Tips Investasi Bagi Pemula

  • Whatsapp
Tips Investasi Bagi Pemula
Tips Investasi Bagi Pemula

Garisatu.com – Tips Investasi? Investasi merupakan suatu kegiatan menanamkan modal, baik langsung maupun tidak, dengan harapan pada waktu nanti pemilik modal bisa mendapatkan sejumlah keuntungan dari hasil penanaman modal tersebut.

Tips Investasi Bagi Pemula

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia investasi berarti penanaman uang atau modal pada suatu perusahaan atau proyek dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan. Secara umum investasi dapat diartikan sebagai meluangkan/ memanfaatkan waktu, uang atau tenaga demi keuntungan/ manfaat pada masa datang.

Bacaan Lainnya

Jadi, investasi merupakan membeli sesuatu yang diharapkan di masa yang akan datang dapat dijual kembali dengan nilai yang lebih tinggi dari semula.

Tips Investasi Bagi Pemula

Investasi merupakan salah satu hal yang bisa kamu lakukan mulai dini supaya modal yang kamu tanamkan sekarang dapat membuahkan hasil yang lebih besar di masa mendatang. Namun, masih banyak yang takut untuk berinvestasi karena menganggap resiko yang terlalu tinggi.

Investasi memang akan menimbulkan resiko, namun, anda bisa memilih jenis investasi yang terpercaya dan meminimalisir resiko kerugian. Investasi juga bisa dilakukan secara online, sehingga memudahkan kalian para pemula.

Tips Investasi Bagi Pemula

Berikut ini merupakan beberapa tips investasi untuk kamu si pemula. Mengapa?

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa investasi online direkomendasikan. 

1. Karena investasi secara online lebih mudah diakses sehingga mempermudah proses melakukan investasi tanpa perlu datang atau tatap muka. 

Tips Investasi Bagi Pemula

2. Investasi jumlah kecil. Tips investasi ini penting ini patut kamu ingat! Banyak yang berasumsi bahwa untuk berinvestasi, kamu memerlukan dana yang besar, nah apabila berinvestasi secara online, tidak sedikit platform yang memudahkan kamu untuk berinvestasi dengan modal kecil dana terbatas untuk memulai investasi.

Tips Investasi Bagi Pemula

3. Cepat. Sistem online yang dilaukan tentu akan mempercepat dan mempermudah proses investasi. Kamu dapat dengan cepat berinvestasi hanya dengan mengetik lewat hp mu. Tidak membutuhkan waktu lama dan bertele tele. 

4. Internasional. Sistem online tentu tidak membatasimu secara jarak. Kamu dapat berinvestasi hingga luar negeri dengan posisi berada di Indonesia. Investasi online melewati batas batas negara sehingga memudahkan kamu untuk masuk kedalam pasar internasional. 

Tips Investasi Bagi Pemula

5. Edukasi investasi. Bagi pemula, kalian bisa menemukan bahan edukasi yang mudah diakses, interaktif dan komprehensif di online. Dengan begitu, pemahaman kalian terkait investasi akan lebih dalam dan proses investasi bisa dilakukan dengan lebih tepat.

6. Monitoring investasi. Kalian dapat dengan mudah mengakses portofolio investasi anda kapan saja dan dimana saya. Pantauan dilakukan secara real time, cepat, dan mudah.

Tips Investasi Bagi Pemula

Supaya tidak asal menginvestasikan uang mu, lebih baik pahami dengan baik investasi apa yang ingin kamu tanamkan. Tips investasi ini bisa kamu gunakan sebagai guide kamu.

Berikut merupakan beberapa rekomendasi tips investasi online yang bisa kamu coba sebagai awal dari investasimu. 

1. Reksadana 

Tips Investasi Bagi Pemula

Tips investasi pertama adalah Reksadana. Reksadana merupakan investasi online paling mudah dan juga dikenal masyarakat banyak. Anda cukup menempatkan dana di Reksadana, selebihnya serahkan ke Manajer Investasi untuk mengelola investasi Anda.

Kehadiran Fintech membuat proses investasi Reksadana, yang sudah mudah, menjadi semakin mudah.

Dengan berinvestasi di reksadana, ada beberapa keuntungan yang dapat kamu dapatkan, seperti nominal investasi bisa dimulai dari Rp10.000 saja.

Tips Investasi Bagi Pemula

Tips investasi kedua, banyak aplikasi investasi Reksadana online ditawarkani, yang membuat akses ke investasi Reksadana terbuka lebar bagi siapa pun.

Tips investasi ketiga, platform e-commerce seperti Tokopedia dan Bukalapak juga menerima investasi Reksadana, dengan melakukan kerjasama dengan pihak agen penjual Reksadana, yang membuat investasi Reksadana menjangkau kaum milenial anak-anak muda.

Tips Investasi Bagi Pemula

2. Saham

Salah satu tokoh dunia yang hidup dari investasi saham ialah Warren Buffet. Apabila anda membaca di berbagai literatur finansial, pasti menempatkan saham sebagai instrumen investasi dengan return paling tinggi.

Investasi saham memang bisa memberi keuntungan cukup besar. Pergerakkan harga saham diukur oleh Indeks Harga Saham (IHSG). JIka Indeks harga saham naik, artinya secara rata-rata harga saham di pasar mengalami kenaikkan. Begitu pula sebaliknya.

Namun anda tidak boleh sembarang dalam berinvestasi saham. Anda harus siap untuk mengawasi naik turunnya indeks saham supaya tidak mengalami kerugian yang tidak diinginkan. Membaca tips investasi dai berbagai sumber dapat membantu kamu.

Tips Investasi Bagi Pemula

Investasi saham juga bisa dilakukan secara online. Otoritas Jasa Keuangan dan Bursa Efek Indonesia mengizinkan pembukaan rekening untuk transaksi saham secara online untuk mempersingkat waktu pembukaan rekening serta untuk meningkatkan inklusi jasa keuangan khususnya di bidang pasar modal.

Selain itu, ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan untuk berinvestasi saham online. Pertama, kamu harus memilih broker saham, atau disebut ‘Anggota Bursa’ yang merupakan member di Bursa Efek Indonesia (BEI). Beberapa broker menyediakan dummy-trade yang bisa Anda gunakan untuk mengevaluasi apakah aplikasi jual beli saham milik broker tersebut bagus atau tidak.

Tips Investasi Bagi Pemula

Kedua, kamu harus membuka rekening saham dengan tujuan untuk melakukan transaksi saham. Broker yang baik memberikan fasilitas pembukaan rekening secara online dimana Anda cukup mengisi formulir pembukaan rekening secara online dan mengirimkan dokumen tersebut setelah ditandatangani.

Ketiga, buka rekening dana nasabah. Bersamaan dengan rekening saham, kamu juga harus membuka rekening dana nasabah. Rekening saham bertujuan untuk Anda bisa melakukan jual beli saham, sedangkan rekening dana nasabah adalah rekening khusus yang dibuat di bank untuk menyimpan dana transaksi jual beli saham. Setoran modal untuk transaksi saham dan hasil penjualan saham disimpan di RDN.

Tips Investasi Bagi Pemula

3. Tabungan berjangka 

Tips Investasi Bagi Pemula

Kalian juga dapat mencoba tabungan berjangka. Berbeda dengan tabungan biasa, tabungan berjangka adalah produk perbankan yang merupakan  tabungan dengan bunga diatas bunga tabungan biasa sehingga memberikan keuntungan lebih besar.

Di salah satu bank, bunga tabungan berjangka adalah 4.25% selama satu tahun. 

Tips Investasi Bagi Pemula

Namun, bedanya tabungan berjangka dengan tabungan biasa adalah dalam tabungan berjangka terdapat komitmen untuk tidak menarik uang di tabungan dalam periode tertentu.

Jika menarik uang di tabungan berjangka sebelum masa kontrak selesai, Anda harus membayar denda penarikan ke bank. Keunggulan dari investasi ini ialah tabungan berjangka memiliki nol resiko karena merupakan produk perbankan sehingga tidak mungkin uang Anda di tabungan berjangka akan hilang.

Karena itu, tabungan berjangka sangat cocok untuk tujuan keuangan jangka pendek, misalnya, uang muka anak masuk TK atau SD yang dibutuhkan dalam hitungan bulan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *