Tips Menabung Untuk Pemula

  • Whatsapp
Tips Menabung Untuk Pemula
Tips Menabung Untuk Pemula

Garisatu.com – Menabunglah sejak dini. Menabung merupakan salah satu hal yang cukup penting dalam kehidupan kita. Biasakan menabung supaya setidaknya kalian mempunyai pegangan di masa depan.

Tips Menabung Untuk Pemula

Namun, masih banyak yang mengalami kesulitan dalam menabung ini. Bagi yang bersekolah, kalian bisa mulai dari menyisihkan sebagian uang jajan kalian. Sedangkan bagi kalian yang sudah bekerja, sebaiknya atur dengan baik pengeluaran kamu.

Bacaan Lainnya

Tips Menabung Untuk Pemula

Berikut kita akan simak tips menabung untuk mengendalikan pengeluaran kamu. 

1. Pembagian uang 

Tips Menabung Untuk Pemula

Tips menabung pertama ialah melakukan pembagian uang. Tentu banyak pengeluaran yang harus dilakukan. Namun, sebelum memilih untuk membelanjakan gajimu pada awal bulan, sebaiknya tahan dirimu dan lakukan perhitungan.

Buat prioritas dalam keuanganmu, seperti dana yang harus diberikan kepada orang tua, tagihan listrik, biaya kebutuhan hidup seperti makan, atau tempat tinggal. Setelah itu, sisihkan sebagian untuk ditabung. Jangan belanjakan semuanya. 

2. Gaya hidup 

Tips Menabung Untuk Pemula

Tips menabung kedua adalah kontrol gaya hidup kamu. Gaya hidup cukup penting kita perhatikan. Apabila pendapatanmu tergolong standard, jangan paksakan dirimu untuk terlihat mewah didepan orang lain.

Daripada membuang uang membeli barang mewah hanya untuk terlihat wow, lebih baik kamu simpan atau investasikan uangmu. Investasimu akan sangat membantu di masa depan nanti. 

3. Disiplin 

Tips Menabung Untuk Pemula

Kamu harus disiplin dalam menata keuangan. Jangan kerap mengambil uang dari tabunganmu karena tanpa kamu sadari, bukannya menabung kamu malah semakin boros. Prioritaskan kebutuhan dan keinginan. Beli apa yang memang kamu butuhkan.

Tidak ada salah nya untuk sekali kali memanjakan dirimu dengan membeli pakaian favoritmu. Namun, harus tetap diimbangi dengan pengeluaranmu yang lain ya! 

4. Miliki minimal 2 rekening

Tips Menabung Untuk Pemula

Tips ini bisa digunakan bagi kalian yang susah mengontrol keuangan. Pisahkan tabungan kalian di rekening lain dan kalian bisa memilih untuk menyimpan kartu tersebut didalam rumah saja. Supaya tidak ‘kebablasan’ menggunakan uang di tabunganmu. 

5. Menabung 20.000

Tips Menabung Untuk Pemula

Teknik menabung ini dipopulerkan oleh seorang motivator bernama Ippho Santosa. Dalam teknik ini, anda siapkan satu celengan dan menabung setiap kali anda menemukan uang nominal 20.000 rupiah.

Misalkan anda mendapat kembalian dari pedagang sebanyak dua lembar 20.000 rupiah, maka dua lembar uang tersebut harus kamu tabung. Bayangkan dalam satu hari kamu memiliki dua lembar uang 20.000, maka dalam 30 hari tabunganmu akan sebesar 1.200.000 rupiah loh!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *