Tips Beradaptasi Di Tempat Kerja Baru

  • Whatsapp
Tips Beradaptasi Di Tempat Kerja Baru
Tips Beradaptasi Di Tempat Kerja Baru

Garisatu.com – Untuk mencari pekerjaan memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, apalagi didunia perindustrian dan teknologi seperti ini, banyak perusahaan yang menginginkan karyawan sarjana dan berpengalaman. Disaat sudah menemukan pekerjaan pun kita bisa saja merasa sulit beradaptasi dan tidak cocok dengan lingkungan atau sistem kerjanya. Hal ini tentu akan menjadi hambatan kita dalam mencari pekerjaan. Tetapi terkadang situasi dan kondisi membuat kita terpaksa beradaptasi dan berganti pekerjaan. Berganti pekerjaan memang sama sama memiliki sisi baik dan buruk. Terutama dalam hal beradaptasi.

Satu sisi kita bis mencoba mempelajari hal hal baru sedangkan disisi lain kita harus beradaptasi dengan lingkungan dan system kerja yang baru. Maka dari itu, kita akan membagikan tips untuk kamu yang baru saja berganti pekerjaan. 

Bacaan Lainnya

1. Fokuskan perhatian saat berkenalan 

Tips Beradaptasi Di Tempat Kerja Baru

Sebagai seorang karyawan baru tentu kamu akan diarahkan untuk melakukan perkenalan diri atau berkenalan dengan orang orang di tempat kamu bekerja.

Selain proses pengenalan dengan karyawan kamu juga akan melalui proses pengenalan dengan perusahaan seperti system kerja didalam perusahaan, struktur organisasi, cakupan aktifitas perusahaan dan sebagainya. Selama di minggu minggu awal atau bisa dibilang sebagai masa masa pengenalan inilah kamu harus memfokuskan tubuh dan pikiran.

Tips Beradaptasi Di Tempat Kerja Baru

Sebab ini merupakan moment dimana kamu mengenal sesuatu yang belum pernah kamu tahu sebelumnya, jika kamu bisa mengenal dan mengerti alur dalam tempat kamu bekerja, secara tidak langsung ini akan membantu dalam melakukan pekerjaan kamu. 

2. Tenang dan jangan panik 

Tips Beradaptasi Di Tempat Kerja Baru

Hindari panik saat kamu baru saja menginjakkan kaki dalam sebuah perusahaan. Kamu harus menempatkan dirimu supaya tidak terlalu diam namun tidak terlalu antusias juga.

Sebab sikap terlalu antusias bisa membuat kamu dinilai lebay, sedangkan jika kamu terlalu diam, orang akan susah mengenal kamu begitu juga sebaliknya.

Pada tahapan ini, sebaiknya pelajari pekerjaan pekerjaan kamu dan amati lingkungan sekitar kamu. dengan begitu kamu juga bisa mengenal satu persatu sifat rekan rekan kerja kamu. 

Tips Beradaptasi Di Tempat Kerja Baru

3. Bicara dengan volume yang sama 

Tips Beradaptasi Di Tempat Kerja Baru

Memperhatikan volume bicaramu juga perlu diperhatikan. Saat menjadi seorang karyawan baru, tentunya kamu harus memberikan image yang bak kepada rekan kerja ataupun bos kamu.

Berbicara dengan lantang namun tidak berteriak bisa memberikan kesan baik terhadap orang lain. Hindari untuk berbicara terlalu pelan supaya rekan kerja mu bisa dengan mudah menangkap apa maksud perkataanmu. 

4. Menjalin pertemanan

Tips Beradaptasi Di Tempat Kerja Baru

Bangun pertemanan dengan orang orang disekitar kamu, tanpa harus menjadi orang lain atau jadilah dirimu sendiri. Kamu tidak bisa selalu mengharapkan orang lain untuk membangun komunikasi denganmu terlebih dahulu, terkadang kamu harus membangun percakapan sehingga bisa memudahkan kamu dalam beradaptasi dengan lingkungan barumu.

Kamu bisa banyak melihat lihat berita apa yangs edang heboh, topi kapa yang sedang viral, atau perhatikan topik topik obrolan rekan kerja kamu dan cari tahu apa yang sedang menjadi perhatian mereka, dengan begitu kamu tidak akan ketinggalan berita. 

5. Bersikap sopan 

Tips Beradaptasi Di Tempat Kerja Baru

Manner yang satu ini sangat kamu butuhkan dimanapun, sebenarnya bersikap sopan tidak hanya berlaku jika kamu memasuki perusahaan baru atau lingkungan baru saja, namun ini merupakan pelajaran hidup yang mengharuskan kamu untuk menjaga sikap baik dimanapun kamu berada.

Terutama jika masuk kedalam lingkungan baru, sangat penting untuk bersikap sopan dan menghargai lingkungan sekitar kamu. berikanlah senyum yang ramah jika bertemu dengan orang dikantor meskipun kamu belum mengenalnya. Dengan begitu, orang lain juga akan merasa senang berada di dekatmu sebab kamu ‘notis’ akan kehadiran mereka. 

6. Pelajari perusahaan sedetail mungkin 

Tips Beradaptasi Di Tempat Kerja Baru

Berkerja di sebuah perusahaan tentu sudah menjadi kewajiban untuk memahami detail detail perusahaan. Terutama jika kamu memasuki perusahaan baru yang sebelumnya kamu tidak tahu menahu tentang perusahaan itu.

Mempelajari latar belakang, serta detail detail nya seperti membaca visi mis perusahaan atau budaya bekerja dalam perusahaan. Hal ini tidak hanya akan membantu kamu dalam bekerja namun juga bisa memotivasi kamu.

Kamu juga bisa mempelajari susunan susunan pimpinan perusahaan mulai dari yang tertinggi hingga manajer yang menangani kamu. 

Itulah tips untuk kamu yang sedang memasuki perusahaan baru atau baru bekerja dilingkungan baru. Untuk beradaptasi memang dibutuhkan waktu yang tidak singkat tergantung dengan setiap individu, namun selama kamu focus dengan tujuan kamu dan menyelesaikan pekerjaan kamu dengan baik. Perlahan lahan kamu juga akan terbiasa dengan lingkungan baru itu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *