Sudah Disahkan, Mobil Listrik Wajib Ada Suaranya

  • Whatsapp
Sudah Disahkan, Mobil Listrik Wajib Ada Suaranya

Garisatu.comKementerian Perhubungan sudah menerbitkan aturan mengenai mobil listrik, untuk memenuhi aspek keselamatan. Pada umumnya kendaraan listrik senyap sehingga pengguna jalan sering tidak sadar bahwa ada kendaraan itu sudah dekat.

Peraturan Mobil Berpenggerak Motor Listrik

Sudah Disahkan, Mobil Listrik Wajib Ada Suaranya

Kebijakan peraturan itu tertuang pada Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No. 44 Tahun 2020 tentang Pengujian Tipe Fisik Kendaraan Bermotor dengan Motor Penggerak Menggunakan Motor Listrik.

Bacaan Lainnya

“Untuk memenuhi aspek keselamatan, kendaraan bermotor listrik kategori M, N, dan O harus dilengkapi dengan suara,” ungkap pasal 32 ayat 1 Permenhub 44/2020 yang dikutip pada Selasa (14/7).

Uji tipe fisik ini berlaku untuk kendaraan listrik dalam bentuk motor (L1-L5), mobil penumpang (M1), bus (M2-M3), dan angkutan barang (N1-N3, O1-O4).

Sudah Disahkan Mobil Listrik Wajib Ada Suaranya 2 1

Adapun jenis suara yang dikeluarkan harus sesuai dengan kategori jenis kendaraan dan suara mesin kendaraan tersebut. Hal ini sudah tertuang dalam pasal 32 ayat 6.

“Suara yang ditimbulkan oleh Kendaraan Bermotor Listrik sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dan ayat (3) berdasarkan tingkat frekuensi paling tinggi 75 (tujuh puluh lima) desibel,” bunyi pasal 32 ayat 6.

Suara yang ditimbulkan oleh kendaraan bermotor listrik tidak boleh menyerupai jenis suara hewan, sirene, klakson dan musik. Alasannya agar pengguna jalan bisa membedakan suara dari sumber lain dan suara mobil.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *