Tips Mengecilkan Perut Buncit

  • Whatsapp
Tips Mengecilkan Perut Buncit
Tips Mengecilkan Perut Buncit

Garisatu.com – Siapa yang memiliki perut yang buncit ? Perut buncit memang sangat mengganggu untuk kita. Apalagi bagi kaum hawa. Perut buncit dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri.

Tips Mengecilkan Perut Buncit

Selain itu, perut buncit juga membuat kita kesusahan mengenakan baju. Cara mengatasi perut buncit memang cukup menantang. Karena membutuhkan komitmen dan konsistensi supaya mendapatkan hasil yang kita mau.

Bacaan Lainnya

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu dilakukan untuk membantu mengecilkan perut yang buncit. 

1. Atasi sembelit

Tips Mengecilkan Perut Buncit

Jangan biarkan sembelit mengjadi penghambat untuk mendapatkan perut yang rata. Tentu sembelit menjadi salah satu faktor perut buncit. Kotoran yang menumpuk di dalam pencernaan tanpa dibuang selain dapat menyebabkan penyakit, juga membuat perut terasa lebih buncit. Pahami penyebab kamu sembelit dan atasi. Kamu bisa memperbanyak konsumsi buah dan sayur, atau meminum minuman detox yang aman dan terpercaya. Atau kamu juga dapat membuat detox juice versi kamu sendiri loh. 

2. Makan lebih lambat

Tips Mengecilkan Perut Buncit

Tips yang satu ini memang terkesan aneh. Namun, tanpa kamu sadari, disaat kamu mengunyah dan menelan makanan terlalu cepat, makanan tidak akan tercacah dengan baik sehingga membuatmu menelan lebih banyak udara dan menyebabkan perut kembung. Usahakan untuk makan perlahan sambil menikmati makananmu. Kunyahlah makanan hingga menjadi bubur agar pencernaan juga lebih lancar.

3. Hindari minuman bersoda dan alkohol

Tips Mengecilkan Perut Buncit

Minuman bersoda mengandung gas yang bisa terbawa hingga kedalam perut. Inilah yang kemudian membuat perut mu terasa kembung dan buncit. Hal yang sama juga dengan alkohol. Banyak mengonsumsi alkohol akan membuat perut buncit. Cobalah minum air dengan perasan lemon, jeruk nipis, atau mentimun.

4. Membatasi sodium

Tips Mengecilkan Perut Buncit

Makanan yang diproses biasanya memiliki kadar natrium yang tinggi dan rendah serat. Kedua hal inilah yang bisa menimbulkan rasa kembung di perut. Untuk berjaga-jaga, kamu bisa membaca label makanan saat hendak membeli bahan makanan olahan, kalengan, atau beku. Kamu bisa mencari label yang bertuliskan “bebas natrium” atau “rendah natrium”.

5. Latihan kardio 

Tips Mengecilkan Perut Buncit

Olahraga kardio adalah cara terbaik untuk membakar kalori dan meningkatkan kesehatan tubuh. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa olahraga ini sangat efektif untuk memperkuat bagian tengah tubuh dan mengurangi lingkar pinggang. 

Biasanya, latihan aerobik yang disarankan berupa intensitas sedang hingga tinggi selama 150-300 menit setiap minggu atau sekitar 20-40 menit per hari. Contoh olahraga yang bisa kamu coba adalah lari, jalan cepat, atau bersepeda.

Tips Mengecilkan Perut Buncit

6. Banyak konsumsi air putih 

Tips Mengecilkan Perut Buncit

Hampir 50% tubuh kita terdiri dari air. Banyak konsumsi air putih juga dapat kencegah kembung dan kelainan penyerapan cairan di tubuh. 

Selain itu, minum satu gelas air putih sebelum makan juga akan membantu kita merasa sedikit kenyang, sehingga secara tidak langsung porsi makan kita bisa dibatasi.

7. Menambah asupan protein 

Tips Mengecilkan Perut Buncit

Mengonsumsi protein akan membuat kita merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama. Selain itu, dalam sebuah penelitian kecil ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi protein berkualitas tinggi seperti susu, telur, dan daging sapi, umumnya memiliki persentase lemak perut yang lebih rendah daripada biasanya. 

8. Mengurangi asupan kalori 

Tips Mengecilkan Perut Buncit

Tidak hanya untuk yang menjalani program diet saja, untuk kamu yang ingin mengecilkan perut buncit juga harus memperhatikan asupan kalori yang masuk kedalam tubuhmu. Mengurangi asupan kalori harian bertujuan supaya berat badan yang berlebih (umumnya menjadi salah satu penyebab perut buncit) bisa dipangkas, begitu juga dengan ukuran perut.

Meski begitu, bukan berarti Anda harus mengurangi asupan kalori secara drastis. Sebab jika terlalu sedikit kalori yang masuk, maka metabolisme tubuh seperti penyerapan cairan, pembakaran lemak, maupun penyerapan nutrisi pun akan ikut melambat.

9. Mengurangi karbohidrat

Tips Mengecilkan Perut Buncit

Karbohidrat memang dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi. Namun untuk menjaga perut tetap rata, sebaiknya pilih karbohidrat kompleks seperti gandum utuh dan menghindari makan karbohidrat sederhana seperti nasi putih, roti tawar biasa, atau pasta.

Sebab, sebagian besar karbohidrat sederhana akan diubah menjadi glukosa atau gula. Jika Anda mengonsumsi gula lebih dari yang seharusnya, maka kelebihan gula tersebut akan disimpan oleh tubuh sebagai lemak.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *