Tips Menghilangkan Komedo Secara Alami

  • Whatsapp
Tips Menghilangkan Komedo Secara Alami
Tips Menghilangkan Komedo Secara Alami

Garisatu.com – Komedo merupakan kumpulan massa sebum yang muncul sebagai bintik hitam ataubisa juga putih. Untuk menghilangkannya, apakah sulit?

Tips Menghilangkan Komedo Secara Alami

Selain di wajah, komedo dapat muncul juga di bagian tubuh lain, seperti leher, punggung, dada, lengan, ataupun bahu. Namun biasanya komedo lebih sering muncul pada bagian hidung dagu dan permukaan sekitar hidung. 

Bacaan Lainnya

Berikut ini adalah beberapa penyebab komedo yang harus kamu ketahui untuk mencegah pertumbuhan komedo di kulit.

1. Adanya sel kulit mati dan produksi minyak berlebihan pada kulit. 

Tips Menghilangkan Komedo Secara Alami

2. Polusi, udara yang panas, dan kelembaban udara juga dapat memengaruhi keadaan kulit dan merangsang kelenjar minyak jadi lebih aktif, sehingga menimbulkan komedo.

3. Perubahan hormon yang terjadi meningkatkan produksi sebum oleh kelenjar minyak yang bisa memicu pembentukan komedo. Perubahan hormon ini biasanya terjadi karena memasuki masa pubertas, menstruasi, kehamilan, penggunaan pil KB, dan lain sebagainya.

Tips Menghilangkan Komedo Secara Alami

4. Penggunaan kosmetik berlebih juga dapat menyumbat pori-pori di kulit yang bisa memicu timbulnya komedo.

Nah, kehadiran komedo tentu sangat menggangu penampilan kita. Biasanya orang menggunakan plester pencabut komedo atau pore pack untuk menghilangkan komedo. Namun, penggunaan pore pack dilaporkan dapat meningkatkan kesuburan pertumbuhan komedo. Sementara, memencet hidung untuk mengeluarkan komedo juga tidak disarankan karena dapat menimbulkan iritasi pada kulit. 

Tips Menghilangkan Komedo Secara Alami

Anda lebih disarankan untuk mencoba cara alami dalam menghilangkan komedo untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Berikut adalah produk produk yang dapat kamu coba untuk mengurangi komedo pada wajah. 

1. Minyak kelapa 

Tips Menghilangkan Komedo Secara Alami

Dilansir dari Medical News Today, minyak kelapa dapat digunakan sebagai pembersih wajah harian untuk menghilangkan polutan dan bahan seperti makeup yang dapat menyumbat pori-pori yang kemudian berpotensi menyebabkan komedo.

Bahan alami ini juga juga dapat membantu menghilangkan komedo.

Caranya, minyak kelapa hanya perlu dioleskan pada area kulit yang berkomedo, kemudian tunggu beberapa saat hingga minyak kelapa menyerap kedalam kulit. Langkah ini bisa kamu lakukan dua kali sehari untuk hasil yang maksimal. 

2. Tea tree oil 

Tips Menghilangkan Komedo Secara Alami

Tea tree oil selain bagus untuk jerawat, juga dapat digunakan untuk mengurangi pertumbuhan komedo. Tea tree oil dapat membantu menghilangkan kotoran dan minyak di kulit yang dapat menyumbat pori-pori dan berpotensi menyebabkan komedo. Produk ini juga memiliki sifat anti-komedogenik (antibakteri dan antiinflamasi) yang dapat membantu menghilangkan komedo.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda tinggal mengoleskan tea tree oil pada bagian wajah yang berkomedo. Anda juga dapat mencampur tea tree oil dengan minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak jojoba saat digunakan sebagai bahan oles untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Tips Menghilangkan Komedo Secara Alami

3. Oatmeal 

Tips Menghilangkan Komedo Secara Alami

Pernah dengar oatmeal untuk mengurangi komedo ? Selain dijadikan sebagai asupan makanan sehat, oatmeal memang memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan dalam tubuh maupun luar tubuh seperti kulit. Salah satu artikel dalam Journal of Drugs in Dermatology mengatakab bahwa oatmeal memiliki sifat antiinflamasi, pengelupasan kulit, dan menyejukkan kulit. Ini bermanfaat juga untuk menghilangkan komedo.

Untuk digunakan pada kulit yang berkomedo, campur 2 sendok makan oatmeal dengan 3 sendok makan yogurt alami dan 1 sendok makan minyak zaitun. Setelah bahan tercampur, oleskan kepada kulit yang telah dilembabkan, lalu biarkan selama 15 menit.

4. Putih telur 

Tips Menghilangkan Komedo Secara Alami

Putih telur sering dijadikan sebagai masker wajah karena kandungannya yang terbukti baik bagi kulit wajah. Putih telur dapat mengencangkan kulit dan dapat membantu menghilangkan komedo.

Untuk memanfaatkannya, Anda akan lebih baik mencampur putih telur dari 3 butir telur dengan 2 sendok makan air lemon.

Oleskan masker untuk membersihkan kulit dari komedo dengan jari-jari Anda atau kuas yang bersih dan lembut. Kemudian biarkan masker mengering dan oleskan lagi masker sebagai tahap kedua. Setelah 20 menit, bilas dengan air hangat.

5. Gula 

Tips Menghilangkan Komedo Secara Alami

Gula merupakan salah satu exfoliator alami yang dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit bagian paling luar. Ini juga bermanfaat untuk membantu menghilangkan komedo.

Untuk memanfaatkannya, campurkan 1 cangkir gula putih dengan 3 sendok makan minyak ramah kulit, seperti minyak zaitun, minyak almond, atau minyak jojoba.

Setelah kering, bilas masker dengan air hangat.

Untuk hasil yang maksimal, oleskan masker atau scrub ini seminggu sekali yntuk membantu pengelupasan kulit dan menghilangkan komedo.

Jika anda memiliki jenis kulit yang lebih berminyak, Anda mungkin dapat menggunakan masker dua kali seminggu tanpa mengeringkan kulit Anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *