Tips Merawat Tanaman Hias

  • Whatsapp
Tips Merawat Tanaman Hias
Tips Merawat Tanaman Hias

Garisatu.com – Tren merawat menanam tanaman hias sepertinya sedang diminati oleh sebagian masyarakat. Terlebih disaat pandemi, beberapa masyarakat beralih bercocok tanam dengan tanaman hias. Tanaman hias seperti namanya, dijadikan sebagai hiasan untuk mempercantik ruangan atau teras rumah kita.

Tips Merawat Tanaman Hias

Dengan adanya tanaman hias, anda bisa menikmati suasana asri dan segar dan tanaman hias juga bisa membuat rumah anda terasa lebih nyaman dan enak dipandang. 

Bacaan Lainnya

Ada sangat banyak sekali jenis tanaman hias yang bisa kamu tanam, mulai dari ukuran kecil hingga besar, berbunga atau hanya berdaun, dan jenis jenis tanaman hias sendiri pun tergolong banyak. Anda bisa menanam tanaman hias yang cocok dengan konsep atau design rumah anda supaya terlihat lebih menarik.

Namun, dalam menanam tanaman hias tentu kamu harus menjaganya dengan baik untuk menghindari tanaman rusak atau layu. Tanaman di dalam rumah pun memiliki perawatan yang berbeda dibandingkan dengan tanaman di luar rumah.

Berikut ini merupakan tips dalam merawat tanaman hias dalam rumah yang harus kamu pahami jika kamu berencana ingin menanam tanaman hias. 

1. Menggunakan media yang tepat 

Tips Merawat Tanaman Hias

Cara merawat tanaman hias yang pertama dengan memilih dan menggunakan media tanam yang tepat untuk menanam tanaman hias Anda. Sebelum mulai mengadopsi berbagai tanaman hias ke dalam rumah Anda, sebaiknya cari tahu dulu mengenai jenis media tanam apa saja yang cocok untuk tanaman tersebut.

Tips Merawat Tanaman Hias

Biasanya, kebanyakan orang akan menggunakan pot untuk menempatkan tanaman. Anda perlu memastikan bahwa tanah di dalam pot memiliki kualitas yang baik. Disamping itu, anda juga harus rajin memberi pupuk pada tanah untuk menutrisi tanah supaya kebutuhan tanaman dapat tercukupi. 

2. Jaga intensitas air 

Tips Merawat Tanaman Hias

Cara merawat tanaman hias yang kedua dengan memperhatikan intensitas air yang diberikan kepada tanaman tersebut. Semua tanaman secara alami membutuhkan air untuk  bisa hidup dan tumbuh. Setidaknya sirami tanaman kamu seminggu sekali supaya tanaman hias bisa tumbuh dengan baik, dan isahakan untuk menyiram tanaman secara teratur.

Dalam menyiram tanaman kamu juga harus memperhatikan intensitas air. Jangan menyirami tanaman dengan air yang terlalu banyak sebab air yang tergenang di dalam pot malah akan membuat tanaman menjadi busuk nanti. Anda harus memastikan bahwa air untuk tanaman cukup. Jika tanaman kekurangan air, tanaman akan layu.

3. Pilih tanaman yang tepat 

Tips Merawat Tanaman Hias

Kamu juga harus memilih tanaman hias yahg tepat sebelum memutuskan membeli tanaman hias. Coba untuk mencari tahu terlebih dulu jenis tanaman hias apa yang kira kira cocok dengan sistem perawatan kamu dan cocok dengan lingkungan rumahmu.

Tapi, kamu bisa usahakan untuk memilih tanaman yang dapat hidup pada suhu ruangan (± 25°C). Cara ini akan memudahkan Anda dalam merawat tanaman hias tersebut.

4. Keluarkan tanaman secara teratur 

Tips Merawat Tanaman Hias

Tanaman tetap membutuhkan sinar matahari untuk tumbuh dan berkembang. Kamu perlu untuk mengeluarkan tanaman secara teratur supaya tanaman mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup. 

Cobalah untuk mengeluarkan tanaman setidaknya sekali setiap dua minggu. Dengan demikian, kebutuhan sinar matahari akan terpenuhi.

Tips Merawat Tanaman Hias

5. Perhatikan kelembaban udara 

Tips Merawat Tanaman Hias

Cara merawat tanaman hias yang kelima dengan memperhatikan tingkat kelembapan udara di sekitar Anda. Anda perlu memastikan kelembapan udara yang didapatkan oleh tanaman berada pada level yang cukup bagus.

Jika Anda menggunakan AC di dalam ruangan, hal ini akan membuat kelembapan udara menjadi berkurang dan tentunya akan membuat tanaman menjadi layu. Anda bisa meletakkan wadah berisi air di sekitar tanaman agar kelembapan udara di sekitar tanaman tersebut tetap terjaga.

6. Ganti pot secara berkala 

Tips Merawat Tanaman Hias

Kamu perlu mengganti pot secara berkala, sebab semakin lama, tanaman akan tumbuh dan menjadi lebih besar. Saat anda merasa tanaman anda mulai membesar, ganti pula pot menjadi ukuran yang lebih besar.

Hal ini bertujuan supaya akar tanaman mempunyai ruang yang cukup untuk tumbuh kembali. Pilih pot yang memiliki drainase air yang baik supaya bertujuan untuk menghindari genangan air di dalam pot.

7. Pangkas tanaman 

Tips Merawat Tanaman Hias

Ibarat rambut, tanaman juga butuh di pangkas. Tanaman yang sehat adalah tanaman yang terawat dengan baik. Maka dari itu, rawatlah tanaman Anda dengan sebaik mungkin.

Kamu bisa memangkas daun daun yang rusak atau busuk pada tanaman, sehingga daun busuk tersebut tidak menyebar dan kemudian menginfeksi daun yang lainnya. Memangkas tanaman juga akan membuat tanaman mu terlihat lebih terawat dan rapi.

Tips tips diatas merupakan cara car dalam merawat tanaman hias kamu. Jangan lupa untuk terus memperhatikan kondisi tanaman hias kamu supaya tidak layu dan mati. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *