SP2020: BPS Rekrut 390 Ribu Petugas Sensus Penduduk 2020

  • Whatsapp
SP2020 BPS Rekrut 390.000 Petugas Sensus Penduduk 2020
https://www.bps.go.id

garisatu.com – Indonesia kembali akan melakukan pencacahan penduduk atau Sensus Penduduk Tahun 2020 (SP2020). Untuk menyukseskan SP2020 Badan Pusat Statistik ( BPS) rencananya akan merekrut 390 ribu orang petugas sensus pada awal April mendatang.

Ratusan ribu petugas tersebut akan disebar di seluruh Indonesia pada awal April mendatang. Kepala BPS Kecuk Suhariyanto menjelaskan, tenaga lepas yang direkrut sebagai Petugas Sensus akan mendatangi rumah-rumah penduduk door to door untuk melakukan Sensus Penduduk.

“Mereka bertugas untuk melakukan wawancara selama penyelenggaraan Sensus Penduduk 2020 pada Juli nanti”, ucap Kecuk.

BPS Gelar Sensus Penduduk Online 15 Februari – 31 Maret 2020

Untuk memastikan kesiapan seluruh jajarannya, BPS melakukan Apel Siaga Sensus Penduduk 2020 (SP2020). Apel yang dilaksanakan di pelataran parkir kantor BPS pada tanggal 14 Februari lalu, yang juga bertepatan dengan H-1 Sensus Penduduk Online. Para pegawai yang mengikuti apel mengenakan kaos biru dengan tulisan #MencatatIndonesia. Apel dimulai dengan senam bersama para peserta.

Sensus Penduduk secara online ini rencananya akan berlangsung mulai dari tanggal 15 Februari hingga 31 Maret 2020.

Catat Diri

Flyer SP2020, Sensus Penduduk Online 

Kepala BPS Kecuk Suhariyanto yang menjadi Pembina Apel saat itu, mengajak seluruh pegawai BPS berkumpul di hari ini untuk menyatukan niat. “Saya ingin semua teman-teman, dari pusat sampai kabupaten, 16.000 pegawai BPS punya komitmen yang kuat untuk menyukseskan SP2020. Inilah saatnya kita memberikan kontribusi tidak hanya untuk BPS, tapi untuk masa depan bangsa,” ujar Kecuk.

Lebih lanjut Kecuk mengatakan bahwa esok hari menjadi langkah besar perstatistikan nasional dengan dimulainya sensus secara online yang menjadi salah satu terobosan di SP2020. “Ini diperlukan dengan dua tujuan, pertama karena kita menyadari bahwa mobilitas masyarakat sangat tinggi, mereka sangat sibuk sehingga kita memberi kesempatan pada masyarakat untuk berpartisipasi, sekaligus kita ingin meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa kita semua punya tanggungjawab untuk sadar administrasi,” sambung Kecuk.

Sensus kali ini juga sudah direstui oleh orang nomor satu di Indonesia saat launching pelaksanaan SP2020, 24 Januari lalu. “Kalau presiden, gubernur, seluruh universitas sudah bersiap dalam partisipasi SP2020, tentunya semangat kita harus dua kali lipat. Ketika semangat kita agak turun, teman-teman harus menancapkan di pikirannya bahwa apa yang kita kerjakan bukan hanya untuk BPS, tapi juga untuk mewarnai sejarah bangsa Indonesia,” tambahnya.

Di akhir Apel, Kecuk beserta seluruh pegawai yang hadir membubuhkan cap tangannya dalam sebuah spanduk panjang yang menyimbolkan kesiapan internal BPS dalam pelaksanaan SP2020. Momen yang diabadikan dengan apik oleh awak media yang hadir. “Sensus Penduduk 2020 mencatat Indonesia untuk menuju satu data kependudukan demi mencapai Indonesia maju,” pungkas Kecuk.

Baca juga: Komnas HAM Simpulkan Peristiwa Paniai 7- 8 Desember 2014 sebagai Pelanggaran HAM Berat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *