Tips Mencuci Brush dan Sponge Make Up

  • Whatsapp
Tips Mencuci Brush dan Sponge Make Up
Tips Mencuci Brush dan Sponge Make Up

Garisatu.com – Bagi kamu yang suka make up tentunya pasti punya sederet brush make up atau pun sponge. Keduanya banyak digunakan untuk membantu mengaplikasikan make up kewajah kita supaya terlihat lebih flawless dibandingkan jika menggunakan tangan. Hal yang paling penting yang harus kamu perhatikan dari brush dan sponge ini ialah untuk rutin mencucinya. Tahukah kamu jika kamu tidak rutin mencuci brush, maka bakteri buisa berkembang biak di dalam brush atau sponge tersebut yang menyumbat pori pori dan membuat tumbuhnya jerawat.

Selain itu, blush on atau bekas cairan foundation yang menempel dan menumpuk di brush juga bisa membuat brush kamu rusak. Nah, yuk simak cara nmembersihkan brush dan sponge dibawah ini:

Bacaan Lainnya

1. Untuk membersihkan brush, pertama kamu basahkan terlebih dulu kuas di air hangat

2. Kemudian kamu bisa menggunakan brush cleanser, atau sabun dan sampo. Kamu direkomendasikan untuk menggunakan sampo bayi karena kandungannya yang lembut. Untuk menjaga supaya brush tetap lembut dan halus, kamu bisa mencampurkan sedikit minyak zaitun dengan sampo, dan pastikan untuk membersihkan minyak dan sampo hingga benar benar bersih

3. Taruh sampo atau cleanser ke wadah seperi piring, atau bisa menggunakan telapak tangan kamu, kemudian cuci brush dengan Gerakan memutar di bagian bulunya, lalu bilas dan celupkan Kembali ke wadah yang berisi air, hingga make up yang menempel benar benar bersih. Kamu tidak perlu mencelupkan seluruh bagian bulu nya, hindari bagian akar bulu terkena air supaya tidak melonggarkan lem yang ada. 

Tips Mencuci Brush dan Sponge Make Up

4. Jika ada make up yang menempel di bagian tengah brush yang sulit di jangkau, sebaiknya jangan menggosoknya, namun gunakan sisir untuk menghilangkan kotoran makeup secara perlahan supaya tidak merusak bentuk brush itu. 

5. Kamu bisa memeras dengan lembut bagian bulu pada brush menggunakan jari jari tangan untuk menghilangkan sisa air yang berlebih. 

6. Kemudian kamu harus membentuk bulu brush seperti keadaan semula 

Tips Mencuci Brush dan Sponge Make Up

7. Lalu bungkus bagian bulu brush dengan menggunakan handuk, sebisa mungkin menggunakan handuk yang cepat menyerap air supaya brush kamu bisa cepat kering. Dan pastikan tetap ada aliran udara yang mengalir untuk tetap menjaga bulu brush tetap kencang dan berbentuk. 

8. Kamu tidak membiarkan brush terbungkus di dalam handuk hingga kering begitu saja, namun setelah mengeringkan sisa sisa air dengan handuk, kamu perlu mengeringkan brush secara keseluruhan dengan menggantungkannya di posisi bulu di bagian bawah, supaya air dapat benar benar mengalir kebawah dan tidak meresap kedalam brush. Kamu bisa membiarkan bursh mongering untuk beberapa jam atau bahkan semalaman.

9. Jika brush sudah kering, kamu cukup menggerakkan bulu brush diatas tangan anda secara lembut supaya brush tidak kaku. 

Tips Mencuci Brush dan Sponge Make Up

Tips Mencuci Brush dan Sponge Make Up

Itu merupakan cara untuk membersihkan make up brush, jika kamu memiliki make up sponge, simak cara dibawah ini untuk membersihkannya:

1. Basahkan sponge di air, kemudian peras hingga sponge menjadi lembab

2. Kemudian tuang sampo atau sabun pada sponge, ratakan hingga sabun atau sampo meresap pada sponge 

3. Kotoran make up akan luntur dengan sendirinya Ketika kamu menggunakan sampo, kamu hanya perlu mengulangi Langkah langkahnya hingga sponge benar benar bersih dan tidak ada kotoran 

4. Setelah sponge benar benar bersih, peras sponge di handuk, pastikan juga handuk yang menyerap air dengan cepat 

5. Keringkan dengan cara menaruh sponge di atas handuk, dan jangan gunakan sponge sebelum benar benar kering. 

Tips Mencuci Brush dan Sponge Make Up

Itu lah Langkah langkah untuk membersihkan make up sponge dan make up brush kamu. pastikan untuk mencuci brush atau pun sponge setidaknya seminggu sekali untuk menjaga bulu brush tetap awet dan memperpanjang umur brush.

Jika tidak dicuci, sponge juga bisa menyerap bakteri dan juga sel kulit mati yang tentunya menimbulkan masalah kulit yang tidak diinginkan. 

Kamu bisa menyimpan brush atau sponge di wadah terpisah supaya baik sponge dan brush tetap mendapatkan aliran udara dan tidak menjadi tempat perkembang biakan bakteri.

Make up brush bisa disimpan didalam tas brush atau toples, atau wadah lainnya yang bisa kamu jadikan sebagai tempat penyimpanan brush.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *