Sariawan Sembuh Dengan Cara Mudah Ini

  • Whatsapp
Sariawan Sembuh Dengan Cara Mudah Ini
Sariawan Sembuh Dengan Cara Mudah Ini

Garisatu.com – Kamu pasti jengkel jika sudah ada sariawan yang muncul didalam mulut kamu bukan? Ingin sariawan cepat sembuh? Sariawan atau stomatitis aphtosa ialah luka atau peradangan dibibir dan di dalam mulut yang bisa menimbulkan rasa sakit, perih, dan tidak nyaman. Sariawan memang kerap dianggap sepele, namun rasa perih saat mengunyah makanan atau minum terkadang membuat penderitanya tidak tahan.

Sariawan bisa muncul dibagian mana pun didalam mulut mulai dari lidah, bibir, pipi bagian dalam, hingga gusi.

Bacaan Lainnya

Sariawan berbentuk oval atau bulat, berwarna putih atau kuning dengan tepian yang berwarna merah. Ukurannya pun bervariasi, biasanya sariawan bisa pulih dalam 1 hingga 2 minggu.

Jika kamu mengalami sariawan mungkin beberapa factor dibawah ini yang menjadi penyebabnya.

Sariawan Sembuh Dengan Cara Mudah Ini

Seperti tergigit atau kesalahan dalam menyikat gigi, infeksi jamur, virus, atau bakteri dimulut maupun bagian tubuh lain, penyakit autoimun seperti lupus, dan beberapa kondisi tertentu seperti perubahan hormone, kekurangan nutrisi, stress, merokok, hingga factor genetic.

Meskipun bisa hilang dengan sendirinya, namun sariawan akan tetap sangat menganggu, kamu bisa melakukan beberapa cara dibawah ini dengan bahan alami dan efektif untuk mengobati sariawan.

1.         Berkumur dengan air garam

Sariawan Sembuh Dengan Cara Mudah Ini

Berkumur menggunakan air garam bisa membantu mengeringkan dan sembuhkan sariawan. Campurkan setengah gelas air dengan satu sendok teh garam kemudian gunakan campuran tersebut untuk berkumur selama 15-30 detik.

Kamu bisa berkumur dengan air garam setiap beberapa jam sekali, sesuai dengan kebutuhan. Tentu akan terasa menyakitkan namun ini bertujuan supaya sariawan sembuh dan cepat hilang.

2.         Berkumur dengan campuran air dan soda kue

Sariawan Sembuh Dengan Cara Mudah Ini

Swelain menggunakan air garam, campuran antara air dan soda kue atau baking soda bisa juga digunakan untuk kesembuhan sariawan.

Sebab ini bisa mengurangi peradangan dan mengembalikan keseimbangan pH.

Cara kerjanya pun sama seperti menggunakan air garam, campurkan setengah gelas air dengan satu sendok teh soda kue, dan berkumur selama 15 hingga 30 detik serta ulangi setiap beberapa jam.

3.         Madu

Madu memiliki sifat antiradang dan antibakteri sehingga menjadi alternatif yang efektif untuk sariawan sembuh. Madu bisa membantu mengurangi rasa sakit, peradangan, dan ukuran sariawan serta mencegah munculnya infeksi.

Sariawan Sembuh Dengan Cara Mudah Ini

Namun, penting untuk diperhatikan supaya memilih madu yang tidak dipasteurisasi dan alami seperti madu Hanuka.

Kamu cukup mengoleskan madu pada bagian yang sariawan sebanyak empat kali sehari.

4.         Yoghurt

Sariawan Sembuh Dengan Cara Mudah Ini

Kamu bisa mengkonsumsi satu cangkir yoghurt setiap harinya untuk membantu sariawan sembuh.

Sebab kandungan probiotik didalam yoghurt bisa mengobati dna mencegah sariawan yang mungkin disebabkan oleh bakteri H.pylori.

Sariawan Sembuh Dengan Cara Mudah Ini

5.         Minyak kelapa

Minyak kelapa juga bersifat antiradang dan antimikroba. Kandungan ini efektif untuk mengobati sariawan yang disebabkan bakteri dan mengurangi radang serta sakit dari sariawan.

Bahkan minyak kelapa bisa mencegah munculnya sariawan. Oleskan minyak kelapa pada bagian yang sariawan sebanyak beberapa kali dalam sehari hingga sariawan hilang.

6.         Chamomile

Chamomile biasanya dikonsumsi sebagai teh, didalam chamomile mengandung antiseptic dan antiradang yang bisa menyembuhkan luka serta mengurangi rasa sakit.

Cara menggunakan chamomile untuk sariawan bisa dengan mengonsumsinya, atau mengompresnya. Gunakan kantong teh chamomile yang telah dibasahkan dengan air hangat untuk dikompres pada sariawan selama beberapa menit.

Kamu juga dapat berkumur dengan teh chamomile sebanyak tiga sampai empat kali sehari. Teh chamomile bisa dicampurkan dengan madu untuk dikonsumsi.

7.         Lidah buaya

Lidah buaya ternyata selain berguna untuk kesuburan rambut, juga dapat membantu mengobati sariawan.

Selain sifat antiinflamasi dan penenang pada lidah biaya yang dapat membantu meringankan rasa sakit dan menutup luka sariawan dengan cepat, lidah biaya juga dapat mencegah sariawan muncul kembali.

Sariawan Sembuh Dengan Cara Mudah Ini

Cara penggunaannya pun sederhana, cukup langsung oleskan ke daerah sariawan dan biarkan selama 20 menit. Setelah itu, kamu bisa langsung membilas mulut dengan air hangat.

Cukup ulangi beberapa kali sehari hingga sariawan hilang. Jika senang menikmati jus lidah buaya, kamu juga bisa mengonsumsinya sebanyak 3-4 kali sehari untuk mengobati sariawan.

Itu dia bahan bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk membantu penyembuhan sariawan kamu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *