Tilang Elektronik Mulai Diberlakukan Kembali 23 Juli 2020

  • Whatsapp
Tilang Elektronik Mulai Diberlakukan Kembali 23 Juli 2020

Garisatu.com – Ditlantas Polda Metro Jaya kembali akan memberlakukan dan menerapkan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Tilang Elektronik Diberlakukan Bersamaan Dengan Operasi Patuh Jaya

Tilang Elektronik Mulai Diberlakukan Kembali 23 Juli 2020

Pemberlakuan ETLE yang penindakannya menggunakan kamera pengawas khusus, akan dimulai pekan depan. Pemberlakuan ini bersamaan dengan Operasi Patuh Jaya 2020 yang dimulai 23 Juli sampai 6 Agustus 2020.

Bacaan Lainnya

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan “Tilang elektronik kita berlakukan kembali bersamaan dengan pelaksanaan tilang manual, pekan depan,” katanya pada Kamis (16/7/2020).

Pihaknya akan memulai uji coba penggunaan 45 kamera ETLE baru, yang akan melengkapi 12 kamera ETLE sebelumnya. Akan melakukan penindakan secara konvesional maupun menggunakan kamera ETLE bagi yang melanggar peraturan lalu lintas.

Tilang Elektronik Mulai Diberlakukan Kembali 23 Juli 2020

Menurut Sambodo, selama masa PSBB transisi telah terjadi peningkatan jumlah pelanggar lalu lintas. Oleh karena itu, pihaknya akan fokus melakukan penindakan yang berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

Seperti misalnya tidak menggunakan helm atau sabuk pengaman. Nanti identitas para pelanggar ini akan dicari lewat pelat nomor kendaraan yang terekam kamera ETLE.

“Melihat di lapangan, dengan tidak adanya penilangan ini, kemudian disiplin lalu lintas terjadi penurunan. Banyak pelanggaran yang dilakukan masyarakat, dan meningkat sekitar 50 persen,” katanya.

“Untuk memberikan cipta kondisi menuju ke arah sana, kita laksanakan sosialisasi tentang penindakan dan penindakan tersebut minggu depan,” ujar Sambodo.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *