Tips Mengatasi Nyeri Haid

  • Whatsapp
Tips Mengatasi Nyeri Haid
Tips Mengatasi Nyeri Haid

Garisatu.com – PMS merupakan masa yang akan dialami oleh hampir semua wanita. Gejala yang dirasakan saat datang bulan ini pun berbeda beda pada setiap orang.

Mulai dari perubahan mood, sakit pinggang, sakit kepala, nyeri haid, dan lain sebagainya. Nyeri haid merupakan salah satu gejala yang umum dirasakan. 

Bacaan Lainnya
Tips Mengatasi Nyeri Haid

Pada dasarnya, nyeri haid terjadi karena kontraksi otot rahim karena melepaskan maupun mengeluarkan lapisan dalam dinding rahim. Nah, kontraksi inilah yang membuat terjepitnya pembuluh darah sehingga mengakibatkan kurangnya pasokan oksigen ke rahim yang dapat menimbulkan rasa nyeri. Selain tidak nyaman, nyeri haid dapat mengganggu aktifitas kita. 

Tips Mengatasi Nyeri Haid

Tips Mengatasi Nyeri Haid

Nyeri haid memang dapat diatasi dengan mengonsumsi obat yang beredar di pasaran. Namun, perlu diperhatikan efek samping dari obat yang kita konsumsi. 

Berikut akan kita bahas beberapa cara alami yang dapat dilakukan supaya mengurangi dan mengatasi nyeri yang dirasakan saat haid. 

1. Hindari kafein

Tips Mengatasi Nyeri Haid

Mengatasi nyeri haid dengan menghindari kafein. Kafein ternyata dapat mempersempit pembuluh darah, sehingga bisa menyempitkan rahim yang bisa membuat nyeri haid semakin parah. Oleh sebab itu, menghindari kafein menjadi solusi terbaik untuk menghindari kafein. Namun jika kalian benar-benar ingin minum kopi, kalian dapat beralih ke kopi tanpa kafein selama haid.

2. Olahraga

Tips Mengatasi Nyeri Haid

Tentu pada saat haid, kita akan malas bergerak dan ingin berada dikasur selama satu harian. Namun, olahraga ringan seperti yoga selama 15 menit dapat membantu meregangkan otot perut yang tegang. Selain itu, tubuh juga akan melepaskan endorfin yang dapat menjadi pereda rasa sakit alami bagi tubuh.

3. Teh 

Tips Mengatasi Nyeri Haid

Teh hangat jahe atau chamomile cocok dikonsumsi saat haid. Jahe menjadi bahan alami yang efektif dalam mengurangi peradangan dan rasa sakit, sehingga bisa kalian gunakan sebagai cara mengatasi nyeri haid dengan cepat.

Selain itu, teh chamomile juga dapat membantu mengurangi kejang otot, terutama saat otot perut kalian kejang sehingga menjadi kram. Hal ini lantaran teh chamomile memiliki kandungan senyawa yang berperan sebagai anti inflamasi.

Nah, anti inflamasi inilah yang membantu mengurangi produksi prostaglandin penyebab nyeri haid.

4. Air kelapa murni 

Tips Mengatasi Nyeri Haid

Air kelapa murni merupakan salah satu minuman yang tinggi elektrolit serta rendah kalori dan gula. Kadar kalium tinggi dalam air kelapa juga dapat membantu mengatur fungsi otot yang kram akibat nyeri haid.

5. Kompres air hangat 

Tips Mengatasi Nyeri Haid

Kalian juga dapat mengompres bagian perut yang nyeri dengan air hangat. Atau kalian dapat membeli heat pack yang beredar dipasaran dan mampu mengurangi nyeri haid. 

Itulah cara cara alami yang dapat dilakukan untuk mengurangi nyeri haid. Semoga bermanfaat. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *