Restrukturisasi Skala Besar, Erick Thohir Hapus 35 BUMN!

  • Whatsapp
Restrukturisasi Skala Besar, Erick Thohir Hapus 35 BUMN!

Garisatu.com – Sampai sekarang Menteri BUMN Erick Thohir terus lanjut program restrukturisasi perusahaan BUMN.

Sejauh ini, Erick mengungkapkan bahwa ia telah menghapus sebanyak 35 BUMN, dari jumlahnya 142 menjadi 107 BUMN.

“Jumlah BUMN sudah turun dari 142 menjadi 107. Dan kita coba kejar lagi tahun ini kalau bisa angka 90 sampai 80,” ujar dia.

Bacaan Lainnya

Restrukturisasi ini merupakan hasil koordinasi dengan menteri-menteri terkait.

“Pada restrukturisasi ini kita melakukan keputusan bersama dengan menteri keuangan dan tentu diskusinya bersama dengan menteri terkait yang ada hubungannya,” Erick terangkan dalam rapat dengan Komisi VI DPR, Jakarta, Selasa (9/6/2020).

“Alhamdulilah dari 142 BUMN sekarang ini kita bisa mengkategorikan yang namanya BUMN tinggal 107, jumlahnya sudah turun signfikan,” tambah dia.

Kementerian BUMN

Belum selesai disitu, Erick Thohir menargetkan jumlah BUMN dikurangkan menjadi hanya 70 hingga 80 BUMN. Lalu juga kluster BUMN ini juga dipangkas dari 27 menjadi 12 klaster.

“Klasterisasi yang alhamdulilah kita sudah turunkan yang jumlahnya tadinya 27 sekarang jumlahnya 12, masing-masing wamen memegang 6 klaster,” terang dia.

Dalam kluster ini, BUMN dikelompokkan berdasarkan rantai pasoknya. “Kluster ini berdasarkan dinamakan value chain, supply chain atau bagaimana sinergikan core bisnis yang ada,” kata Erick.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *