Tips Makan Sehat, Terapkan 4J

  • Whatsapp
Tips Makan Sehat, Terapkan 4J
Tips Makan Sehat, Terapkan 4J

Garisatu.com – Kunci makan sehat untuk menghindari perut buncit dan berbagai penyakit sebenarnya bisa diterapkan dengan mudah. Namun banyak orang yang salah dengan beranggapan bahwa makan sehat atau pola hidup sehat berarti harus menerapkan diet ketat atau membatasi jenis makanan yang dikonsumsi dengan ketat, salah satunya seperti menghindari makanan lezat kesukaan untuk mendapatkan badan langsing dan sehat.

Padahal, tujuan dari makan sehat ialah supaya tubuh bisa tetap bugar dan nyaman serta memiliki lebih banyak energi untuk menjalankan berbagai aktifitas sehari hari.

Bacaan Lainnya

Pada kenyataannya, jika menyantap makanan kaya nutrisi dengan benar dan seimbang, seseorang kemungkinan besar tidak perlu menjalankan diet untuk menghindari perut buncit maupun untuk menambah berat badan.

Sebab badan kita otomatis akan menyesuaikan diri pada berat yang paling ideal, semua ini bisa dicapai dengan memahami jenis jenis makanan sehat dan cara mengonsumsinya dengan tepat.

Menurut Dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK dkk. dalam buku mereka Smart Eating: 1.000 Jurus Makan Pintar & Hidup Bugar (2013), makanan sehat merupakan makanan yang kaya nutrisi, yakni mengandung zat gizi makro (karbohidrat, protein, dan lemak sehat) serta zat gizi mikro (vitamin dan mineral), tetapi tidak terlalu padat kalori alias tidak melebihi kebutuhan tubuh akan kalori harian.

Tips Makan Sehat, Terapkan 4J

Apabila tidak mendapatkan makanan kaya nutrisi dalam pola makan harian, seseorang akhirnya sangat mungkin tidak akan mendapatkan zat gizi yang cukup untuk tubuh.

Padahal kecukupan gizi ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti menghindarkan berbagai resiko penyakit, mengoptimalkan energi, mempertajam memori, menstabilkan suasana hati, termasuk juga menjaga supaya berat badan tetap ideal.

Didalam bukunya, Dr. Samuel Oetoro memberikan kisi kisi mengenai empat kunci untuk makan sehat. Untuk makan sehat tersebut, terdapat empat “J” yang dapat diaplikasikan oleh siapa saja dalam keseharian.

Empat “J” tersebut ialah:

1.         Jumlah

Tips Makan Sehat, Terapkan 4J

Jumlah makanan yang kita konsumsi tentu saja harus diperhatikan. Hal ini harus sesuai dengan kebutuhan tubuh, tidak boleh lebih dan tidak boleh kurang.

Bagi seseorang yang memiliki berat badan berlebih dan ingin mengurangi porsi makan, caranya ialah dengan mengurangi ¼ porsi dari kebiasaan makan sebelumnya.

Sementara itu, apabila anda berniat untuk menambah berat badan, maka tambahkan sebanyak ¼ porsi dari kebiasaan makan sebelumnya. Ini merupakan prinsip dasar untuk menurunkan maupun menaikkan berat badan.

Tips Makan Sehat, Terapkan 4J

2.         Jadwal

Tips Makan Sehat, Terapkan 4J

Jadwal makan juga sebisanya harus teratur, yakni pada umumnya ialah tiga kali makan besar atau makan berat, kecuali pada kondisi tertentu.

Sedangkan bagi penderita diabetes, jadwal makan bisa ditambah menjadi 5 sampai 6 kali dalam satu hari dengan porsi yang sudah ditentukan.

Dan jika kamu membutuhkan selingan, utamakan untuk memilih cemilan yang sehat.

Berdasarkan penelitian, waktu makan terbaik pada pagi hari ialah pukul 6 hingga pukul 09.45. Sebaiknya jangan menunda makan pagi hingga lebih dari pukul 10.

Sebab, hal itu bisa mempengaruhi waktu makan siang dan kondisi pencernaan.

Dan waktu terbaik untuk makan siang ialah pukul 12.45 atau sekitar 4 jam setelah sarapan. Anda makan pagi di jam 9, maka Anda bisa menunda makan siang hingga pukul 1.

Jangan menunda makan siang hingga pukul 4 sore. Sebab, hal itu bisa membuat lemas dan mengurangi konsentrasi saat bekerja.

Waktu makan di malam hari lebih sempit dari kedua waktu makan lainnya. Di mana waktu terbaik untuk makan malam adalah pukul 6 sore hingga 8 malam, dan sebaiknya tidak makan di atas pukul 8.

Pastikan terdapat jeda 3 jam di antara waktu makan malam dan waktu tidur. Porsi makan malam juga sebaiknya tidak sebanyak saranpan atau makan siang. Anda bisa memilih menu makan malam dengan porsi yang lebih kecil.

3.         Jenis

Tips Makan Sehat, Terapkan 4J

Jenis atau menu makanan yang dikonsumsi senantiasa harus variative serta kaya nutrisi. Makanan diantaranya harus mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh yakni karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

4.         Jurus masak

Kunci makan sehat yang terakhir, yakni memerhatikan jurus memasak. Jadi tidak hanya jenis makanan yang menopang pola makan sehat Anda, tetapi dipengaruhi juga dengan cara memasak dan mengolahnya.

Jika Anda memasak makanan dengan mencampur terlalu banyak garam, penyedap rasa buatan (MSG), gula, atau bahan makanan olahan, ini akan mengurangi kadar sehat dalam makanan.

Itu dia empat J yang bisa diaplikasikan dalam keseharian untuk menerapkan makan sehat. Selamat mencoba.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *