Status Gunung Merapi Siaga III

  • Whatsapp
Status Gunung Merapi Siaga III
Status Gunung Merapi Siaga III

Garisatu.com – Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta menaikkan status Gunung Merapi dari status Waspada menjadi Siaga (level III) pada hari Kamis 5 November 2020. 

Status Gunung Merapi Siaga III

Kepala Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta Hanik Humaida mengatakan, berdasarkan evaluasi data pemantauan, disimpulkan bahwa aktivitas vulkanik saat ini dapat berlanjut menjadi erupsi yang membahayakan penduduk sekitar. 

Bacaan Lainnya

Perkiraan daerah bahaya meliputi, beberapa wilayah di Provinsi DIY, yakni meliputi Kabupaten Sleman yakni Kecamatan Cangkringan, meliputi Desa Glagaharjo (dusun Kalitengah Lor), Kepuharjo (Dusun Kaliadem), Umbulharjo (Dusun Pelemsari). 

Status Gunung Merapi Siaga III

Status Gunung Merapi Siaga III

Sedangkan beberapa wilayah di Jawa Tengah meliputi Magelang, Boyolali dan Klaten. Di Kabupaten Magelang yakni Kecamatan Dukun meliputi Desa Ngargomulyo, Krinjing, dan Paten.

Di Boyolali yakni Kecamatan Selo yang meliputi Desa Tlogolele, Klakah dan Jrakah.

Sedangkan Klaten yakni Kecamatan Kemalang, meliputi Desa Tegal Mulyo, Sidorejo dan Balerante.

Status Gunung Merapi Siaga III

“Sehubungan dengan hal tersebut maka status aktivitas Gunung Merapi ditingkatkan dari Waspada menjadi Siaga (level III),” ujar Kepala Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, Hanik Humaida dalam surat peningkatan status Gunung Merapi, Kamis (5/11/2020).

Di dalam surat tersebut juga dituliskan kronologi data hasil pemantauan aktivitas vulkanik Gunung Merapi, yakni setelah letusan eksplosif pada 21 Juni 2020 kegempaan internal yaitu VA, VB (Vulkanik Dangkal), dan Fase Banyak (MP) mulai meningkat.

Status Gunung Merapi Siaga III

Menanggapi hal tersebut, Bupati Magelang akan mengeluarkan surat pernyataan bencana. BPBD Kabupaten Magelang juga menyiapkan desa penyangga, tempat evakuasi akhir (TEA).

Proses evakuasi di wilayah yang masuk daerah bahaya dilakukan setelah semua siap.

Status Gunung Merapi Siaga III

“Secara administratif, Bupati segera mengeluarkan surat pernyataan bencana Merapi melalui SK Bupati. Setelah itu kita melakukan action di lapangan untuk proses evakuasi. Evakuasi tak bisa serta merta dilakukan sekarang. Harus ada penjelasan dulu. Persiapan, semua dipastikan siap. Persiapan sudah sejak lama, tetapi mulai semalam lebih intensif,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang, Edy Susanto, Kamis (5/11/2020) diwawancarai usai memimpin rapat terkait peningkatan status Merapi menjadi Siaga di Kantor BPBD Kabupaten Magelang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *