Rencana Erick Thohir Tutup BUMN 2020 Didukung Sandiaga Uno

  • Whatsapp
Rencana Erick Thohir Tutup BUMN Didukung Sandiaga Uno
Instagram @sandiuno

Garisatu.com – Sandiaga Uno, wakil gubernur 2017 yang sekarang menjadi pengusaha, berpikir bahwa rencana Erick Thohir untuk melikuidasi dan menggabungkan (merger) perusahaan plat merah yang sudah sekarat adalah tindakan yang bagus.

“Saya sepakat dengan Pak Erick. Kalau BUMN itu hidup segan mati tak mau, akhirnya membebani karena ini kan uang rakyat,” ungkap Pak Sandiaga, pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Pembina Partai Gerindra ini, Sabtu (22/2).

Rencana Erick Thohir Tutup BUMN Didukung Sandiaga Uno

Bacaan Lainnya

Menurutnya, BUMN seharusnya menjadi sumber lapangan kerja serta penopang perekonomian negara.

Tapi apabila BUMN malah membebani perekonomian rakyat, maka tindakan yang direncanakan Erick Thohir perlu segera dilaksanakan.

“Harus segera dilakukan dan dibentuk tim khusus untuk mengkaji. Hasil kajian itu, temuannya segera dieksekusi sehingga tidak berlarut-larut,” ujarnya.

Erick Thohir telah mengucapkan rencananya dalam likuidasi dan merger beberapa kali sebelumnya.

PT PANN Multi Finance (Persero) ada salah satu anak perusahaan yang direncanakan Pak Erick untuk dimerger. Akan tetapi, rencana ini masih menunggu persetujuan perluasan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 Tahun 2005 tentang Penggabungan, Peleburan, Pengambilalihan, dan Perubahan Bentuk Badan Hukum BUMN sebelum dilaksanakan.

Lalu dua perusahaan BUMN, PT Kertas Kraft Aceh (Persero) dan PT Industri Sandang Nusantara (Persero), juga akan ditutup dikarenakan oleh status perusahaan yang sekarat. Rencana ini pun menunggu persetujuan.

Persetujuan perluasan yang dimaksud adalah fungsi untuk melikuidasi dan merger perusahaan dalam kategori sekarat dari Kementrian BUMN.

Pak Sandiaga sering memberi masukan kepaka Pak Erick secara private karena mereka adalah sahabat yang baik. Penukaran pikiran untuk dipertimbangkan oleh Pak Erick hanyalah opini tambahan diluar masukan dari tim menteri.

“Ada beberapa rambu-rambu yang selalu saya ingatkan. Saya kalau ingat akan selalu secara private, secara tertutup menjadi bahan pertimbangan beliau,” ucap Pak Sandiaga.

Belum lama ini, Pak Erick mengunggah foto berdua dengan Pak Sandiaga usai berbincang dengannya. Mereka bertukar pikiran dan gagasan secara professional dan transparan mengenai BUMN.

“Tadi bro @sandiuno datang ke kantor. Pertemuan yang bermanfaat,” ucap Pak Erick dalam postingan Instagram dari akun resminya @erickthohir pada Kamis, 6 Februari 2020.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *