Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri

  • Whatsapp
Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri
Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri

Garisatu.com – Hampir semua orang pasti pernah mengalami posisi tidak percaya diri. Kurang percaya diri tidak hanya dirasakan oleh beberapa orang. Fakta membuktikan bahwa hampit semua orang pasti pernah mengalami fase ini.

Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri

Dilihat dari beberapa kasus yang pernah terjadi, kepercayaan diri yang rendah biasanya disebabkan oleh pengalaman dari masa lalu yang kemudian membuat trauma pada seseorang. Contohnya masalah keluarga yang kurang harmonis, perceraian, pelecehan secara fisik maupun emosional, dan segala hal yang negatif terjadi sejak kecil.

Bacaan Lainnya

Rasa percaya diri yang rendah bisa membuat seseorang susah bergaul, introvert dan gampang minder. Lalu, bagaimana cara meningkatkan atau membangun kepercayaan diri seseorang?

Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri

Untuk membangun kepercayaan diri memang dibilang cukup sulit. Rendahnya kepercayaan diri juga berkaitan erat dengan kesehatan mental. Disaat seseorang tidak percaya diri, orang itu akan lebih mudah merasa tersinggung dan berfikiran negatif tentang dirinya.

Yang kemudian mengacu pada kesehatan mentalnya. Pasalnya, dalam beberapa kasus, harga diri yang rendah itu sendiri merupakan ciri utama dari beberapa kondisi gangguan jiwa, misalnya depresi atau borderline personality disorder.

Orang yang gampang minder cenderung memandang dunia sebagai tempat yang tidak aman, dan mereka selalu berasumsi bahwa mereka adalah korban dari segala situasi. Untuk mengatasi rendahnya percaya diri kamu, kamu bisa secara perlahan memahami diri kamu sendiri dan perlahan membangun kepercayaan diri kamu.

Namun, butuh dorongan dan pikiran yang positif supaya kamu dapat melawan rasa tidak percaya diri pada diri mu sendiri. 

1. Ketahui kelemahan dan kekuatanmu

Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri

 Semua orang pasti memiliki kelemahan dan kekuatan. Jangan berfikir bahwa kamu hanya memiliki kelemahan dan tidak memiliki kekuatan apapun. Disaat kamu sudah tau apa kelemahan mu, kamu bisa memberi perhatian lebih dalam mengatasi hal hal yang dapat menyinggung perasaanmu.

Begitu pula sebaliknya, kamu perlu tau apa kekuatan mu supaya kamu dapat mengasah lebih dalam bakat yang ada pada dirimu. Dengan terus mengasah dan menujukkan pada dunia bahwa Anda punya suatu bakat, Anda bisa mendapatkan kepercayaan diri Anda kembali. Tidak perlu pengakuan dari orang banyak, orang-orang terdekat yang menyadari kemampuan Anda juga bisa membuat Anda lebih yakin pada diri sendiri. 

Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri

Sedangkan untuk mengatasi kelemahan dirimu, jangan hanya meratapi dan merasa bahwa itu tidak dapat diubah, Justru Anda harus berjuang untuk mengasah diri supaya kelemahan ini tidak lantas menjadi batu sandungan di kemudian hari.

Misalnya Anda tahu bahwa kelemahan Anda adalah takut dalam mengambil risiko. Untuk mengasah diri, belajarlah untuk mengambil risiko. Mulai dari hal yang kecil dulu seperti mencicipi menu baru di restoran favorit sampai hal besar seperti ikut kursus fotografi atau menjadi pimpinan sebuah proyek di sekolah, kampus, atau di kantor. Perlahan namun pasti. Kamu harus mengambil satu langkah sebelum melanjutkan kepada langkah berikutnya. 

2. Berpikir positif

Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri

Hal ini memang sangat susah untuk diterapkan. Pasalnya, pikiran negatif dapat dengan sangat mudah merasuk kedalam pikiran kita. Penting bagi kita untuk mempunyai pikiran positif dalam kehidupan sehari-hari. Pikiran yang baik dan positif akan membawa Anda pada tingkat kepercayaan diri yang maksimal.

Jauhi pikiran-pikiran negatif atau kecemasan soal komentar orang lain. Usahakan juga untuk berada di dalam lingkungan orang-orang positif yang saling mendukung, dengan mengelilingi dirimu dengan lingkungan yang positif, secara tidak langsung kamu akan lebih mudah terbawa dampak positifnya.

Memang tetap ada saatnya kita tidak bisa berpikir positif, namun, ketika kamu meras dirimu sedang putus asa, sebaiknya cari jalan keluar dengan curhat kepada teman, atau melakukan hobi kamu, yang dapat mengalihkan pikiran mu sehingga tidak berpikir negatif. 

3. Ubah penampilan anda seperti siapapun yang anda inginkan 

Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri

Terkadang, seseorang merasa minder karena tidak dapat mengekspresikan dirinya dengan baik lewat penampilannya. Badan yang tidak bersih, bau badan, dan penampilan yang berantakan memang jelas bisa menurunkan kepercayaan diri Anda.

Maka dari itu, untuk membangun kepercayaan diri yang maksimal, mulailah merawat dan menjaga diri Anda seperti yang Anda inginkan. Coba untuk merawat kulit dengan rangkaian perawatan, mulailah latihan supaya badan tetap fit dan bugar. Tekuni hobi mu sehingga kamu dapat menikmati apa yang kamu suka. 

Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri

4. Bangun pola makan yang sehat

Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri

Asupan yang masuk kedalam tubuh kita merupakan komponen yang sangat penting. Gizi yang kita dapatkan dari makanan dapat membantu tumbuh kembang kita baik bagi otak maupun bagian tubuh lainnya. Maka dari itu, pola makan yang sehat dan asupan gizi yang cukup sangat penting bagi kita.

Asupan gizi yang seimbang dan pola hidup sehat akan membuat pikiran jadi lebih positif. Hindari berdiam diri di rumah dan hanya meratapi nasib. Hal tersebut tidak akan membuat perubahan apa pun dalam diri Anda.

5. Fokus pada hal hal yang anda sukai 

Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri

Rasa percaya diri bisa ditingkatkan dengan menghindari hal yang membuat Anda stres. Anda bisa membangun kepercayaan diri dengan melakukan hal-hal yang Anda suka. Maka, cobalah untuk fokus pada hal-hal yang memang Anda sukai.

Tinggalkan pekerjaan yang membuat Anda tidak bahagia dan kejarlah karier yang memang menjadi impian Anda. Tentukan tujuan hidupmu dan apa yang ingin kamu capai dimasa depan, fokus dalam setiap langkah yang kamu ambil dalam mencapai tujuan-mu. 

6. Hadapi rasa takutmu 

Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri

Rasa tidak percaya diri memang mengacu pada rasa takut. Takut apabila orang lain tidak menyukai kita, takut kita menjadi penganggu dan takut bahwa kita tidak diterima dalam sebuah komunitas atau pertemanan. Namun, berdiam diri juga bukan merupakan cara untuk menyelesaikan masalah.

Keluarlah dan hadapi rasa takutmu. Sapa teman yang ada disebelah mu. Mulai obrolan dan jalin relasi dengan orang sekitar. Perlahan lahan kamu akan mulai berbaur dengan orang disekitar dan kamu akan merasa bahwa itu tidak seperti yang kamu pikirkan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *