Sulit Tidur? Lakukan 5 Kebiasaan Ini

  • Whatsapp
Sulit Tidur? Lakukan 5 Kebiasaan Ini
Sulit Tidur? Lakukan 5 Kebiasaan Ini

Garisatu.com – Apakah kamu sering mengalami insomnia atau sulit tidur? kualitas tidur yang jelek pada malam hari sebetulnya bisa dibsebabkan oleh banyak hal. Bisa seperti aktifitas yang terlalu padat disiang harinya, atau durasi tidur yang memang sedikit. kurang tidur pun kemudian bisa berdampak pada banyak hal, mulai dari kantung mata yang terlihat gelap, wajah lebih lesu, hingga sulit berkonsentrasi saat beraktifitas. Terus terusan memiliki kualitas tidur yang jelek pun akan berdampak buruk bagi keseluruhan kesehatanmu. Sehingga kamu perlu melakukan berbagai cara untuk mengurangi sulit tidur kamu. Beberapa rutinitas malam dipercaya bisa membuat sulit tidurmu berkurang kamu menjadi lebih berkualitas.

Sulit Tidur? Lakukan 5 Kebiasaan Ini

Hal ini pun disetujui oleh seorang psikolog dari San Fransisco, Britney Blair, PsyD, CBSM, AASECT. Ia membenarkan bahwa sebaiknya sebelum mengalami ke sulitan tidur, kamu dapat melakukan beberapa rutinitas malam yang akan membuat tubuh menjadi lebih rileks sekaligus membuat pikiran menjadi lebih tenang.

Bacaan Lainnya

Apasajakah rutinitas malam yang bisa membantu kamu mengatasi masalah sulit tidur kamu? seperti yang dilansir dari Good Housekeeping, ada beberapa rutinitas malam yang sudah dikonsultasikan oleh dr. Blair dan ahli saraf, Chris Winter yang sekaligus merupakan penulis buku The Sleep Solution: Why Ypur Sleep Is Broken and How To Fix It. Seperti apa pemjelasannya? simak dibawah ini:

1.         Mengatur alarm setiap malamnya

Sulit Tidur? Lakukan 5 Kebiasaan Ini

Mengatur alarm setiap malam mungkin sudah menjadi rutinitas kamu yang memiliki aktifitas seperti sekolah, kuliah, atau bekerja pada esok harinya.
Namun tidak hanya bagi orang yang beraktifitas saja, jika kamu sedang liburan atau tidak ada aktifitas pada esok paginya, kamu pun bisa mengatur alarm setiap malam. Ini bertujuan supaya kamu memiliki waktu tidur yang terjadwalkan dengan baik. Dan mengurangi gejala sulit tidur kamu.

Bangun siang hari pada hari Minggu memang idaman setiap orang. Namun jika diteruskan kebiasaan seperti itu kamu malah akan menjadi malas dan cenderung tidak produktif dalam menjalani hari. Selain mengatur alarm, kamu juga harus menjadwalkan jam tidur mu, seperti misalnya tidur dari jam 10 dan bangun pada jam 6/7 pagi.

2.         Jauhkan layar ponselmu

Sulit Tidur? Lakukan 5 Kebiasaan Ini

Poin yang satu ini memang akan sangat sulit untuk dilakukan. Tetapi inilah yang harus kamu lakukan jika kamu ingin tidur lebih cepat dan lelap. Bermain ponsel sebelum tidur tidak hanya akan membuat kita ketagihan, dengan terus mengklik dan menggeser layar, ini hanya akan membuat kamu memakan waktu semakin lama dan tidak tidur tidur.

Selain itu, cahaya biru pada ponsel pun bisa menyebabkan dampak negative pada hormone melatonin atau hormone yang bisa membantu kamu untuk tidur, sehingga waktu tidur pun mengalami gangguan.

Dr. Winter menyarankan jika kamu terpaksa membuka ponsel atau menggunakan layar ponsel pada malam hari, kamu bisa memanfaatkan fitur yang terdapat di kebanyakan ponsel pintar jaman sekarang, yakni mode malam. Hal ini bisa memberikan cahaya redup yang lebih aman dibandingkan dengan cahaya biru. Melakukan hal ini dengan teratur dapat mengurangi masalah sulit tidur kamu.

Sulit Tidur? Lakukan 5 Kebiasaan Ini

3.         Mengonsumsi secangkir teh

Sulit Tidur? Lakukan 5 Kebiasaan Ini

Teh memang mengandung kafein, namun untuk mengurangi suilit tidur kamu, kamu bisa mengonsumsi teh yang bebas kafein seperti teh chamomile.

Teh juga memiliki efek menenangkan sebelum tidur. Seorang ahli diet yang terdaftar dalam Good Housekeeping Institute, Stefani Sassos, MS, RDN, juga mengatakan bagaimana teh dapat memberi ketenangan.

Sencangkir teH chamomile hangat yang menenangkan merupakan salah satu kebutuhan untuk bersantai setelah melakukan beberapa hal melelahkan di siang hari. Bahkan teh chamomile memang sudah sejak lama digunakan untuk membantu mengatasi kesulitan tidur serta mengurangi rasa cemas dan stress.

4.         Meditasi

Sulit Tidur? Lakukan 5 Kebiasaan Ini

Meditasi bisa kamu lakukan sebelum tidur untuk membantu menenangkan fisik dan pikiran. Meditasi selain bisa memberikan ketenangan juga bisa memberikan aura positif.

Mungkin masih banyak orang yang belum familiar dengan bermeditasi. Jika kamu bingung untuk memulainya dari mana,  kamu bisa melakukannya dengan menarik nafas dalam dalam, kemudian lanjutkan dengan berdoa.

Dr. Winter mengatakan bahwa meditasi bisa membantu kamu menenangkan pikiran, jika pikiranmu tenang, tentu hal itu akan memberikan kualitas tidur yang baik.

5.         Mandi dengan air hangat

Sulit Tidur? Lakukan 5 Kebiasaan Ini

Mandi saat malam hari memang tidak begitu direkomendasikan sebab dianggap bisa emnimbulkan beberapa dampak negative. Namun kamu bisa melakukan rutinitas mandi dengan menggunakan air hangat sekitar satu atau dua jam sebelum waktu tidur mu. Mandi dengan air hangat akan membantu menurunkan suhu tubuhmu.

Itu dia 5 rutinitas yang bisa kamu lakukan sebelum tidur untuk membantu meningkatkan kualitas tidur.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *