Ternyata Semangka Punya 12 Manfaat Ini Bagi Tubuh

  • Whatsapp
Ternyata Semangka Punya 12 Manfaat Ini Bagi Tubuh
Ternyata Semangka Punya 12 Manfaat Ini Bagi Tubuh

Garisatu.com – Sukakah kamu terhadap buah semangka? Buah semangka merupakan buah yang berasal dari tanaman merambat yang dipanen buahnya untuk dijadikan makanan atau diolah menjadi jus. Selain itu manfaat dari biji semangka yang dikeringkan juga bisa dikonsumsi sebagai kuaci. Daging buahnya yang berair ini bisa berwarna merah atau kuning bergantung dengan kultivarnya.

Banyak yang belum mengetahui bahwa buah ini memiliki kandungan karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B9, vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, zinc dan masih banyak lagi.

Bacaan Lainnya

Karena kaya akan kandungan nutrisi, maka tidak heran jika buah yang satu ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatah tubuh kita.

Simak yuk apa saja manfaat buah semangka untuk tubuh.

1.         Menyehatkan jantung

Ternyata Semangka Punya 12 Manfaat Ini Bagi Tubuh

Buah semangka ini sangat bermanfaat dalam menyehatkan jantung dan bisa memperlancar sirkulasi darah.

Hal ini dikarekanakan oleh asam amino yang terdapat didalam buah semangka, selain itu juga bisa menjaga daya tahan tubuh supaya tidak mudah sakit.

2.         Menjaga kesehatan ginjal

Ternyata Semangka Punya 12 Manfaat Ini Bagi Tubuh

Buah semangka juga bermanfaat untuk menyehatkan fungsi ginjal. Hal ini disebabkan oleh efek diuretic yang bisa merangsang kita untuk sering membuang air kecil.

Ini merupakan cara membuang racun didalam tubuh dengan mengonsumsi buah semangka yang menyehatkan ginjal.

3.         Mengurangi resiko kanker

Ternyata Semangka Punya 12 Manfaat Ini Bagi Tubuh

Buah semangka memiliki kandungan senyawa likopen, yang merupakan zat antioksidan yang baik untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

Atioksidan ini juga yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari resiko terkena kanker.

4.         Menurunkan tekanan darah

Ternyata Semangka Punya 12 Manfaat Ini Bagi Tubuh

Bagi penderita darah tinggi disarankan untuk rutin mengonsumsi buah semangka, karena buah ini kaya akan kandungan kalium yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

5.         Mencegah tulang keropos

Kaaya akan kandungan likopen membuat buah ini mampu untuk menjaga Kesehatan tulang karena likopen bisa membantu menjaga kalsium dalam tubuh, sehingga tulang pun bisa menjadi lebih kuat dan tidak mudah keropos.

6.         Mengurangi peradangan dan membuat rileks

Kandungan karotenoid likopen yang terkandung didalam buah ini mampu mengurangi peradangan dan mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh.

Buah semangka berfungsi sebagai penangkal bakteri dari luar. Selain itu, kaya akan kandungan kalium yang bisa berfungsi untuk meningkatkan refleks otot dan juga syaraf ditubuh kita dan membantu mengontrolnya sehingga tubuh pun bisa menjadi lebih rileks.

Ternyata Semangka Punya 12 Manfaat Ini Bagi Tubuh

7.         Menjaga pencernaan

Mengonsumsi buah semangka sangat ampuh dalam mengatasi masalah saluran pencernaan karena memiliki kandungan serat alami yang sangat baik sehingga bisa mencegah terjadinya sembelit dan kesulitan buang air besar.

8.         Menjaga kesehatan mata

Ternyata Semangka Punya 12 Manfaat Ini Bagi Tubuh

Buah semangka juga kaya akan kandungan vitamin A yang dimana sangat baik untuk mata dan bisa membantu menjaga Kesehatan mata supaya tetap sehat, tidak mudah rabun, baik itu rabun dekat maupun rabun jauh.

9.         Meningkatkan daya tahan tubuh

Karena banyaknya kandungan antioksidan dan vitamin dalam buah ini, membuat buah ini bisa berfungsi dalam meningkatkan daya tahan tubuh menjadi lebih baik dan menangkal berbagai penyakit.

10.       Mencegah asma

Ternyata Semangka Punya 12 Manfaat Ini Bagi Tubuh

Kandungan vitamin C yang ada didalam buah semangka menjadikannya sangat baik untuk menurunkan asma. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin C memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan.

Umumnya, pada seseorang yang terkena asma memiliki kadar vitamin C yang lebih rendah dalam tubuhnya sehingga membuatnya mengalami gejala asma.

11.       Meningkatkan Kesehatan kulit dan rambut

Kandungan air yang tinggi di dalam semangka memiliki manfaat yang menakjubkan untuk menjaga kelembapan kulit.

Jika kamu memiliki masalah kulit kering disarankan untuk rajin mengonsumsi semangka demi menjaga kelembapan alami kulit, karena kulit yang kering kerap kali disebabkan oleh kurangnya kadar air dalam tubuh.

Selain mengonsumsi secara langsung, kamu juga bisa menggunakan semangka sebagai masker untuk wajah.

12.       Mengatasi lemak yang menumpuk

Kandungan asam amino yang dimiliki oelh semangka mampu secara efektif mengatasi tumpukan lemak dalam tubuh.

Semangka mampu melemahkan sel-sel lemak dalam tubuh dan melarutkannya dalam saluran pencernaan.

Dengan manfaatnya ini, maka tidak mengherankan lagi bila semangka banyak dijadikan menu diet yang wajib dikonsumsi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *