Tips Investasi Saham Bagi Pemula

  • Whatsapp
Tips Investasi Saham Bagi Pemula
Tips Investasi Saham Bagi Pemula

Garisatu.com – Saham merupakan slah satu jenis investasi yang cukup popular dikalangan investor. Dilansir dari situs Bursa Efek Indonesia (BEI), saham dapat diartikan sebagai tanda penyertaan modal sesorang atau pihak (badan usaha) dalam suatu perusahaan atau perseoran terbatas.

Tips Investasi Saham Bagi Pemula

Dengan menyertakan modal tersebut, maka pihak itu berhak memiliki klaim atas pendapatan perusahaan, klaim atas asset perusahaan, dan berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Bacaan Lainnya

Tips Investasi Saham Bagi Pemula

Investasi saham juga merupakan investasi dengan keuntungan terbaik, namun kamu tentu harus memahami bagaimana cara berinvestasi saham dan system dalam berinvestasi saham, supaya kamu tidak asal berinvestasi dan malah membuat kerugian yang tidak diinginkan, terutama bagi pemula.

Berikut ini kita akan mengupas tips dalam berinvestasi saham yang bisa kamu pahami.  

1. Keuntungan saham 

Investasi saham bertujuan untuk mendapatkan keuntungan bagi pemilik atau pembeli saham itu. Kamu bisa mendapatkan keuntungan dari saham berupa 2 jenis, yakni dividen dan capital gain.

Nah, apa beda keudanya? dividen merupakan pembagian dari perusahaan yang berasal dari keuntungan yang dihasilkan oleh perusahaan itu. Sedangkan capital gain adalah selisih antara harga beli dan harga jual. Capital gain terbentuk apabila adanya aktivitas perdagangan saham di pasar sekunder.

Sebagai indicator jual beli saham, kamu bisa melihat harga saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Kamu bisa mendapatkan informasi harga saham secara real time di bursa saham. 

2. Mengintip reksadana 

Tips Investasi Saham Bagi Pemula

Jika kamu merupakan pemula dalam investasi saham, salah satu cara paling mudah ialah dengan mengintip saham yang dipegang oleh Manajer Investasi yang mengelola reksadana saham.

Manajer investasi wajib menyampaikan portfolio Top 10 Saham yang dipegang di Reksadana Saham. Anda bisa melihat daftar Top 10 saham tersebut di laporan bulanan Reksadana Saham. Di situs manajer investasi atau agen penjual reksadana online, Anda pilih dahulu Reksadana saham yang ingin Anda lihat koleksi sahamnya.

Lalu, anda bisa melihat Top 10 Holdings sahamdari reksadana tersebut di bagian statistik atau kinerja bulanan.Pilihan saham untuk pemula bisa menggunakan saham – saham yang diiinvestasikan oleh Reksadana Saham.

Tips Investasi Saham Bagi Pemula

3. Saham blue chip 

Saham blue chip merupakan salah satu pilihan saham untuk pemula dalam belajar saham. Saham blue chip adalah saham yang berasal dari perusahaan terbaik yang dijual di bursa.

Karena berasal dari perusahaan terbaik, jenis saham ini dianggap paling aman dan menjanjikan stabilitas keuntungan.

Beberapa contoh saham blue chip di Bursa Efek Indonesia yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan adalah sebagai berikut:

Tips Investasi Saham Bagi Pemula

1. Bank BCA (kode BBCA) bank BCA merupakan bank terbaik di Indonesia dengan jaringan ATM terbesar dan jutaan jumlah nasabah serta yang paling penting, dapat menghasilkan profit besar bagi pemegang saham. 

2. Unilever Indonesia (kode UNVR) unilever juga merupakan salah satu perusahaan consumer goods terbaik di Indonesia yang menyediakan berbagai brand produk rumah tangga Indonesia yang sudah tidak asing di masyarakat. Kinerja keuangan UNVR juga merupakan salah satu yang terbaik di bursa dengan kemampuan mencetak laba secara konsisten. 

3. Bank BRI (kode BBRI). Bank BRI adalah bank dengan laba terbesar di Indonesia. Usia perusahaan yang lebih dari 100 tahun, Bank BRI mempunyai kemampuan dan pengalaman di bidang kredit mikro dan UMKM, yang bisa dikatakan tanpa pesaing saat ini karena semua pesaing yang dulu pernah masuk ke sector mikro dan UMKM sekarang sudah banyak yang mundur mengakui kepiawaian dan dominasi BRI dalam sector ini. 

4. Diversifikasi saham

Diversifikasi merupakan sebuah teknik yang digunakan untuk mengurangi resiko dengan mengalokasikan antara beberapa instrumen finansial, industri dan kategori lainnya.

Sedangkan risiko sistematis (inflasi, suku bunga, dsb) merupakan risiko yang sifatnya menyeluruh dan tidak bisa dihilangkan dengan melakukan diversifikasi.

Tips Investasi Saham Bagi Pemula

Investasi saham tentu merupakan investasi dengan resiko kerugian yang tidak kecil, namun, kamu dapat meminimalisir kerugian dengan cara diversifikasi investasi. Jangan menaruh semua uang mu di saham.

Dengan adanya diversifikasi, misalnya terjadi krisis di pasar saham, anda tetap bisa bertahan dan tidak panik, sebab anda memiliki simpanan di instrumen lain yang aman dari krisis saham.

Tips Investasi Saham Bagi Pemula

Perencana keuangan menyebutkan pentingnya mempunyai Dana Darurat sebagai instrumen jaga-jaga, salah satunya, jika terjadi goncangan dalam ekonomi. Sisihkan sebagian uang Anda di Dana Darurat.

Diversifikasi memang akan menurunkan potensi return atau keuntungan di saham anda karena uang yang anda tempatkan lebih rendah, namun itulah esensi diversifikasi bahwa penempatan dana dibagi ke investasi yang return tinggi resiko tinggi serta investasi yang return rendah resiko rendah.

5. Jangka Panjang 

Tips Investasi Saham Bagi Pemula

Berinvestasi memang membutuhkan kesabaran, salah satu investasi yang membutuhkan jangka Panjang ialah investasi saham. Secara manusiawi, ambisi untuk mendapatkan keuntungan dengan cepat dan mendapatkan return tinggi memang sangat besar.

Namun, secara logika, anda berinvestasi dalam suatu bisnis, bisnis tersebut tentu membgutuhkan waktu dan proses untuk dapat berkembang yang nantinya akan menghasilkan keuntungan bagi investor.

Waktu yang diperlukan dalam mengembangkan bisnis pun tidak singkat. Sama halnya dengan investasi saham, butuh waktu agar uang anda dapat bertumbuh di saham. 

Itu merupakan beberapa tips bagi pemula yang ingin melakukan investasi saham. Ada baiknya untuk memahami investasi saham itu sendiri sebelum melakukannya. Semoga bermanfaat!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *