Tebak Kepribadian Berdasarkan Psikologi Warna

  • Whatsapp
Tebak Kepribadian Berdasarkan Psikologi Warna
Tebak Kepribadian Berdasarkan Psikologi Warna

Garisatu.com – Tahukah kamu jika kepribadian seseorang bisa di tebak melalui warna favoritnya? Hal ini disebut dengan kepribadian psikologi warna. Psikologi warna kepribadian merupakan bidang kajian tentang peran warna terhadap kepribadian dan kebiasaan seseorang. Sebenarnya kajian ini termasuk dalam pseudosains (ilmu semu). Kamu bisa menebak kepribadian seseorang melalui warna favorit mereka. Jika anda merasa anda tidak memiliki warna favorit, pasti Anda tetap memiliki kecenderungan atas satu warna tertentu. Itulah kepribadian manusiawi: karena semua manusia punya preferensi. 

Salah satu warna yang paling banyak disukai didunia ialah warna biru. Meskipun warna biru pada jaman dahulu dianggap sebagai warna laki laki, namun berdasarkan perkembangan zaman, warna biru mulai banyak digunakan secara umum baik pria atau wanita.

Bacaan Lainnya

Berikut ini merupakan tafsiran kepribadian seseorang berdasafkan warna favorit:

1. Warna biru 

Tebak Kepribadian Berdasarkan Psikologi Warna

Penyuka warna biru biasanya memiliki sifat kalem, cool, dan merupakan yang terbaik dalam menyimpan perasaan dibandingkan dengan penyuka warna lain.

Biru merupakan warna dari laut yang sering dikaitkan dengan ketenangan. Penyuka warna biru biasanya bisa menemukan kedamaian dan ketenangan di tempat-tempat yang penyuka warna lain belum tentu bisa tenang di sana.

Orang yang menyukai pakaian berwarna biru cenderung mudah bergaul, bisa dipercaya, dan mudah dicintai.

2. Merah 

Tebak Kepribadian Berdasarkan Psikologi Warna

Warna merah sendiri menggambarkan sifat berani, menyukai seks, dan ingin menciptakan kesan mendalam dalam waktu yang panjang

Penelitian menemukan bahwa baik laki-laki maupun perempuan merasa lebih mudah tertarik pada orang yang berpakaian merah daripada berwarna lain. Meskipun belum yakin dengan alasannya, mereka menduga ketika orang yang tersipu malu wajahnya akan memerah, dan warna merah di sini ada kaitannya dengan hasrat seksual primitif.

Orang dengan warna favorit merah biasanya sadar dengan efek ini. Mereka adalah orang-orang ekstrovert dan sangat percaya diri untuk memanfaatkan daya tarik warna merah mereka. Fakta yang menarik ialah ditemukan bahwa perempuan menjadi lebih suka warna merah ketika sedang berada di puncak masa subur.

3. Hijau

Tebak Kepribadian Berdasarkan Psikologi Warna

Pecinta warna hijau memiliki sifat dimana ia menganggap uang dan rasa aman adalah yang terpenting.

Para penyuka warna hijau dan orang-orang awam mungkin menganggap penyuka hijau adalah orang yang pencinta alam. Tapi, menurut psikologi warna, penyuka warna hijau adalah orang yang mati-matian berusaha supaya keuangan dan kehidupan cintanya aman.

Bagi mereka, bagaimana orang lain melihat diri mereka adalah hal yang sangat penting. Mereka ingin terlihat sebagai orang yang sukses, kaya, dan menjadi figur penting di lingkungannya. Mereka adalah orang yang suka menjadi perhatian dalam pergaulan.

4. Warna orange 

Tebak Kepribadian Berdasarkan Psikologi Warna

Penyuka warna orange memiliki sifat ramah, tidak neko-neko, dan mungkin berbakat akting. Biasanya penyuka warna orange ingin menjadi pusat perhatian, secara alamiah cenderung bersikap flamboyan, dan tidak menyukai hal-hal atau pikiran-pikiran yang serius. Mereka ramah dan disukai orang, hingga sifat flamboyan mereka mulai tidak tertolong dan membuat semua teman mereka kabur.

Menurut Faber Birren, seseorang yang mempelajari warna, orang yang warna favoritnya adalah oranye tidak begitu tertarik dengan pernikahan. Jika menikah pun, mereka menganggapnya sebagai “salah satu perhatian kecil”. 

5. Warna ungu 

Tebak Kepribadian Berdasarkan Psikologi Warna

Warna ungu terutama ungu muda sedang menjadi tren dalam era fashion belakangan ini. Trend warna ini pun membuat penyuka warna ungu secara tidak langsung meningkat. Menurut psikologi warna, penyuka warna ungu memiliki sifat agak kasar, tapi dengan cara khasmu sendiri.

Orang yang menyukai warna ungu bisa dibilang mirip orang hippie. Sebab mereka melawan dunia dengan menciptakan dunia mereka sendiri.

Mereka cenderung suka hal-hal yang berbau mistis, mereka juga memilih untuk melihat dunia lewat kacamata ungu mereka. Sikap yang kadang membuat repot orang di sekitar mereka. Mungkin jalan terbaik untuk para penyuka ungu adalah segera membuka kios baca tarot.

Tebak Kepribadian Berdasarkan Psikologi Warna

6. Warna abu abu 

Tebak Kepribadian Berdasarkan Psikologi Warna

Penyuka warna abu abu identik dengan sifat yang takut akan komitmen. Diantara hitam dan putih, itulah abu-abu. Sebagaimana warnanya yang mencerminkan ketidaktegasan, orang penyuka warna abu-abu sulit untuk membuat janji ataupun komitmen.

Dalam perspektif psikologi, abu-abu sendiri merupakan warna yang tanpa emosi, membosankan, tidak terikat, dan pembimbang. Mereka yang menyukai warna ini biasanya tidak punya sesuatu yang disukai maupun sangat disukai. Mereka bisa mengambil atau meninggalkan sesuatu dengan mudahnya, serta tidak punya kecintaan atau ambisi tertentu.

7. Warna pink 

Tebak Kepribadian Berdasarkan Psikologi Warna

Penyuka warna pink biasanya sedikit naif, penyembunyi, dan berperasaan halus

Penyuka warna pink mempunyai sifat-sifat seperti itu karena itu merupakan bentuk pelarian mereka dari menjadi dewasa. Mereka benci untuk menjadi dewasa. Mereka suka menjadi kanak-kanak dan gaya itu terbawa dalam pergaulannya.

8. Warna hitam 

Tebak Kepribadian Berdasarkan Psikologi Warna

Penyuka warna hitam cenderung bersifat setengah moody, dan setengah bergaya. 

Layaknya Angelina Jolie, siapa pun yang mengaku hitam adalah warna favoritnya adalah orang-orang realistis yang sulit dipahami dan perlu dibantu untuk mengontrol diri. Pandangan realistisnya membuat mereka selalu menyimpan pesimisme dan mood buruk.

9. Warna putih 

Tebak Kepribadian Berdasarkan Psikologi Warna

Warna putih biasanya dikaitan dengan kepolosan, keluguan, dan bersih. Selain itu putih juga melambangkan kesucian, dan merupakan warna favorit dari Daisy Buchanan, tokoh dalam The Great Gatsby yang diam-diam ternyata mengarang kenyataan. Penyuka warna putih ingin meyakinkan orang lain (dan dirinya sendiri) akan kesucian yang sebenarnya tidak pernah mereka miliki. 

Mereka orang-orang yang sangat teliti dalam menjaga penampilan, tidak seperti kita yang sulit menjaga pakaian putih tetap putih.

10. Warna cokelat 

Tebak Kepribadian Berdasarkan Psikologi Warna

Warna cokelat juga menjadi warna yang semakin di minati oleh masyarakat. Penyuka warna cokelat cenderung bersifat sederhana dan nyaman dengan diri sendiri.

Penyuka warna cokelat tidak butuh kemewahan. Mereka suka menjadi diri sendiri dan bisa bertahan dengan kesederhanaan tanpa banyak cingcong. Mereka bisa dipercaya, hemat, terus terang, tapi bisa nge-gas kalau ada yang berlawanan dengan prinsipnya.

Itulah kepribadian orang berdasarkan warna warna umum favorit mereka.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *