Tips Menjadi Anak Rantau: Anak Rantau Hacks

  • Whatsapp
Tips Menjadi Anak Rantau: Anak Rantau Hacks
Tips Menjadi Anak Rantau: Anak Rantau Hacks

Garisatu.com – Beberapa kondisi mengharuskan kita untuk keluar dari zona nyaman kita. Seperti contohnya universitas di tempat atau kota kita berada kurang memadai atau tidak mendukung jurusan yang kita ambil, sehingga kita pun harus merantau keluar kota untuk melanjutkan kuliah. Menjadi anak rantau tentu tidak mudah, terutama jika kita belum pernah berpergian jauh dari keluarga. Sebagai mahasiswa baru, jika kamu termasuk mahasiswa rantau, mungkin kamu akan mengalami cukup banyak cobaan.

Mulai dari hidup sendiri hingga memulai segala sesuatu kembali dari awal tanpa siapa siapa, memang akan terasa berat tetapi perlahan kamu pasti akan bisa merasa baik baik saja dan melewati hari dengan baik dan Bahagia.

Bacaan Lainnya

Tips Menjadi Anak Rantau: Anak Rantau Hacks

Problema menjadi anak rantau memang tidak semudah ekspektasi. Terkadang reality hits hard dimana sesuatu terjadi diluar rencana atau dugaan kita.

Hanya saja, disinilah kamu akan dibangun menjadi pribadi yang mandiri dan kuat. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti saat menjadi anak rantau:

1.         Cari tempat kost yang dekat dari kampus

Tips Menjadi Anak Rantau: Anak Rantau Hacks

Salah satu hal penting yang harus kamu persiapkan saat hendak berpindah keluar kota ialah mencari tempat tinggal. Kamu bisa menghemat cost dengan mencari tempat tinggal atau kost yang murah.

Namun pastikan tetap memenuhi kebutuhan kamu dan pastikan bahwa jaraknya tidak terlalu jauh dari kampusmu. Dengan begitu, kamu tidak perlu mengeluarkan ongkos berlebih untuk perjalanan pulang pergi kampus atau ongkos bensin.

2.         Belanja sesuai kebutuhan bukan keinginan

Tips Menjadi Anak Rantau: Anak Rantau Hacks

Menjadi anak rantau akan membiasakanmu untuk mengatur segala sesuatu dengan baik dan kamu harus mengaturnya sendiri. salah satunya ialah mengatur keuangan.

Jika kamu masih mendapatkan uang bulanan dari orang tuamu, pergunakanlah uang tersebut dengan baik dengan membeli barang barang yang kamu butuhkan, bukan barang barang yang kamu inginkan semata mata.

Kamu harus mengatur dengan baik keuanganmu jangan sampai uang bulanan yang dikirim oleh orang tuamu habis dalam pertengahan bulan.

Tips Menjadi Anak Rantau: Anak Rantau Hacks

3.         Wajib nabung

Tips Menjadi Anak Rantau: Anak Rantau Hacks

Menabung merupakan kebiasaan baik yang diajarkan sejak kita kecil. Meskipun menjadi anak rantau, tidak ada salahnya untuk tetap menyisihkan sebagian  uang jajanmu untuk ditabung.

Tabunganmu ini akan berguna disaat ada keadaan yang tidak diduga seperti misalnya saat kamu sakit dan harus berobat, atau ketika orang tuamu belum mengirimkan uang bulanan, dan kondisi lainnya.

Toh, tidak ada salahnya menabung, jika ternyata pengeluaranmu terkontrol, maka uang tabunganmu bisakamu gunakan untuk hal hal lain yang kamu inginkan.

4.         Masak sendiri dan bawa bekal

Tips Menjadi Anak Rantau: Anak Rantau Hacks

tips yang ini berkaitan dengan tips nomor 3, dengan memasak dan membawa bekal sendiri, tentu kamu akan menghemat banyak uang dibandingkan membeli makanan siap saji atau catering.

Biasanya beberapa kost menyediakan dapur yang bisa digunakan oleh anak anak kost. Jangan lupa juga untuk membaw aminum sendiri ya, kamu bisa membeli galon air ditaruh di kostmu.

5.         Cuci baju sendiri

Tips Menjadi Anak Rantau: Anak Rantau Hacks

Mungkin kamu akan merasa bahwa mencuci baju di tempat laundry hanya membutuhkan 7 hingga 8 ribu rupiah saja. Tapi jika kamu mencuci baju selama seminggu 3 kali ? Cobalah kalikan dengan sebulan.

Pengeluaranmu itu sudah bisa kamu gunakan untuk hal hal lainnya atau bisa kamu tabung. Mencuci baju sendiri pun tidak ribet mengingat kamu tinggal sendiri dan hanya sedikit baju yang harus dicuci. Kamu juga bisa mencuci baju saat weekend untuk mengisi waktu senggangmu.

6.         Jangan terlalu sering hangout

Tips Menjadi Anak Rantau: Anak Rantau Hacks

Masa masa kuliah mungkin akan banyak godaan seperti ajakan pergi bersama dengan teman teman kuliah. Hal ini tentu wajar wajar saja namun jangan lupa terhadap budgetmu ya.

Jika terlalu sering hangout bisa bisa kamu menjadi boros tanpa kamu sadari dan khilaf menghabiskan uangmu untuk belanja. Coba bayangkan jika kamu pergi ke satu café dan menghabiskan uang kurang lebih 30rb untuk membeli secangkir kopi, dalam satu minggu kamu sudah menghabiskan 210rb!

Jika kamu bosan, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghibur diri selain nongkrong diluar, atau kamu bisa mencari alternatif tempat tongkrongan seperti berkumpul dirumah atau kostan temanmu.

Itu dia tips tips untuk anak rantau! Untuk kalian yang merantau, semangat ya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *