Tips Menghilangkan Biduran Secara Alami

  • Whatsapp
Tips Menghilangkan Biduran Secara Alami
Tips Menghilangkan Biduran Secara Alami

Garisatu.comBiduran merupakan reaksi pada kulit yang ditandai dengan bentol berwarna kemerahan, dan disertai rasa gatal. Biduran atau urtikaria terkadang muncul secara tiba tiba dan dapat muncul diseluruh bagian tubuh. ukuran bentolnya pun berbeda beda pada saat biduran muncul. Berdasarkan durasi terjadinya, biduran bisa dibagi menjadi dua yakni biduran akut dan biduran kronis. Menghilangkan biduran secara alami bukanlah tidak mungkin untuk di lakukan.

Biduran yang termasuk biduran akut jika biduran muncul secara tiba tiba dan sembuh dalam hitungan hari atau sembuh dengan sendirinya. Sedangkan untuk biduran kronis, merupakan biduran yang terjadi secara berulang ulang dan berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama.  

Bacaan Lainnya

Penyebab biduran pada umumnya adalah reaksi alergi terhadap suatu benda atau zat yang mengakibatkan system imun didalam tubuh menegluarkan zat histamin. Zat histamin inilah yang kemudian menjadi penyebab timbulnya gejala biduran.

Tips Menghilangkan Biduran Secara Alami

Selain reaksi alergi, biduran juga bisa timbul akibat stress, rekasi terhadap suhu panasatau paparan sinar matahari, olahraga, infeksi, pengobatan, gigitan atau sengatan serangga, suhu dingin, hingga kondisi mendasar lainnya.

 Jika kamu melakukan pemeriksaan biduran ke dokter, dokter dapat mendiagnosis biduran melalui pemeriksaan terhadap gejala yang muncul dan pemeriksaan fisik.

Tips Menghilangkan Biduran Secara Alami

Untuk gejala yang dikeluhkan oleh pasien, dokter akan memberikan pertanyaan seperti sejak kapan gejala biduran muncul, makanan apa yang baru kamu konsumsi, aktifitas yang baru kamu lakukan, dan riwayat penyakit yang pernah kamu derita.

Untuk mendukung diagnosis, dokter juga dapat melakukan beberapa tes seperti tes alergi, tes darah, dan biopsy kulit. 

Tips Menghilangkan Biduran Secara Alami

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan secara alami jika kamu terlanjur terkena biduran:

1. Menggunakan kompres dingin 

Tips Menghilangkan Biduran Secara Alami

Meletakkan sesuatu yang dingin pada kulit dapat membantu meringankan iritasi yang terjadi. Gunakan handuk untuk membungkus segenggam es kemudian kompres dibagian yang biduran selama 10 menit. Cara ini bisa diulangi sesuai dengan kebutuhan. 

2. Mandi menggunakan larutan anti gatal 

Tips Menghilangkan Biduran Secara Alami

Kamu bisa beberpa obat biduran yang bisa digunakan saat mandi. Produk ini digunakan untuk mengurangi sensasi gatal pada kulit. Produk yang tergolong sebagai obat biduran seperti oatmeal (khusus untuk mandi), atau bisa juga dengan menggunakan satu hingga dua genggam soda kue. 

3. Tambahkan bubuk kunyit dalam makanan 

Tips Menghilangkan Biduran Secara Alami

Bubuk kunyit dapat meringankan radang dan membantu dalam menyembuhkan luka. Kamu bisa menambahkan bubuk kunyit kedalam makanan mu untuk mendapatkan manfaat itu dalam proses menghilangkan biduran di tubuh kamu. Namun jangan terlalu banyak karena bisa menyebabkan ,mual dan pusing. 

4. Gunakan pelembab dengan kandungan lidah buaya 

Tips Menghilangkan Biduran Secara Alami

Lidah buaya bisa menenangkan kulit dan mengurangi sensasi gatal akibat biduran. Lidah buaya juga memiliki kandungan vitamin e yang dibutuhkan untuk menutrisi kulit supaya tetap sehat. Yakni dipercaya dapat menghilangkan biduran pada tubuh.

Tips Menghilangkan Biduran Secara Alami

5. Konsumsi suplemen 

Tips Menghilangkan Biduran Secara Alami

Suplemen seperti vitamin b12, vitamin c, dan vitamin d dapat membantu mengatasi gejala biduran, selain itu minyak ikan juga bisa membantu dalam menghilangkan biduran.

6. Hindari produk penyebab iritasi kulit 

Saat biduran tentu kulit akan terasa sangat gatal dan merah, dalam masa ini kamu harus memperhatikan produk produk yang kamu gunakan kepada kulit supaya tidak membuat kulitmu semakin iritasi.

Seperti misalnya sabun sabun tertentu dapat membuat kulit kering dan memperparah sensai gatal saat sedang biduran. Menghilangkan biduran memerlukan proses dan kesabaran.

Biduran | Tanda dan Gejala, Penyebab, Cara Mengobati, Cara Mencegah

7. Jaga suhu tubuh dan lingkungan tetap sejuk 

Suhu panas bisa menjadi penyebab biduran sehingga apabila kamu mengalami biduran, sebaiknya hindari suhu panas supaya sensasi gatal tidak bertambah parah dan lama kelamaan dapat menghilangkan biduran ditubuh kamu.

Kenakanlah pakaian yang ringan dan pastikan suhu disekitar anda tetap sejuk dan nyaman. Kamu juga disarankan untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung. 

Cara cara diatas termasuk cara yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi biduran, biduran juga biasanya hilang dalam 24 jam. Namun pada biduran berulang, penderita perlu mengonsumsi obat-obatan untuk mengatasinya, contohnya obat obatan yang bisa dikonsumsi untuk penderita biduran seperti antihistamin, kortikosteroid, agonis leukotrien, dan omalizumab.

Perlu diperhatikan pula untuk menghindari cara cara yang telah disebutkan jika kamu mengalami biduran dengan disertai rasa pusing, bengkak pada tenggorokan atau wajah, dan sulit untuk bernafas. Jika biduran tidak kunjung sembuh maka disarankan untuk berobat ke dokter segera.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *