PSBB di Jakarta: Bisnis Laundry Tetap Jalan!

  • Whatsapp
PSBB di DKI Jakarta: Bisnis Laundry Tetap Jalan!

Garisatu.com – Telah berlaku pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di DKI Jakarta yang dimulai pada hari Jumat tanggal 10 April 2020 guna untuk mencegah penyebaran wabah Corona yang sudah merantai.

Melalui Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 33 Tahun 2020 mengenai PSBB di Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatur seluruh panduan aktifitas warga selama 14 hari kedepannya.

Kini segalanya telah dibatasi. Dari pembatasan persekolahan sehingga harus belajar dari rumah, hingga pembatasan perkantoran yang dikerjakan dari rumah. Untuk membatasi aktifitas masyarakat, kendaraan umum juga dibatasi jam operasionalnya.

Bacaan Lainnya

Meski banyak sektor yang telah dibatasi, Anies tetap memberlakukan beberapa bidang bisnis agar tetap berjalan. Terutama bidang bisnis yang diperlukan masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya, salah satunya adalah jasa laundry.

Tertuang dalam Ayat 2 Pasal 14 Pergub Nomor 33 Tahun 2020, dijelaskan dengan jelas bahwa segala jenis bidang bisnis yang dibutuhkan oleh masyatakat dalam memenuhi kebutuhannya boleh tetap beroperasi.

Pasal 14

(1) Pemenuhan kebutuhan pokok sebagaimana dimaksud dalam Pasal 13 Ayat (3) huruf a, meliputi kegiatan penyediaan, pengolahan, penyaluran dan atau pengiriman:

a. bahan pangan/makanan/minuman;
b. energi;
c. komunikasi dan teknologi informasi;
d. keuangan, perbankan dan sistem pembayaran; dan/ atau
e. logistik.

(2) Pemenuhan kebutuhan sehari-hari sebagaimana dimaksud dalam Pasal 13 Ayat (3) huruf a, meliputi:

a. penyediaan barang retail di:
1. pasar rakyat;
2. toko swalayan, berjenis minimarket, supermarket, hypermarket, perkulakan dan toko khusus baik yang berdiri sendiri maupun yang berada di pusat perbelanjaan; atau
3. toko/warung kelontong;
b. jasa binatu (laundry).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *