Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Terbaik

  • Whatsapp
Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Terbaik
Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Terbaik

Garisatu.com – Aplikasi edit foto jadi salah satu tujuan disaat kamu hendak mengunggah fotomu di media sosial, mengedit foto bertujuan untuk membuat tampilan fotomu lebih hidup, lebih terang, berwarna, atau pun kamu dapat menghilangkan objek yang mengganggu dalam fotomu.

low-angle photography of man standing on brown cliff under clear blue sky during daytime

Sebagai pengguna smartphone, tentu akan mencari aplikasi edit foto yang ringkas dan tidak ribet. Berikut ini ada beberapa rekomendasi aplikasi edit foto yang bisa kamu gunakan supaya fotomu terlihat lebih mengesankan. 

Bacaan Lainnya

1. Snapseed 

Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Terbaik

Aplikasi satu ini merupakan rancangan dari google. Banyak fotografer profesional yang menggunakan aplikasi ini dalam mengedit foto. Aplikasi ini banyak direkomendasikan karena dianggap memiliki tools yang cukup lengkap bagi pengguna.

Satu hal yang menjadi keunggulan dari aplikasi ini ialah ia dapat membuka dan mengolah file RAW DNG tanpa merusak file raw, dan menyimpanya dalam bentuk RAW atau JPG. Selain itu, fitur brush nya juga memiliki pilihan seperti exposure, saturation, brightness, dan warmth. Filter yang dimilikinya pun tergolong lengkap, mulai dari 1960 real film dan retrolux.

Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Terbaik

Namun, walaupun mayoritas orang menyukainya, beberapa orang merasa aplikasi ini cukup meribetkan, ditambah, aplikasi ini tidak memiliki fitur auto-save. Jadi, saat kamu keluar dari aplikasi tanpa menyimpan hasil editanmu, datanya bisa hilang.

Tapi jika kamu benar benar serius dengan fotografi, aplikasi ini adalah yang terbaik karena kontrol yang dimiliki lebih banyak dan detail dibanding aplikasi lain. Menariknya lagi, semua fitur di atas bisa kamu dapatkan secara gratis di playstore.

2. Photoshop express

Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Terbaik

Sebelum membuat aplikasi untuk smartphone, adobe lebih terkenal dengan Photoshop di komputer. Kini, Photoshop Express hadir untuk pengguna smartphone. Walaupun tidak memiliki fitur selengkap Photoshop, aplikasi ini cukup banyak digunakan oleh pehobi fotografi.

Dengan fitur dan tool yang cukup melimpah, kamu bisa mengubah berbagai aspek fotomu. Enaknya lagi, aplikasi ini menyediakan fitur save preset yang cukup membantu untuk mengedit foto yang banyak secara cepat.

Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Terbaik

Selain itu, ada juga fitur unggulan seperti Perspective correction, remove noise, Healing tool, dan blur option. Untuk membuat poster, Photoshop Express juga menyediakan fitur penambahan text. Tidak ketinggalan, kolase foto juga dapat dibuat lebih mudah dengan collage template.

Kekurangan dari aplikasi ini ialah, Photoshop Express tidak mendukung ekstensi RAW, sehingga tidak popular di kalangan profesional. Selain hanya mendukung file dengan format jpg, ukuranya pun dibatasi hanya sampai 16 MP saja. 

Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Terbaik

3. Adobe lightroom 

Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Terbaik

Aplikasi ini juga cukup terkenal dikalangan aplikasi edit foto lainnya. Walaupun memiliki banyak kesamaan fungsi, namun banyak fotografer yang lebih memilih lightroom karena dianggap memiliki fitur yang lebih lengkap dan menyeluruh. Mulai dari penyempurnaan warna hingga Geometri foto dapat diubah melalui aplikasi ini.

Salah satu keunggulan dari aplikasi ini juga ialah mendukung ekstensi dengan file RAW. Dan dengan layanan cloud dari Adobe, file bisa disimpan secara otomatis. Layanan cloud dari Adobe juga memudahkan untuk mengakses file tersebut di aplikasi lain,termasuk di PC. Selain itu, akses menuju aplikasi lain termasuk sosial media juga lebih mudah.

Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Terbaik

Hanya saja, kelebihan diatas harus dibayar dengan harga yang cukup mahal. Untuk mendapatkan akses penuh, kamu harus berlangganan dan memperbarui langgananmu dengan membayar secara rutin… namun, jika anda adalah fotografer profesional harga tersebut adalah harga yang setimpal untuk fitur yang menakjubkan.

4. Picsart 

Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Terbaik

Aplikasi picsart bisa dibilang seperti gabungan antara Photoshop dan Paint. Seperti Photoshop, aplikasi ini memiliki berbagai filter foto dan fitur atas berbagai kontrol foto. Sedangakn yang membuat picsart tampil seperti paint adalah fitur menggambar dan brush.

Selain itu, Picsart juga memiliki kemampuan untuk menambahkan objek seperti stiker ke dalam foto. Picsart juga memiliki fitur built-in yang memungkinakn untuk membuat kolase. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan text kedalam foto kamu menggunakan aplikasi ini.

Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Terbaik

Aplikasi edit foto ini bisa didapatkan secara gratis, namun untuk mendapatkan fitur lengkap dan terbebas dari iklan, kamu bisa membayar langganan sehingga Picsart mu menjadi Picsart Gold dan mengedit tanpa batasan. 

5. VSCO 

Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Terbaik

Aplikasi VSCO ini terlihat seperti film, memiliki fitur dasar seperti kontras, saturasi, dan juga grain. Selain itu, VSCO juga menyediakan lebih dari 200 preset yang bisa diaplikasikan ke dalam fotomu. Berbagai tone warna yang tersedia bisa merubah foto mu menjadi cantik dalam sekali klik. Selain itu, efek foto analog juga membuat foto dengan smartphone terlihat seperti foto profesional.

Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Terbaik

Cara menggunakannya pun terbilang cukup mudah. Tidak heran, banyak artis selebgram maupun fotografer mobile yang menggunakan aplikasi ini. Namun sayangnya, jika hanya menggunakan versi gratisnya, preset yang tersedia hanya terbatas.

6. Afterlight 2 

Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Terbaik

Untuk pengguna produk apple, Afterlight 2 merupakan aplikasi yang mengesankan. Desain user interface aplikasi ini tergolong User friendly. Selain itu Filter dan preset yang disediakan pun cukup lengkap. Tidak ketinggalan, fitur penambahan text juga memudahkan kamu dalam membuat konten untuk Instagram stories. Font dan stiker yang disediakan cukup variatif dan menarik.

Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Terbaik

Sayangnya, Afterlight 2 hanya tersedia untuk iphone dan ipad. Untuk smartphone android, kamu hanya bisa menggunakan versi pendahulu afterlight 2, yaitu afterlight. Meski mirip mirip, namun fitur yang dimiliki lebih terbatas.

Itu dia rangkaian aplikasi edit foto yang bisa kamu coba untuk mempercantik fotomu. Selamat mencoba !

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *