Tips Jogging Tidak Cepat Lelah

  • Whatsapp
Tips Jogging Tidak Cepat Lelah
Tips Jogging Tidak Cepat Lelah

Garisatu.com – Jogging atau lari laun merupakan salah satu jenis olahraga yang berlari dengan langkah perlahan atau santai. Tujuan utama dari jogging adalah untuk meningkatkan kebugaran fisik dengan tekanan yang lebih sedikit pada tubuh dibandingkan berlari lebih cepat, tetapi lebih dari berjalan, atau untuk mempertahankan kecepatan tetap untuk jangka waktu yang lebih lama. 

Jogging sudah memiliki banyak peminat sejak dulu sebab murah dan mudah serta memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, bagi orang yang jarang atau bahkan tidak pernah berlari, akan merasa cepat lelah saat berlari.

Bacaan Lainnya

Tips Jogging Tidak Cepat Lelah

Selain itu, jika dilakukan dengan tidak benar, jogging juga bisa menimbulkan resiko cedera. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa membuat kekuatan tubuh tetap terjaga saat lari:

1. Lakukan pemanasan 

Tips Jogging Tidak Cepat Lelah

Pemanasan sebelum jogging memang penting sebelum melakukan olahraga apapun. Pemanasan berguna untuk menghindari cedera atau hal hal yang tidak diinginkan saat berolahraga.

Namun banyak orang yang mengabaikan tahap pemanasan sebelum jogging yang satu ini terutama saat berlari karena banyak yang menganggap lari merupakan olahraga yang sederhana.

Padahal pemanasan sebelum berolahraga apapun dapat membantu mempersiapkan otot-otot tubuh sebelum melakukan kegiatan olahraga.

Pemanasan sebelum lari bisa dipusatkan pada  bagian otot paha bagian belakang karena bagian tersebut merupakan pusat kekuatan saat berlari, termasuk gerakan high knees dan walking lunges.

Pemanasan sebaiknya dilakukan selama 15-30 menit supaya otot kaki lebih kuat dan tidak mudah lelah saat lari.

2. Latihan kekuatan 

Tips Jogging Tidak Cepat Lelah

Jika kamu ingin rutin berolahraga lari, sebaiknya kamu latih kekuatan otot supaya membantu memperpanjang durasi lari. Saat berlari, tubuh tidak hanya membutuhkan otot kaki saja tetapi juga membutuhkan otot-otot lain termasuk otot perut, pinggul dan punggung sama pentingnya untuk mendukung kemampuan tubuh saat berlari.

Anda bisa melakukan latihan otot perut dengan melakukan gerakan seperti butterfly twist dan melatih otot pinggul dengan berlatih gerakan stability ball hip extension yang menggunakan bantuan bola pilates.

Sementara itu, kamu bisa melatih otot punggung dengan gerakan plank exercise. Anda bisa melakukan berbagai macam latihan tersebut setiap hari atau minimal dua kali seminggu dengan durasi 15-20 menit untuk melatih kekuatan fisik.

3. Atur pernapasan 

Tips Jogging Tidak Cepat Lelah

Pernapasan merupakan masalah yang juga menyebabkan tubuh mudah lelah saat berlari karena pengaturan nafas yang kurang baik. Usahakan untuk menyelaraskan nafas kamu dengan langkah kaki.

Pengaturan nafas yang baik bisa membuat lari lebih cepat dan efisien. Anda bisa menggunakan teknik satu tarikan nafas untuk dua langkah kaki dan satu hembusan nafas untuk dua langkah kaki.

Sama halnya dengan otot, pernafasan pun bisa dilatih, Anda bisa melakukan latihan dengan cara menarik nafas sedalam-dalamnya kemudian tahan selama 8-10 detik lalu hembuskan secara perlahan. Lakukan latihan ini secara berkala setiap hari agar pernapasan Anda menjadi lebih lancar.

4. Lari dengan langkah kecil 

Tips Jogging Tidak Cepat Lelah

Banyak orang yang salah kaprah bahwa mengambil langkah panjang dan besar saat lari akan membuat lari menjadi lebih cepat dalam mencapai garis finish. 

Padahal lari dengan cara seperti itu justru bisa meningkatkan risiko cedera dan membuat kamu menjadi lebih mudah lelah. Lari yang benar adalah dengan menggunakan langkah kecil. Bahkan lari dengan langkah kecil bisa menambah kecepatan lari.

Sebuah penelitian di Jepang membuktikan bahwa lari dengan langkah pendek membutuhkan tenaga yang lebih sedikit, sehingga lari bisa lebih efisien dan tidak mudah lelah.

Selain itu, penelitian itu juga menyatakan resiko cedera saat lari bisa ditekan hingga 18 persen jika berlari menggunakan langkah kecil.

Tips Jogging Tidak Cepat Lelah

5. Ubah kecepatan lari 

Tips Jogging Tidak Cepat Lelah

Salah satu alasan yang membuat seorang pelari mudah lelah adalah berlari dengan kecepatan tinggi sejak awal mulai berlari. Jika Anda melakukan lari jarak pendek mungkin hal tersebut benar.

Namun jika ingin berlari jarak jauh, hal tersebut hanya akan membuat Anda kelelahan di tengah perjalanan saat berlari. Berlari dengan kecepatan tinggi akan membuat oksigen dalam tubuh menjadi lebih cepat habis dan kadar laktat dalam darah meningkat sehingga tenaga akan lebih cepat terkuras.

Awali lari dengan kecepatan rendah terlebih dahulu dan secara perlahan jika ingin berlari lebih cepat Anda bisa meningkatkan kecepatan setiap 5 atau 10 menit sekali untuk mempersiapkan tubuh bergerak lebih aktif secara bertahap. Jangan lupa juga untuk melakukan pendinginan setelah kamu selesai berlari.

Itulah beberapa tips untuk berlari supaya tidak mudah lelah. Selain faktor fisik, ada pula beberapa faktor yang bisa dilakukan supaya membuat kamu terhibur saat berlari dan membuat lari kamu lebih seru, seperti mengajak teman untuk berlari bersama, berlari sambil mendengarkan musik, ataupun memilih rute lari yang di tempat yang disuka seperti pemandangan yang indah disekitar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *