Tips Memilih Pelembab Yang Baik Bagi Kulit Kering

  • Whatsapp
Tips Memilih Pelembab Yang Baik Bagi Kulit Kering
Tips Memilih Pelembab Yang Baik Bagi Kulit Kering

Garisatu.com – Pelembab yang baik untuk wajah merupakan salah satu produk wajib dalam rangkaian produk perawatan kulit wajah kamu. pasalnya, semua jenis kulit tetap memerlukan pelembab. Hal ini yang banyak di salah pahamkan oleh sebagian orang. Mereka berfikir bahwa memiliki kulit yang berminyak tidak perlu memerlukan pelembab lagi. Pada dasarnya, pelembab wajah dapat menahan air pada lapisan terluar kulit, sehingga menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik.

Kebanyakan pelembab ialah lotion yang berbahan dasar air, krim, gel, bahkan berbentuk serum yang sekaligus bisa menutrisi kulit. Kamu harus memilih pelembab dengan tekstur dan kandungan yang cocok dengan kondisi kulit kamu sehingga pelembab bisa bekerja secara optimal. berikut ini kita akan membagikan tips dalam memilih pelembab bagi pemilik kulit kering (dry skin).

Bacaan Lainnya
Tips Memilih Pelembab Yang Baik Bagi Kulit Kering

Banyak yang berpikir bahwa pelembab memang diciptakan untuk melembabkan kulit, sehingga pemilik kulit kering bisa menggunakan segala jenis pelembab, tetapi sebenarnya, pelembab untuk kulit kering berbeda dengan pelembab biasa.

Tips Memilih Pelembab Yang Baik Bagi Kulit Kering

Tipe kulit kering biasanya cenderung mudah gatal, tampak bersisik, dan juga kasar. Jenis kulit sepreti ini sangat membutuhkan penggunaan pelembab secara rutin untuk menjaga kulit tteap terhidrasi dengan baik. Jika tidak, dikhawatirkan kondisi kulit yang kering terus terusan bisa menyebabkan kulit iritasi atau bahkan mengalami masalah kulit yang lebih berat.

1.         Gunakan pelembab tanpa pewangi dan pewarna

Tips Memilih Pelembab Yang Baik Bagi Kulit Kering

Sebagian produk pelembab pelembab yang baik untuk kulit memiliki kandungan parfum atau pewangi dan pewarna. Bahan bahan seperti ini tidak disarankan untuk kamu yang memiliki kulit kering.

Hal ini dikarenakan kedua bahan ini bisa menyebabkan iritasi kulit. Saat hendak memilih pelembab yang baik untuk kulit, pilihlah produk yang berlabel khusus “alcohol free”, “bebas pewangi”, atau berlabel “hypoallergenic” yang berarti produk ini tidak membuat kamu alergi.

Tips Memilih Pelembab Yang Baik Bagi Kulit Kering

2.         Gunakan pelembab dalam bentuk krim

Tips Memilih Pelembab Yang Baik Bagi Kulit Kering

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pelembab pelembab yang baik hadir dalam beberapa bentuk, mulai dari air, krim, gel, dan juga serum. Sebaiknya bagi pemilik kulit kering memilih pelembab dengan tekstur krim atau lotion. Kedua nya sekilas tampak serupa namun tetap memiliki perbedaan.

Pelembab pelembab yang baik memiliki tekstur krim memiliki konsistensiyang cenderung lebih berminyak, sedangkan lotion memiliki lebih banyak campuran air dan pewangi. Jika digunakan pada kulit kering, lotion cenderung menyebabkan iritasi.

3.         Perhatikan kandungan pelembab

Tips Memilih Pelembab Yang Baik Bagi Kulit Kering

Membaca label komposisi tidak hanya berlaku pada produk makanan saja, namun juga produk kecantikan. Sebab produk itu akan kita gunakan pada kulit kita.

Jika produk tersebut memiliki kandungan berbahaya, secara tidak langsung bisa membahayakan kulit kita juga. Beberapa bahan yang disarankan untuk pemilik kulit kering ialah seperti urea, lanolin, asam hialuronat, ceramides, gliserin, dan dimethicone.

Kamu juga bisa memilih pelembab yang baik dengan memastikan adanya mengandung minyak seperti minyak kedelai, minyak kelapa, minyak zaitun, dan juga minyak mineral.

4.         Gunakan petroleum jelly

Tips Memilih Pelembab Yang Baik Bagi Kulit Kering

Petroleum jelly atau petrolatum adalah campuran setengah padat hidrokarbon. Petrolatum sendiri terbagi menjadi alami, buatan, turunan dan sintetis. Petrolatum alami diperoleh dari pemurnian minyak tanah atau petroleum untuk menghilangkan bau dan mengubah warna.

Menggunakan pelembab yang memiliki kandungan petroleum jelly bisa menahan kandungan air pada permukaan kulit supaya tidak mudah emnguap dan lebih baik dalam mencegah kulit kering. Pelembab dengan kandungan petroleum jelly pun banyak tersedia dalam bentuk krim dan biasanya digunakan bagi kulit yang sangat kering. Petroleum jelly juga bisa digunakan untuk mengatasi bagian tubuh lain yang kering seperti bibir dan kaki atau tumit.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu disarankan untuk menggunakan pelembab sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari. Salah satu tips dalam menggunakan pelembab ialah gunakan pelembab saat setelah mandi Ketika kulit masih setengah lembab. Kemudian, tunggu beberapa saat hingga pelembab meresap pada kulit dan baru gunakan pakaian.

Kamu juga bisa melakukan berbagai perawatan untuk merawat kulit keringmu, seperti menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 15, menghidnari mandi yang terlalu lama, karena hal ini bisa membuat kulit semakin kering, memilih sabun mandi yang diformulasikan utnuk kulit kering atau sabun yang bisa melembabkan kulit, cukupi asupan air putih setiap harinya, dan gunakan pelembab udara atau humidifier terutama jika ruanganmu menggunakan AC.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *