuangan. Sebelum mencatok rambut kamu butuh untuk menggunakan serum pelindung panas supaya panas dari catokan tidak terlalu melukai rambut kamu.

Jangan lupa untuk membaca cara pemakaiannya terlebih dulu, sebab beberapa serum digunakan saat rambut sudah kering, sebagian digunakan saat rambut dalam keadaan lembab. Penggunaan serum juga secukupnya saja, karena jika terllau banyak maka akan menimbulkan kesan rambut yang berminyak.

5.         Jangan keringkan rambut dengan hair dryer

Tips Supaya Rambut Tidak Rusak Meski Catok Setiap Hari

Hair dryer memang menjadi penolong saat kita sudah dikejar kejar oleh waktu, sebab hair dryer bisa mengeringkan rambut dengan cepat. Akan tetapi jika kamu mencatok setiap hari ditambah dengan menggunakan hair dryer setiap hari, ini merupakan 2 faktor ‘combo’ yang semakin merusak rambut.

Sebaiknya cari alternatif lain seperti gunakan handuk yang khusus untuk rambut sehingga bisa menyerap air dengan lebih cepat, sehingga rambut bisa lebih cepat mongering dan rambutmu pun lebih terawatt.

6.         Bagi rambut menjadi beberapa bagian

Sebagian orang merasa repot untuk mencatok rambut sedikit demi sedikit, maka mereka mencatok ‘segenggam’ rambut dan dicatok berkali kali. Jangan biarkan catokan berada pada satu bagian rambut lebih dari 3-4 detik karena bisa merusak atau bikin rambut jadi hangus.

Juga jangan mencatok rambut dengan mengambil bagian rambut secara acak karena bikin prosesnya justru lebih lama dan nggak sama teksturnya. Teknik ini juga menghindari pencatokan berulang di tempat yang sama.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *