Tips Menghilangkan Jerawat Punggung

  • Whatsapp
Tips Menghilangkan Jerawat Punggung
Tips Menghilangkan Jerawat Punggung

Garisatu.com – Jerawat tidak hanya bisa muncul pada bagian wajah saja, namun jerawat bisa muncul di bagian tubuh manapun termasuk punggung. Jerawat punggung pun cukup umum ditemukan pada sebagian orang. Jika jerawat pada wajah disebabkan oleh produksi minyak dan tersumbatnya pori pori akibat kotoran dan sel kulit mati, maka tidak jauh berbeda dengan jerawat punggung. Jerawat punggung muncul karena produksi minyak pada tubuh yang berlebih , atau sabun yang berlebihan pada tubuh dan tidak benar benar bersih sehingga menyebabkan pori pori kulit tersumbat. Belum lagi ditambah dengan penumpukan bakteri akibat keringat. 

Tips Menghilangkan Jerawat Punggung

Baik bagi pria maupun wanita, tentu jerawat punggung cukup mengganggu. Karena membuat tekstur kulit menjadi kasar, ditambah dengan kemerahan. Namun ad acara alami yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan jerawat punggung. Simak cara cara dibawah ini. 

Bacaan Lainnya

1. Cuka apel 

Tips Menghilangkan Jerawat Punggung

Salah satu bahan alami dan mudah ditemukan yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan jerawat punggung ialah dengan cuka apel. Cuka apel atau apple cider vinegar terbuat dari apel yang dicampurkan dengan ragi dan bakteri.

Cuka apel bisa membantu menghilangkan jerawat punggung karena bersifat antibakteri. Cukup campurkan satu sendok makan cuka apel dengan segelas air dan oleskan langsung secara merata di bagian punggung yang berjerawat. Lakukan perawatan ini secara rutin. 

2. Madu 

Tips Menghilangkan Jerawat Punggung

Madu juga memiliki kandungan antibakteri yang dapat menyembuhkan dan mencegah infeksi. Caranya, dengan merendam kapas kedalam madu lalu oleskan ke bagian punggung yang berjerawat. Kemudian tunggu selama beberapa menit kemudian bilas dengan air bersih. 

3. Tomat 

Tips Menghilangkan Jerawat Punggung

Kamu juga bisa menggunakan tomat sebagai bahan alami untuk mengobati jerawat punggung. Kandungan asam salisilat dalam tomat mampu mengatasi jerawat dan mengeringkan jerawat.

Caranya ialah dengan menggosokkan potongan tomat pada daerah punggung yang berjerawat dan bilas menggunakan air hangat. 

4. Lemon 

Tips Menghilangkan Jerawat Punggung

Lemon memiliki kandungan asam l-askorbat yang mampu menghilangkan sel kulit mati dan decongest pori pori. Sifat antibakteri pada lemon juga mampu melawan bakteri penyebab jerawat membandel.

Selain itu lemon mengandung vitamin c yang tinggi yang baik bagi kulit. Anda bisa mengoleskan air perasan lemon pada bagian yang berjerawat, namun car aini tidak disarankan bagi anda yang memiliki kulit sensitive. 

5. Kunyit 

Tips Menghilangkan Jerawat Punggung

Kunyit selain digunakkan sebagai rempah dapur, juga bisa digunakan dalam dunia kecantikan dan juga bisa untuk mengatasi jerawat pungggung. Kunyit dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa nyeri.

Caranya, campurkan 1 hingga 2 sendok the bubuk kunyit dan beri sedikit minyak wijen hingga mengental seperti pasta. Kemudian oleskan pada bagian yang berjerawat. Biarkan selama sekitar 1 jam dan bilas dengan air bersih. 

Tips Menghilangkan Jerawat Punggung

6. Lidah buaya 

Tips Menghilangkan Jerawat Punggung

Sama hal nya pengaruh lidah buaya terhadap jerawat pad wajah, lidah buaya juga bisa meredakan peradangan jerawat punggung karena kandungannya yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan mempercepat proses penyembuhan.

Sebuah penelitian pada tahun 2008 juga menyimpulkan bahwa lidah buaya memiliki khasiat anti inflmasi, anti bakteri, antiseptic, antimikroba, dan juga studi ini membuktikan lidah buaya memiliki efek anti jerawat.

Cara menggunakan lidah buaya untuk mengobati jerawat punggung ialah dengan memotong daun lidah buaya kemudian ambil ekstrak gel didalamnya, oleskan gel murni ini langsung pada bagian yang berjerawat. Lakukan perawatan ini sebanyak dua kali sehari selama satu minggu. 

7. Teh hijau 

Tips Menghilangkan Jerawat Punggung

Teh hijau memiliki senyawa katekin yang bersifat antibakteri dan membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Ditambah, teh hijau juga berfungsi sebagai agen anti inflamasi yang mampu mengurangi kemerahan dan peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

Caranya ialah dengan mencampurkan ¼ cangkir teh hijau dan air yang baru diseduh. Celupkan bola kapas kedalam larutan tersebut dan oleskan pada area yang berjerawat. Biarkan selama 10 menit lalu bilas dengan air dingin. Lakukan ini sebanyak 2 kali sehari. 

8. Oatmeal 

Tips Menghilangkan Jerawat Punggung

Oatmeal selain menjadi menu makanan bisa dimanfaatkan sebagai pembersih alami kulit. Tidak heran jika kamu menemukan oatmeal di dalam masker wajah.

Oatmeal berfungsi membersihkan pori pori kulit dan menyerap minyak berlebih, sehingga secara tidak langsung membantu mengobati jerawat juga. Oatmeal juga dapat mengelupaskan sel sel kulit mati dan menenangkan area kulit yang meradang.

Caranya ialah dengan mencampurkan 1 sendok makan oatmeal dengan sedikit air hingga membentuk seperti pasta yang bisa dioleskan. Kemudian basahi bagian punggung yang berjerawat dan lalu oleskan pasta dengan Gerakan melingkar. Biarkan selama 10 menit dan bilas dengan air hangat. Gunakan cara ini 1 atau 2 kali seminggu. 

Itulah bahan bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengobati jerawat punggung. Lakukan perawatan secara rutin supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *