Susah Berhenti Konsumsi Gula? Ikuti Tips Ini

  • Whatsapp
Susah Berhenti Konsumsi Gula? Ikuti Tips Ini
Susah Berhenti Konsumsi Gula? Ikuti Tips Ini

Garisatu.com – Banyak orang yang berasumsi bahwa konsumsi gula mendatangkan dampak buruk bagi kesehatan. Sehingga masa ini banyak orang membatasi konsumsi gula. Pada dasarnya hal ini memang benar, namun tidak sepenuhnya. Untuk menilai apakah konsumsi gula mendatangkan dampak buruk bagi tubuh atau tidak, kita harus melihat kondisi Kesehatan masing masing.

Sebetulnya konsumsi gula perlu kita konsumsi karena berfungsi sebagai energi dan juga energi cadangan. Akan tetapi yang membuat seseorang mengalami diabetes atau masalah Kesehatan lain yang berkaitan dengan gula ialah karena mengonsumsi terlalu banyak gula.

Bacaan Lainnya

Seperti yang kita ketahui, kadar konsumsi gula yang berlebihan pada tubuh bisa mendatangkan obesitas, penyakit jantung, diabetes, hingga penuaan dini.

Maka dari itu, supaya kita terhindar dari penyakit penyakit yang tidak diinginkan, ada baiknya untuk memperhatikan asupan konsumsi gula harian kita.

Susah Berhenti Konsumsi Gula? Ikuti Tips Ini

Apalagi sekarang banyak beredar minuman minuman manis dengan kandungan konsumsi gula yang lumayan tinggi dan kerap kita konsumsi.

Gula juga bisa membuat kita ketagihan. Simak cara cara berikut supaya kita bisa tidak kecanduan terhadap konsumsi gula.

1.         Hentikan mendadak

Kepala koresponden medis ABC News, Dr. Jennifer Ashton berpendapat bahwa ada bukti ilmiah dan nutrisi yang mendukung fakta bahwa kecanduan konsumsi gula, dalam istilah biokimia otak, sama halnya dengan kecanduan kokain.

Dan biasanya orang yang kecanduan kokain akan mencoba menghentikan kebiasaan itu dengan berusaha menghentikan secara mendadak dan total.

Maka menurutnya, sama halnya pula dengan konsumsi gula, kamu bisa lakukan penghentian mendadak dan total dari menu harian.

2.         Gradual

Susah Berhenti Konsumsi Gula? Ikuti Tips Ini

Berbicara lebih mudah dibanding mempraktekkannya. Tentu saja tidak semua orang bisa secara mendadak menghentikan asupan konsumsi gula begitu saja dalam kesehariannya, terutama bagi para sweetooth.

Jika kamu termasuk salah satunya, maka kamu bisa mencoba pendekatan gradual. Hal sederhana yang bisa mulai kita praktikkan ialah dengan perlahan menghilangkan makanan dan minuman manis dari menu harian.

Bahkan hal sederhana seperti memilih opsi less sugar atau menurunkan kadar konsumsi gula dalam minuman kita bisa membantu tubuh kita untuk terbiasa dengan asupan gula yang sedikit.

Susah Berhenti Konsumsi Gula? Ikuti Tips Ini

Akan ada saatnya kita merasa murung dan kembali menginginkan konsumsi gula, jika kondisi ini terjadi, tenangkan sejenak pikiran dan perasaan kamu dan cobalah untuk mengalihkan dengan yang lain.

Menurut internis dan gastroenterologi di Touro College of Osteopathic Medicine di New York City, Amerika Serikat, Dr. Niket Sonpal, mengatakan bahwa mengonsumsi sepotong buah merupakan cara terbaik untuk meminimalkan keinginan akan gula.

Susah Berhenti Konsumsi Gula? Ikuti Tips Ini

3.         Pola 5:2

Pendekatan lima banding dua ialah cara bagi orang untuk melihat diet mereka melalui lensa mingguan. Dalam strategi ini kita membagi satu minggu (7 hari) menjadi 2 bagian.

Susah Berhenti Konsumsi Gula? Ikuti Tips Ini

Yakni pada hari senin hingga jumat, kita benar benar menghindari semua gula tambahan, termasuk membaca label makanan dengan cermat, menghindari semua makanan dan minuman manis, dan tidak menambahkan gula ke kopi atau teh.

Setelah sampai pada akhir pekan atau sabtu dan minggu, barulah disini kitab oleh melonggarkan aturan tersebut. Dimana kamu boleh mengonsumsi gula namun tetap tidak berlebih.

Susah Berhenti Konsumsi Gula? Ikuti Tips Ini

Pendekatan lima banding dua berfungsi sebagai penguatan positif bagi orang untuk terus melakukannya lebih banyak.

Ini bisa dimulai sebagai awal, dan akhirnya berkembang menjadi enam hari atau tujuh hari sampai akhirnya kita mulai kehilangan keinginan untuk makanan dan minuman manis.

4.         Hindari minuman berkalori

Minuman berkalori atau minuman manis akan sangat memenuhi keinginan gula kita dan tentu saja terasa sangat nikmat. Akan tetapi tanpa kita sadari, satu saja minuman berkalori bisa memenuhi asupan gula pada hari itu dalam waktu singkat.

Yang terpenting ialah bagaimana kita berhati-hati dalam mengawasi kalori tinggi dalam minuman yang bisa menambah asupan gula di dalam tubuh.

Seperti contoh ketika pergi nongkrong ke sebuha café, tentu saja akan ada banyak variasi minuman manis yang ditawarkan, sebelum memesan minuman manis, lihatlah terlebih dulu apakah mereka memiliki opsi yang lebih sehat atau minuman dengan kandungan gula yang lebih sedikit.

Hal hal sederhana seperti ini bisa memberikan dampak yang baik jika kita konsisten melakukannya

5.         Sehat dan Bahagia

Susah Berhenti Konsumsi Gula? Ikuti Tips Ini

Tidak satu ukuran atau gaya yang cocok untuk semua. Hal ini yang perlu kita sadari. Sehingga, bukan tak mungkin apa yang berhasil untuk satu orang bisa berbeda pada orang lain.

Untuk alasan ini, Ashton mengatakan orang harus menemukan pendekatan yang paling sesuai bagi mereka. Dalam melakukannya, penting untuk bertanggung jawab kepada diri sendiri.

Perhatikan baik-baik apa yang dimasukkan ke dalam tubuh, dan bagaimana pengaruhnya terhadap tubuh.

“Kita berutang pada diri kita sendiri dalam bentuk kesempatan untuk menjadi sehat dan bahagia, ” kata Ashton.

 “Dan jika untuk mencapai sehat dan bahagia tesebut harus  memotong gula dari menu makanan kita, apa iya tak kita lakukan?” tegas dia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *