Tanda Tanda Kamu Memiliki Inner Child Terluka

  • Whatsapp

Garisatu.com – Pernahkah kamu mendengar istilah inner child terluka? Belakangan ini istilah inner child, yang merupakan istilah psikologi, sedang popular di masyarakat. bahkan salah satu grupband ternama dari Korea, BTS, merilis sebuah lagu dengan judul ini. lantas sebenarnya apa arti dan maksud dari inner child ini?

Seperti yang dilansir dari Psychology Today, inner child merupakan sekumpulan peristiwa yang kamu alami saat masa kecil, mencakup peristiwa baik maupun buruk, yang kemudian secara tidak langsung membentuk kepribadian anda seperti sekarang ini.

Bacaan Lainnya

Inner child tidak bis akita lihat secara kasat mata, sebab ia ada didalam diri kita, di alam bawah sadar, yang akan mempengaruhi cara bersikap kita ketika merespons suatu masalah.

Contoh sederhana, ketika seseorang dikelilingi oleh sanak saudara atau teman-teman yang melindungi dan menyayanginya, ia bisa tumbuh sebagai pribadi penyayang serta suka bergaul dengan orang lain.

Lalu, ketika masa kecil seseorang dipenuhi dengan kekerasan dan pengabaian emosional dari orang sekitar, pengalaman ini akan menjadi inner child yang juga keluar di kemudian hari nanti.

Inner child ini dapat memengaruhi seseorang menjadi pribadi yang pemarah, tidak punya empati, dan bahkan cenderung melakukan kekerasan di kehidupan dewasanya.

Tanda Tanda Kamu Memiliki Inner Child Terluka

Sama halnya seperti kita di kehidupan dewasa, inner child kita juga bisa terluka. Inner child seseorang bisa terluka karena kejadian menyedihkan atau menyakitkan seperti kehilangan orang tua, pernah dilecehkan secara fisik, diabaikan secara emosional, mengalami pelecehan seksual, sakit parah, traua akibat ditindas, menjadi korban kekerasan, dan lain sebagainya.

Jika inner child seseorang terluka dan tidak ditangani dengan benar, bisa saja menimbulkan masalah dikemudian hari, seperti perilaku yang merugikan diri sendiri, mempunyai sikap kasar yang mengarah pada kekerasan, dan lain sebagainya.

Tanda Tanda Kamu Memiliki Inner Child Terluka

Meskipun peran inner child terbilang cukup penting dalam kehidupan kita, namun masih banyak pula orang yang tidak menyadari kehadiran inner child mereka, terutama tidak menyadari jika mereka memiliki inner child yang terluka.

Supaya kamu bisa mengenal inner child kamu, kita sudah merangkum 8 tanda seseorang dengan inner child yang terluka. Terus membaca yuk!

1.         Sulit membuat Batasan dengan orang lain

Tanda Tanda Kamu Memiliki Inner Child Terluka

Seseorang dengan inner child yang terluka akan kesulitan dalam menentukan Batasan diri mereka dengan orang lain. Hal ini membuat mereka menempatkan orang lain sebagai prioritas utama dan bukan diri mereka. Alhasil, mereka akan sangat sulit untuk mengucapkan ‘tidak’ atau menolak orang lain, meskipun sebenarnya mereka tidak nyaman.

2.         Tidak mempercayai diri sendiri

Ciri lain dari orang yang memiliki inner child yang terluka ialah ia tidak mempercayai dirinya sendiri. mereka cenderung meragukan potensi didalam diri serta selalu membandingkan diri mereka dengan orang lain. Hal ini hanya akan membuat mereka terus melihat sisi negative dan juga kekurangan dalam dirinya saja dan terus mengkritisi diri sendiri.

3.         Tidak mengenal diri sendiri

Tanda Tanda Kamu Memiliki Inner Child Terluka

Memiliki kebiasaan selalu memprioritaskan orang lain diatas diri sendiri kemudian menghasilkan efek samping lainnya. Salah satunya ialah mereka kesulitan dalam mengenali dirinya sendiri. Sebab mereka terus mengikuti keinginan orang lain, membuatnya tidak mempunyai identitas diri yang kuat.

Tanda Tanda Kamu Memiliki Inner Child Terluka

4.         Terlalu kompetitif

Bagi orang yang memiliki inner child terluka, menjadi gagal atau kegagalan itu sendiri ialah musuh terbesar mereka. Dikarenakan pengalaman pengalaman buruk yang dialaminya pada masa kecil, secara tidak langsung membangun pola pikir seperti ini. Mereka pun kemudian selalu ingin menjadi yang terbaik dan terdepan.

5.         Selalu bergantung pada orang lain

Tanda Tanda Kamu Memiliki Inner Child Terluka

Orang dengan inner child terluka akan melakukan segala sesuatu supaya mereka bisa terus  mendapat perhatian dari orang orang disekitarnya.

Salah satu pengalaman masa kecil yang bisa membuat orang merasa seperti ini misalnya pernah ditinggalkan pada masa kecil, sehingga menimbulkan perasaan ‘takut’ untuk kembali ditinggalkan.

Mereka bahkan bisa bersikap sangat obsesif dan berusaha untuk menyenangkan orang tersebut supaya tidak pergi dari hidupnya.

6.         Sulit untuk mengontrol emosi

Ciri lain orang yang mempunyai inner child terluka ialah mereka sulit untuk mengontrol emosi diri. Mulai dari sulit mengendalikan amarah, lebih mudah menangis, lebih senang menghindari konflik, atau “menutup diri” selama pertengkaran ialah beberapa ciri dari orang yang memiliki inner child terluka.

7.         Menutup diri

Tanda Tanda Kamu Memiliki Inner Child Terluka

Sulit untuk beradaptasi dan bertemu orang baru ialah ciri lain bagi mereka yang memiliki inner child terluka. Mereka lebih senang menutup diri karena mereka merasa ketakutan ketika harus berhadapan dengan orang baru. 

8.         Cemas ketika menjalani hal baru

Orang dengan inner child terluka juga sangat tidak suka dengan hal-hal yang tidak terprediksi. Ketika hal-hal tidak terprediksi tersebut muncul, maka mereka akan merasakan kecemasan yang luar biasa.

Dengan kata lain, orang dengan inner child terluka sangat sulit untuk meninggalkan comfort zone mereka dan takut untuk menghadapi hal-hal baru.

Tanda tanda inner child yang terluka ini bisa berbeda beda pada setiap orang sebab tergantung dengan peristiwa dan pengalaman yang dialami oleh orang tersebut saat kecil.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *