Resolusi 2021, Jalin Hubungan Yang Lebih Baik Dengan Cara Ini

  • Whatsapp
Resolusi 2021, Jalin Hubungan Yang Lebih Baik Dengan Cara Ini
Resolusi 2021, Jalin Hubungan Yang Lebih Baik Dengan Cara Ini

Garisatu.com – Masih berada di pertengahan bulan Janurari, mungkin masih ada yang sedang menyusun resolusi baru mereka di tahun 2021. Resolusi setiap orang pun berbeda beda, umumnya orang menginginkan badan yang ideal, gaya hidup yang sehat, atau ingin menjadi lebih produktif, bahkan resolusi untuk menjalin hubungan yang lebih baik, entah dengan keluarga, pasangan, atau teman.

Nah, untuk kamu yang memiliki resolusi yang satu ini, disini kita akan membagikan tips tips supaya kamu bisa menwujudkan resolusi tersebut:

Bacaan Lainnya

1.         Menjalin komunikasi secara teratur

Seiring bertambahnya usia, tidak ada lagi waktu untuk bermain main dan berleha leha, kita akan disibukkan dengan berbagai kegiatan dan rutinitas. Biasanya seseorang yang focus dengan pekerjaannya kemudian tidak memiliki waktu bersama teman temannya, sehingga membuat mereka seakan hilang kontak.

Resolusi 2021, Jalin Hubungan Yang Lebih Baik Dengan Cara Ini

Meskipun kita memiliki jadwal yang padat dan kesibukan, jangan sampai kita kehilangan koneksi dengan orang orang sekitar. Koneksi merupakan hal yang sangat berharga.

Hubungan dengan orang lain bisa memberikan kita dukungan, menghilangkan stress, dan menjaga keintiman emosional. Salah satu cara untuk tetap bisa menjaga hubungan ialah dengan komunikasi, entah itu sekedar menanyakan kabar, saling berbagi cerita, atau membahas suatu topik tertentu.

2.         Lebih terbuka

Resolusi 2021, Jalin Hubungan Yang Lebih Baik Dengan Cara Ini

Selain komunikasi yang diperlukan, untuk menjalin hubungan yang lebih baik dengan orang lain kita perlu untuk mencoba lebih terbuka. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaan atau menceritakan hal hal yang mengganggu pikiran kamu.

Dengan bersikap lebih terbuka, bisa membuat orang orang terdekat merasa dihargai dan nyaman. Menjadi lebih terbuka dengan orang lain juga bisa memperkuat koneksi yang terbentuk lho!

3.         Jadi pendengar yang baik

Hubungan memang dua arah. Selain menjadi pihak yang bercerita, tentu kamu juga akan menjadi pihak pendengar. Lawan bicara kamu juga mungkin memiliki sesuatu yang ingin diceritakan, pada titik ini, kamu harus mencoba menjadi pendengar yang baik.

Saat mereka bercerita, dengarkan dan usahakan untuk tidak menyela. Menjadi pendengar yang baik juga bisa memperkuat hubungan karena lawan bicaramu akan merasa diperdulikan.

4.         Beri perhatian lebih pada anak

Resolusi 2021, Jalin Hubungan Yang Lebih Baik Dengan Cara Ini

Mungkin tidak semua keluarga memiliki hubungan yang harmonis. Tetapi kamu bisa mencoba untuk merubah situasi yang ada. Sebagai orang tua, perbaikilah hubungan dengan anak.

Kamu bisa mulai mengamati perilakunya, seperti misalnya saat bermain, duduklah didekatnya dan sesekali bermain bersama. Selain itu berikan perhatian lebih padanya.

5.         Berikan pujian

Siapakah yang tidak senang jika diberi pujian ? Baik itu dari segi penampilan, perilaku, atau sifat. Pujian bisa membuat seseorang senang dan memperkuat hubungan.

Pastikan untuk memberi pujian yang tulus ya! Kendati demikian, menurut profesor psikologi University of California Sonja Lyubomirsky, jangan memberikan pujian terlalu sering.

Sebab pasangan bisa saja menilai pujian itu tidak tulus karena ada hal lain yang ditutupi.

Resolusi 2021, Jalin Hubungan Yang Lebih Baik Dengan Cara Ini

6.         Luangkan waktu untuk sendiri

Resolusi 2021, Jalin Hubungan Yang Lebih Baik Dengan Cara Ini

Untuk menjadi pribadi yang lebih baik tidak selalu tentang hubungan anda dan orang lain. Hubungan anda dengan diri anda sendiri pun perlu dibenahi.

Luangkan waktu untuk menyenangkan diri sendiri dengan melakukan hobi atau yang kamu inginkan. Langkah ini bisa membuat perasaan menjadi lebih baik dan membawa dampak positif dalam hidupmu.

7.         Prioritaskan kencan

Kesibukan yang kamu jalani membuat kamu memiliki waktu yang amat sedikit dengan pasangan. Tidak jarang pun seseorang yang terlalu sibuk bahkan bisa melupakan hari penting seperti anniversary.

Tetapi, jangan sampai hal ini terjadi padamu ya. Sebelum hal ini terjadi, cobalah sebisa mungkin untuk meluangkan waktu bersama pasanganmu meski sebentar. Kamu bisa mengajaknya makan malam setelah bekerja, atau menghabiskan waktu seharian dengannya saat weekend.

8.         Alihkan perhatian

Otak kita akan merekam kebiasaan kita sehari-hari. Hal ini bisa membuat tubuh bergerak secara ‘autopilot’.

Misalnya, setelah bangun tidur, kebanyakan orang terbiasa langsung merapikan tempat tidur, mandi, sarapan, berangkat kerja, pulang ke rumah, istirahat.

Resolusi 2021, Jalin Hubungan Yang Lebih Baik Dengan Cara Ini

Perilaku tersebut terus dilakukan setiap harinya. Bahkan bisa membuat komunikasi dengan orang-orang terdekat hanya sebatas kebiasaan.

Sesekali autopilot ini perlu mendapat distraksi. Misalnya, sebelum masuk rumah sehabis pulang kerja, cobalah melakukan kegiatan lain yang sebelumnya tidak pernah dilakukan.

Ini bisa membuat otak seperti di-‘restart’ dan membantu komunikasi dengan orang lain menjadi lebih bermakna.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *