Tips Kulit Awet Muda, Rawat Sejak Dini

  • Whatsapp
Tips Kulit Awet Muda, Rawat Sejak Dini
Tips Kulit Awet Muda, Rawat Sejak Dini

Garisatu.com – Setiap orang pasti menginginkan kulit sehat berseri alami dan terlihat awet muda. Sehingga melakukan rangkaian perawatan supaya kulit dapat tetap awet muda.

Tips Kulit Awet Muda, Rawat Sejak Dini

Kebanyakan orang berfikir untuk mendapatkan kulit awet muda harus mengeluarkan uang yang banyak. Padahal sebenarnya, tips alami dapat kalian terapkan untuk mendapatkan kulit yang awet muda.

Bacaan Lainnya

Berikut beberapa cara alami yang bisa kalian terapkan sejak dini untuk merawat kulit kamu. 

1. Perhatikan asupan makanan 

Tips Kulit Awet Muda, Rawat Sejak Dini

Makanan sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan kamu secara keseluruhan. Dan makanan memiliki pengaruh penting terhadap kesehatan kulit. Mengonsumsi makanan yang sehat akan membuat kulitmu jauh lebih sehat pula dibandingkan mengonsumsi makanan yang berminyak atau junk food. Jaga pola makan teratur dan perhatikan kebutuhan gizi seimbang. 

Tips Kulit Awet Muda, Rawat Sejak Dini

Sebaiknya hindari makanan yang mengandung lemak jenuh seperti makanan yang digoreng, jeroan, dan daging merah. Sebagai gantinya, tingkatkan konsumsi makanan seperti buah dan sayur sehingga kebutuhan vitamin, mineral hingga serat Anda dapat terpenuhi dengan baik.

2. Konsumsi omega-3 

Tips Kulit Awet Muda, Rawat Sejak Dini

Tips untuk awet muda adalah juga dengan mengonsumsi banyak omega-3. Omega-3 berperan penting dalam kesehatan jantung dan juga bagus untuk kulit. Omega-3 dapat kamu ditemukan pada salmon, walnut, berbagai biji-bijian, dan suplemen kesehatan yang dijual bebas di pasaran.

3. Hindari stress 

Tips Kulit Awet Muda, Rawat Sejak Dini

Pernah mendengar bahwa stress dapat memicu munculnya jerawat atau break out? Hal tersebut memang benar adanya. Bahagia adalah kunci awet muda. Hindari stress berlebih. Hadapi masalah dengan baik dan jangan berlarut terlalu lama dalam kesedihan. 

Kondisi stress dapat mempercepat proses penuaan dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Jika Anda sering stres, cobalah untuk mengikuti terapi relaksasi. Hal ini dapat dilakukan dengan rutin melakukan yoga atau sekadar berjalan-jalan dengan keluarga atau sahabat.

4. Hindari rokok dan alkohol 

Tips Kulit Awet Muda, Rawat Sejak Dini

Kebiasaan merokok dan minum alkohol membawa pengaruh buruk bagi kesehatan. Termasuk kulit. Rokok mengandung berbagai racun yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Sedangkan alkohol dapat menyebabkan penurunan kondisi kulit. Maka dari itu, sebaiknya Anda hindari keduanya.

5. Olahraga teratur 

Tips Kulit Awet Muda, Rawat Sejak Dini

Olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Olahraga dapat membuat tubuh terasa lebih bugar dan fit. Selain itu olahraga juga bagus dalam meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan berolahraga secara rutin dan teratur, maka dapat mengencangkan otot tubuh dan membuat Anda terlihat awet muda.

Selain itu, olahraga dapat menurunkan risiko berbagai penyakit, seperti pengeroposan tulang dan penyakit jantung. Sangat penting untuk melakukan olahraga secara rutin minimal tiga kali dalam seminggu dan dengan durasi minimal 30 menit dalam sehari.

Tips Kulit Awet Muda, Rawat Sejak Dini

6. Gunakan sunscreen

Tips Kulit Awet Muda, Rawat Sejak Dini

Tubuh kita memang membutuhkan sinar matahari untuk membantu mengubah provitamin D menjadi vitamin D yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. Maka dari itu kita disarankan untuk berjemur setiap harinya. Namun, sangat penting untuk memperhatikan waktu dan durasi ketika Anda hendak berjemur.

Tips Kulit Awet Muda, Rawat Sejak Dini

Berjemur disarankan sekitar pukul 9 pagi dengan durasi 5 hingga 15 menit. Hindari berjemur pada pukul 10.00 hingga 16.00. Karena dapat mengakibatkan kerusakan kulit dan meningkatkan risiko timbulnya kanker kulit. Untuk melindungi lulit kamu dari sinar matahari saat beraktifitas, disarankan untuk menggunakan sunscreen yang mengandung SPF 50. Sinar matahari berlebih dapat mempercepat proses penuaan. 

7. Rutin membersihkan wajah 

Tips Kulit Awet Muda, Rawat Sejak Dini

Tahap ini juga wajib kamu lakukan. Apalagi setelah seharian beraktifitas, polusi, debu, dan bakteri dapat menempel di kulit kamu, dan apabila di biarkan tanpa dibersihkan, maka dapat menghasilkan sebum yang memicu pertumbuhan jerawat.

Tidak disarankan untuk membersihkan wajah dengan gerakan yang kasar atau penekanan berlebihan. Gerakan menggosok permukaan kulit dapat menimbulkan iritasi pada kulit. Kondisi seperti ini, jika berlangsung cukup lama, dapat menyebabkan penuaan pada kulit wajah menjadi lebih cepat.

8. Gunakan pelembab 

Tips Kulit Awet Muda, Rawat Sejak Dini

Kondisi wajah yang kering dapat menimbulkan gatis atau kerutan pada wajah. Karena itu, sangat penting untuk memperhatikan tingkat kelembaban wajah dengan rutin menggunakan pelembab. Disarankan menggunakan pelembab sehabis mandi karena disaat mencuci wajah, secara tidak langsung wajah juga akan menjadi lebih kering.

Gunakan pelembap wajah yang sesuai dengan kulit Anda. Silakan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan pelembap yang sesuai.

9. Produk perawatan wajang yang tepat 

Tips Kulit Awet Muda, Rawat Sejak Dini

Untuk mendapat kulit sehat dan awet muda memang tidak mudah, kamu tetap harus menggunakan rangkaian perawatan untuk menutrisi kulit kamu. Seperti produk mencerahkan wajah, membuat wajah glowing, atau mengatasi jerawat. Kamu juga harus memperhatikan produk yang kamu gunakan. Pastikan produk kamu sudah lulus uji dan tidak mengandung kandungan berbahaya untuk kulitmu. 

Rangkaian cara tersebut merupakan tips alami yang dapat dilakukan untuk merawat kulitmu. Perlu diingat penting untuk menjaga kulit sejak dini sehingga mengurangi risiko penuaan pada kulit.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *