Pulau Pahawang Lampung, Maldives Lokal Indonesia

  • Whatsapp
Pulau Pahawang Lampung, Maldives Lokal Indonesia
Pulau Pahawang Lampung, Maldives Lokal Indonesia

Garisatu.com – Sebagian dari kalian pasti tahu pulau Maldives bukan? Maldives atau Maladewa terletak di Samudra Hindia atau tepatnya 400 km di barat daya India dan 700 km di barat daya Sri Lanka. Kini kamu gak perlu jauh-jauh ke Maldives lagi loh! Ke Pahawang Lampung aja yuk!

Maldives berhasil menghipnotis kita dengan keindahan alamnya, laut yang berwarna biru jernih, koral yang begitu indah, dan kamu bisa menikmati resort dengan fasilitas cukup mewah di Maldives membuat Maldives menjadi tujuan berlibur ataupun destinasi honeymoon. 

Bacaan Lainnya
Pulau Pahawang Lampung, Maldives Lokal Indonesia

Namun, karena jarak yang cukup jauh dari Indonesia, biaya yang dibutuhkan untuk sampai ke Maldives pun tidak murah. Tapi, tahukah kamu kalau Indonesia juga memiliki Maldives lokal lho. Namanya merupakan Pahawang Island atau Pulau Pahawang Lampung. 

Pulau Pahawang Lampung merupakan kepulauan yang terletak di Lepas Teluk Punduh, Kecamatan Marga Punduh Pindada, Kabupaten Pesawaran, Pahawang Lampung Selatan. 

Pulau Pahawang Lampung, Maldives Lokal Indonesia

Di Pulau Pahawang Lampung, Terdapat enam desa yang sebagian penduduknya merupakan transmigran dari pulau Jawa pada masa Orde Baru. Mayoritas penduduknya berprofesi sebagai nelayan.

Pulau Pahawang berhasil menarik perhatian wisatawan karena mempunyai pantai yang sangat mempesona dan juga keindahan bawah laut yang sangat ciamik. Pantai di Pulau ini cukup populer, saat senja, kamu dapat melihat langit yang mendadak romantis.

Pulau Pahawang Lampung, Maldives Lokal Indonesia

Kamu pun dapat menikmati sunrise disini. Menghabiskan waktu dengan pasangan ataupun teman akan sangat berkesan di pantai ini. Disini, kamu juga bisa menemukan spot snorkeling unik.

Pulau Pahawang Lampung, Maldives Lokal Indonesia

Selain ekosistem bawah laut seperti ikan dan terumbu karang, terdapat instalasi buatan penduduk berupa gapura, tulisan hingga candi-mini. Banyak pengunjung yang berfoto di bawah laut.

Sekitar tahun 2010-2011, Pemerintah Daerah Dinas Kelautan setempat mengajak nelayan untuk membudidayakan terumbu karang di sejumlah titik yang mengelilingi Pulau Pahawang. Lokasi ini kemudian siap untuk  dijadikan tempat ber-snorkeling. Menyelam di kedalaman 2-4 meter, wisatawan akan bertemu dengan beragam biota laut. 

Beberapa tempat snorkeling yang biasa disinggahi oleh wisatawan di antaranya adalah Gosong Pancong, Cukuh Bedil, Gosong Bekri, dan Tanjung Putus.

Pulau Pahawang Lampung, Maldives Lokal Indonesia

Selain itu, disini juga terdapat taman Nemo yang menjadi salah satu keunggulan tempat wisata ini. Kamu bisa bermain dan mengenal lebih dekat ikan badut alias Nemo yang jadi ikon film kartun Finding Nemo. Tempat penyelaman ini bernama Wisata Taman Nemo Lampung.

Sebelum berlibur ke Pulau Pahawang, kamu perlu tahu bahwa ada Pulau Pahawang Besar dan Kecil. Keduanya sama-sama memiliki keindahan pantai dan bawah laut yang eksotis. Biasanya para peserta akan menginap di homestay yang berada di Pahawang Besar. Kalian juga bisa menaiki canoe apabila resort yang kalian tempati menyediakan canoe. 

Pulau Pahawang Lampung, Maldives Lokal Indonesia

Pulau Pahawang Besar yang memiliki luas 1.000 hektar dengan penghuni sekitar 1.000 kepala keluarga dan terdapat fasilitas umum seperti sekolah dan puskesmas. Pulau ini merupakan yang biasa dikunjungi oleh wisatawan-wisatawan dari luar kota maupun dalam kota.

Di dalam pulau ini terdapat spot terbaik untuk melakukan snorkeling dengan keindahan laut yang sangat indah dan alami. Anda dapat menemui koloni ikan nemo yang hidup di terumbu karang dan banyak sekali jenisnya.

Pulau Pahawang Lampung, Maldives Lokal Indonesia

Sedangkan Pulau Pahawang Kecil memiliki luas 13 hektar. Menurut informasi pulau ini dimiliki oleh warga negara asing, sehingga pulau yang ini tidak dapat dikunjungi wisatawan secara bebas.

Untuk memasuki pulau pahawang Lampung Anda harus membayar Rp 30.000 untuk naik perahu ke pulau Pahawang. Kemudian untuk sewa snorkeling sekitar Rp 50.000 dan menyewa penginapan di pulau Pahawang sekitar Rp 500.000 yang dapat digunakan hingga 9 orang.

Pulau Pahawang Lampung, Maldives Lokal Indonesia

Untuk bisa sampai  ke Pulau Pahawang, kamu harus menyeberang dari Dermaga Ketapang dengan waktu tempuh dari Bandar Lampung sekitar 2 jam. Selama perjalanan kamu juga dapat melihat keindahan perbukitan dan pantai. 

Selain Pulau Pahawang, terdapat cukup banyak destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi di sekitaran pulau ini. Wisata tersebut antara lain, pulau Kelagian Besar, pulau Kelagian Kecil, wisata Taman Nemo, dan tanjung Putus.

Sekarang sudah banyak pihak yang membuka trip untuk ke Pulau Pahawang. Kamu bisa dengan mudah mendaftar dan kemudian siap untuk berlibur bersama teman atau pasanganmu! 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *