Tips Mengurangi Keinginan Mengemil Saat Imlek!

  • Whatsapp
Tips Mengurangi Keinginan Mengemil
Tips Mengurangi Keinginan Mengemil

Garisatu.com – Ngemil merupakan kata dalam Bahasa Jawa yang berarti makan makanan ringan. Kebiasaan ngemil harus diperhatikan jika kamu ngemil terlalu sering. Tidak hanya membatalkan diet, terllau sering mengemil bisa menyebabkan obesitas karena biasanya kandungan gula atau natrium pada makanan ringan jauh lebih tinggi.

Kamu sebenarnya bisa memiloih cemilan sehat seperti buah, namun kebanyakan orang pasti akan lebih memilih junk food, snacks, es krim, dan cemilan tinggi kalori lainnya.

Bacaan Lainnya
Tips Mengurangi Keinginan Mengemil

Seringkali orang ngemil karena banyak hal. Berikut ini merupakan beberapa hal yang dapat memicu seseorang suka nyemil :

1. Bosan / ngantuk

Tips Mengurangi Keinginan Mengemil

Bosan dan mengantuk, dua hal ini berkaitan erat. Sebab disaat kita merasa bosan , seringkali rasa kantuk juga ikut menyusul. Biasanya orang akan mencari cara yang mudah untuk menghindari rasa kantuk yaitu dengan menyemil. 

2. Stress

Tips Mengurangi Keinginan Mengemil

Seorang Psikolog Klinis di Toronto Susan Wnuk mengatakan bahwa, ngemil merupakan cara orang untuk menenangkan dan menghibur diri ketika sedang mengalami emosi yang mereka tidak ingin tahu, atau tidak tahu bagaimana menghadapinya.

3. Sedih 

Pada Sebagian orang, makanan merupakan pelampiasan yang sangat tepat saat sedih. Sedih pun bisa menghampiri kapan saja. Makanan terutama makanan manis seperti coklat hitam mampu merangsang produksi endorphin yakni sebuah bahan kimia di otak yang menciptakan rasa senang. Tidak heran jika banyak orang berasumsi coklat dapat meningkatkan mood.

Tips Mengurangi Keinginan Mengemil

Terkadang kita sulit untuk menghentikan kebiasaan nyemil ini. rasanya mulut tidak bisa diam dan ingin terus mengunyah sesuatu.

Tips Mengurangi Keinginan Mengemil

Untuk menghindari dampak dari kebiasaan buruk mengemil, sebaiknya kamu simak beberapa cara mudah untuk mengurangi kebiasaan ngemil:

1. Makan secara teratur 

Makanlah secara teratur pada pagi, siang, dan malam. Jika kamu sedang berdiet atau menjaga makan, kamu bisa mengurangi porsi menjadi lebih sedikit dari biasanya. Melewatkan jam makan lebih memicu hasrat untuk mengemil. Kamu juga disarankan untuk memilih makanan dengan karbohidrat kompleks, tinggi protein, dan lemak baik.

Mengonsumsi makanan tersebut dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Sebaliknya, hindari makan fastfood atau junkfood karena selain tidak mengenyangkan, juga bisa menimbun lemak. 

2. Berpikir dua kali sebelum ngemil 

Tips Mengurangi Keinginan Mengemil

Disaat keinginan mengemil itu datang, sebaiknya control dulu dirimu sebelum bangkit dan mengambil cemilan. Berikan dirimu waktu terlebih dulu untuk berfikir, kemudian kamu bisa mengalihkannya dengan kegiatan lain, misalkan mendengarkan music, menonton streaming film, atau lakukan pekerjaanmu yang belum selesai. Dengan begitu, bisa saja kamu melupakan keinginan mengemilmu. 

3. Jangan membeli/menyetok cemilan

Apabila kamu ke supermarket, sebaiknya siapkan terlebih dulu list barang apa saja yang ingin kamu beli. Kemudian pada saat sampai di supermarket, carilah barang barang yang ingin kamu beli, kemudian sebisa mungkin untuk menghindari membeli cemilan apalagi menyetok cemilan dirumah.

Hal ini hanya membuat kamu semakin mudah tergoda untuk menyemil. Apabila kamu tetap tergoda ingin membeli cemilan, pilihlah cemilan yang lebih sehat dan beli dalam Batasan tertentu. 

4. Mengganti cemilan dengan makanan yang lebih sehat 

Tentu orang yang terbiasa menyemil akan kesulitan untuk mengubah kebiasaan ini. cara ini bisa kamu lakukan. Kamu bisa mengganti cemilan dengan yang sehat seperti buah, yoghurt, oatmeal, kacang kacangan seperti edamame,pistachio, dan almond. 

5. Alihkan perhatian dan tetap aktif 

Ini salah satu cara untuk menghindari kebiasaan nyemil. Buat diri mu tetap sibuk dengan begitu kamu akan lebih mudah berpaling dari keinginan nyemil. 

6. Matikan tv 

Apabila anda merasa bosan, usahakan untuk tidak menonton tv, duduk sambil menonton tv bisa meningkatkan keinginan nyemil bagi Sebagian orang. 

7. Minum yang banyak 

Terkadang rasa ingin nyemil muncul karena perut kita terasa kosong, kamu bisa mengakalinya dengan meminum air. Disaat kamu ingin nyemil, sebaiknya minum air terlebih dulu. Air akan membantu mengisi perutmu dan yang terpenting, air tidak mengandung kalori dan malah memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh, seperti membantu menurunkan berat badan dan menutrisi kulit. 

8. Tidur cukup 

Seseorang yang mnegalami insomnia biasanya akan mencari cemilan pada malam hari karena merasa bosan dan tidak bisa tidur. Kemudian kekurangan tidur bisa membuat kamu merasa lebih lapar pada siang harinya. 

Itu lah penyebab dan cara mengatasi keinginan untuk ngemil berlebih. Selain cara diatas, tentu keinginan mengemil bisa lebih mudah ditahan jika kamu memiliki keinginan yang kuat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *