PSBB Berlaku: Para Ojol Minta Rp 100ribu Per Hari!

  • Whatsapp
PSBB Berlaku: Para Ojol Minta Rp 100ribu Per Hari!

Garisatu.com – Ibukota DKI Jakarta akhirnya resmi memperoleh izin PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Salah satu aturan yang tertera di PSBB meliputi larangan ojek online untuk mengantar penumpang. Meski begitu para ojol boleh menerima pesanan kirim barang.

Kebijakan tersebut dilampirkan dengan Pasal 13 tentang peliburan tempat kerja dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020 tentang PSBB untuk menangani wabah virus corona COVID-19.

Bacaan Lainnya

Dalam opini Ketua Presidium Gabungan Roda Dua (Garda) Igun Wicaksono, pemerintah perlu memberikan kompensasi bagi para ojol karena mereka jelas kehilangan sumber pendapatannya yang didapat dari mengantar penumpang.

Usulan dia, pemerintah dapat memberikan kompensasi Rp 100.000 per hari untuk setiap ojol.

“Pemerintah memberikan kompensasi penghasilan kepada para pengemudi ojol, berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT), nilai besaran BLT yang kami harapkan yaitu Rp. 100,000/hari, karena sudah pasti hilangnya satu fitur angkutan penumpang maka penghasilan kami sebagian besar akan hilang,” ujar Pak Igun saat dikonfirmasi, Selasa (7/4).

Lanjutnya, jasa mengantar jemput penumpang adalah bagian paling besar dalam pendapatan para ojol. Layanan tersebut menjadi 70% pendapatan dari keseharian pekerjaan mereka.

“Fitur angkutan penumpang memiliki komposisi 70% dari total penghasilan kami sehari-hari,” ucap Pak Igun.

Tidak hanya itu, dengan pemasukan dan jumlah order yang cukup sedikit, Pak Igun meminta pihak aplikator untuk hanya memotong penghasilan dengan 10%, ataupun kalau bisa sama sekali tidak dipotong.

“Bagi pihak aplikator menerapkan potongan penghasilan maksimal 10% atau kalo perlu sementara tanpa ada potongan pendapatan dari aplikator selama masa pandemi COVID-19, karena saat ini pendapatan kami masih dipotong 20% oleh pihak aplikator,” tutur dia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *