Mini JCW GP Hanya Dijual 12 Unit Di Indonesia, Ini Spesifikasinya

  • Whatsapp
Mini JCW GP Hanya Dijual 12 Unit Di Indonesia, Ini Spesifikasinya

Garisatu.com – Sejak diperkenalkan pada 2006 sebagai performance kit, MINI JCW GP sudah memiliki dua generasi, yakni model pertama yang memakai basis MINI Cooper S R50, dilanjutkan dengan generasi kedua tahun 2013 yang merupakan model terakhir dari generasi R56.

JCW GP memang bukan model sembarangan, mobil ini hadir sebagai edisi terbatas dengan performa tinggi dari MINI John Cooper Works standar yang sebenarnya sudah menjadi varian sporty dari MINI Hatchback.

Bacaan Lainnya

Spesifikasi Mini JCW GP

Bagian depan

Mini JCW GP Hanya Dijual 12 Unit Di Indonesia, Ini Spesifikasinya

JCW GP 2020 didesain untuk menunjang performa tinggi mobil. Hal ini terlihat dari layout dua grill berpattern honeycomb di atas dan bawah yang langsung mengarahkan angin menuju intercooler, hood scoop di bagian atas juga membantu menjaga suhu ideal mesin agar tidak overheat.

Tampilan depan MINI JCW GP 2020 juga terlihat lebih agresif dan terlihat layaknya mobil balap dengan penggunaan finishing merah di grill bagian tengah, dan hitam matte untuk emblem MINI di atas grill.

Untuk teknolgi lampu yang digunakan masih sama seperti MINI John Cooper Works biasa, yakni lampu berteknologi matrix dengan LED DRL berbentuk bulat seperti mata.

Bagian Eksterior Samping

Mini JCW GP Hanya Dijual 12 Unit Di Indonesia, Ini Spesifikasinya

Mobil ini menyisipkan overfender dengan material carbon-fiber reinforced plastic (CFRP) yang juga berfungsi mengoptimalkan aliran angin dan mengakomodir profil pelek dan ban lebih besar.

Demi memangkas bobot mobil, pemilihan pelek lightweight berukuran 18 inci dipilih dengan alas ban performa tinggi berprofil 225/35 R18.

Dibandingkan MINI JCW standar, suspensi JCW GP lebih rendah 10mm dengan per yang lebih kaku serta bearing karet.

Camber depan dan belakang juga jadi semakin lebar, kombinasi tersebut membuatnya semakin handal saat diajak menikung.

Exterior belakang

Mini JCW GP Hanya Dijual 12 Unit Di Indonesia, Ini Spesifikasinya

Layaknya mobil balap, spoiler raksasa yang dipasangkan di MINI JCW GP generasi ketiga ini berfungsi untuk meningkatkan aerodinamika mobil dan membuatnya semakin mantap saat bermanuver di lintasan sirkuit balap.

Mulai dari lampu belakang dengan pattern union jack, difusser yang sepintas sama dengan JCW normal dengan reflektor dan sistem knalpot ganda baru di bagian tengah diffuser.

Interior

Mini JCW GP Hanya Dijual 12 Unit Di Indonesia Ini Spesifikasinya 5 1

Masuk ke dalam, interior didominasi warna gelap yang memberi kesan agresif di dalamnya. Layout konsol tengahnya sama seperti MINI pada umumnya. Bulatan besar di bagian atas menjadi frame multimedia display berukuran 8,8 inci dan berjejer di bawahnya untuk pengatur AC digital, dan tombol start-stop engine yang didesain seperti sakelar pada mobil balap.

Perubahan paling signifikan terdapat pada kokpit pengemudi, di mana Driver Information Display analog yang hadir di MINI JCW standar diganti dengan model digital yang lebih modern.

Tidak hanya mengubah aura retro jadi lebih modern, tampilan ini juga sangat membantu pengemudi saat sedang fokus mengendarai mobilnya karena MID yang ditampilkan juga cukup lengkap.

Untuk setir sepertinya tidak ada bedanya antara Mini JCW GP dan varian biasa. Setirnya dibalut nappa leather, dan dilengkapi tombol di sebelah kanan dan kiri untuk berbagai fungsi, mulai dari voice command, pengaturan audio, dan telefon dengan konektivitas bluetooth.

Ruang kabin

Mini JCW GP Hanya Dijual 12 Unit Di Indonesia, Ini Spesifikasinya

Seperti kebanyakan mobil balap, mobil ini hanya memasang dua sport seat di depan saja dengan tujuan untuk mengurangi bobot kendaraan. Standarnya, material yang dipakai kursi ini adalah dinamica suede dan kulit dengan aksen silver dan merah.

Sebagai penanda bahwa ini adalah sebuah mobil John Cooper Works GP, hadir emblem GP di bagian sandaran kepala. Aura ala mobil balap pun semakin kental dengan penggunaan sabuk pengaman warna merah.

Di bagian interior belakang, tidak ada tempat untuk menaruh barang bawaan dengan layak. Bagian belakang dan bagasi didominasi rollbar cage yang meningkatkan rigiditas body dan keamanan saat beraksi di trek.

Secara volume memang besar, namun tidak ada penahan sehingga barang bawaan Anda dapat terlempar-lempar saat melaju kencang.

Fitur hiburan berkendara

Mini JCW GP Hanya Dijual 12 Unit Di Indonesia, Ini Spesifikasinya

Untuk fitur multimedia, MINI JCW GP tak ada bedanya dengan mobil MINI lainnya. Anda mendapatkan layar infotainment 8,8 inci yang sudah dilengkapi navigasi satelit, serta memiliki integrasi Apple CarPlay, Bluetooth, dan dilengkapi fitur wireless charging (optional).

Keselamatan

Mini JCW GP Hanya Dijual 12 Unit Di Indonesia, Ini Spesifikasinya

Mengingat mobil ini dikhususkan di “legal road race car“, tentu mobil ini dilengkapi dengan rollbar cage untuk meningkatkan rigiditas body untuk keselamatan berkendara saat melaju kencang di sirkuit.

Namun, tak lupa juga fitur keselamatan layaknya mobil modern seperti Stability Control, Traction Control, Brake Assist (BA), dan airbag.

Dapur pacu

Mini JCW GP Hanya Dijual 12 Unit Di Indonesia, Ini Spesifikasinya

Untuk soal performa mobil ini dilengkapi mesin 2.000cc turbocharger yang menyemburkan tenaga 301 HP dan 450 Nm. Lebih besar 75 HP dan 150 Nm dibandingkan varian JCW standar.

Ubahan pada mesin B48 yang digunakan iterasi ketiga MINI JCW GP adalah sistem exhaust manifold terintegrasi, kompresi lebih rendah yakni 9.5:1 (dibandingkan 10.2:1 di model lainnya), turbo baru, dan sistem knalpot straight pipe baru.

Dengan ubahan tersebut, MINI JCW GP terbaru dapat melesat dari 0-100 dalam waktu 5 detik, dan kecepatan maksimal 265 km/jam. Oiya, transmisi yang tersedia untuk mobil ini adalah otomatis delapan percepatan dengan limited-slip differential mekanis. Namun tidak seperti JCW Clubman dan Countryman yang menggunakan mesin serupa dan menggunakan layout rear-wheel drive, mobil ini berpenggerak roda depan.

John Cooper Works GP 2020 ini edisi terbatas dan hanya 12 unit yang masuk ke Indonesia dan dibanderol Rp 1,5 miliar off-the-road.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *