5 Tips Dan Trik Helm Agar Tahan Lama Dan Tidak Bikin Penyakit

  • Whatsapp
Tips Dan Trik Helm Agar Tahan Lama Dan Tidak Bikin Penyakit

Garisatu.comHelm merupakan perlengkapan penting saat kita berkendara menggunakan motor atau sepeda. Ada tips dan trik untuk merawat helm nih.

Selain penting untuk menjaga keselamatan pengendara, pelindung kepala ini juga bisa melengkapi fesyen pemotor saat berada di atas kendaraan kesayangannya.

Bacaan Lainnya

Dengan fungsi dan kegunaannya tersebut, helm perlu dirawat dengan baik agar aman dan nyaman saat dikenakan.

Selain itu, helm juga ampuh untuk melidungi mata dan wajah dari berbagai macam kotoran yang ada di jalan.

Mulai dari asap knalpot, pasir dan kerikil yang terlontar dari ban kendaraan di depan, hingga berbgaai macam virus serta bakteri yang melayang di udara.

Karena sifatnya sebagai tameng, maka sudah menjadi keharusan bagi pemilik untuk melakukan perawatan pada helm yang dikenakan.

Hal itu dilakukan, agar kondisinya tetap awet dan bebas dari berbagai macam penyakit yang bisa menyerang pengguna.

Helm yang tidak mendapat perawatan akan bau dan cepat rusak. Hal tersebut bisa dialami oleh semua jenis, mulai dari yang murah hingga banderolnya jutaan rupiah.

Tips Dan Trik Merawat Helm

Hanya dengan sedikit tips dan trik ini, helm kesayanganmu bisa tetap terawat dan seperti baru terus.

Lepas semua inner padding

Tips Dan Trik Helm Agar Tahan Lama Dan Tidak Bikin Penyakit

Selalu lepaskan semua inner padding setelah dipakai berkendara khususnya jika helm lembab. Busa lapisan dalam helm yang lembab atau basah harus dilepas, baik yang berada di bagian ruang telinga kanan dan kiri, bagian depan (pada helm full face), juga bagian atas kepala.

Jemur helm

Tips Dan Trik Helm Agar Tahan Lama Dan Tidak Bikin Penyakit 3 1

Jika inner padding sudah dilepas, biarkan semua bagian helm terpapar angin dan sinar Matahari. Teduhkan bila sudah kering dan jangan terlalu lama dijemur juga.

Lap helm dengan kanebo

Tips Dan Trik Helm Agar Tahan Lama Dan Tidak Bikin Penyakit 4 1

Setelah itu, silakan mengelap permukaan helm dengan kanebo, dan untuk bagian inner padding gunakan foam khusus untuk membersihkannya.

Bersihkan visor

Tips Dan Trik Helm Agar Tahan Lama Dan Tidak Bikin Penyakit

Visor juga menjadi bagian yang sangat penting untuk dijaga kebersihannya, karena visor memiliki peran yang penting. Jika visor pada helm kita kotor maka, penglihatan juga tidak nyaman. “Segera lap visor dan bagian luar helm setelah dipakai. Jangan biarkan mengering dengan sendirinya,” kata Richard.

Jangan tinggalkan helm

Tips Dan Trik Helm Agar Tahan Lama Dan Tidak Bikin Penyakit 6 3

“Jangan pernah menggantungkan helm di motor pada saat diparkir. Saran saya, selalu bawa atau paling tidak titipkan helm di tempat penitipan helm yang tersedia di setiap tempat parkir,” pungkasnya. Helm yang digantung atau ditinggalkan di sepeda motor berpotensi jatuh dan rusak, mudah terpapar debu, atau bahkan kehujanan.

Itulah beberapa tips dan trik sederhana untuk merawat helm.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *