Sambangi MA: Gaya Tubagus Tingkatkan Sinergisitas KY dan MA

  • Whatsapp
Gaya Tubagus Tingkatkan Sinergisitas KY dan MA

Garisatu.com – Sekretaris Jenderal Komisi Yudisial (KY) Tubagus Rismunandar Ruhijat didampingi Kepala Biro Rekrutmen, Advokasi, dan Peningkatan Kapasitas Hakim KY Arie Sudihar berkunjung ke Mahkamah Agung (MA). Tubagus sengaja sambangi Wakil Ketua Bidang Non Yudisial Sunarto dengan maksud untuk mempererat sinergisita KY dan MA.

Lantaran sinergisitas kedua lembaga dalam melaksanakan wewenang dan tugas amat penting, ungkap Tubagus.

Kemudian dalam kesempatan itu Tubagus Rismunandar juga berharap di tahun ini agar KY dan MA dapat meningkatkan kerja sama. Misalnya dalam seleksi calon hakim agung dan calon hakim ad hoc di MA. Termasuk peningkatan kapasitas hakim, dan pengawasan terhadap pelanggaran Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH).

Bacaan Lainnya

Tubagus menerangkan bahwa KY berkomitmen menghasilkan calon hakim agung dan calon hakim ad hoc di MA yang berkapasitas dan berintergritas.

Sekjend KY itu juga berharap pertemuan ini dapat menjadi media pertukaran pendapat.  Sehingga pelaksanaan wewenang dan tugas kedua lembaga lebih maksimal.

Baca juga: Mahkamah Agung Abaikan Rekomendasi Komisi Yudisial

Sebagai tuan rumah pertemuan, Sunarto mengatakan bahwa MA akan mempertimbangkan saran yang diberikan KY. Apalagi kedua lembaga ini mempunyai tujuan yang sama, yaitu untuk terwujudnya peradilan yang bersih.

“MA akan terus bekerjasama dengan KY. Kami juga berharap agar silaturahmi tetap terjaga dengan diadakannya pertemuan rutin KY dan MA agar terhidar dari gesekan-gesekan yang tidak diharapkan,’” pungkas Sunarto

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *